Gudang Garam Surya 16, SKM Full Flavor Ukuran Long Size Flagship dari Gudang Garam

Selamat malam,

Pada kesempatan kali ini, admin kembali menegaskan bahwa dalam hal ini saya belum memiliki kesibukan yang dikatakan belum terlalu sibuk. Admin jujur saja mau intro apa pada postingan kali ini, dimana dalam hal ini dapat dikatakan bahwa beberapa waktu ini dapat dimanfaatkan oleh admin untuk membuat postingan mengenai rokok apa saja di Indonesia, dalam hal ini salah satu tujuan admin membuat postingan mengenai review rokok dikarenakan terbatasnya literatur mengenai preferensi rokok yang ada di Indonesia. Kalaupun ada, review tersebut pada umumnya kurang bisa menggambarkan mengenai rokok yang ada di Indonesia.

Review kali ini membahas mengenai Gudang Garam Surya 16, dimana dalam hal ini admin akan sedikit memaparkan analisis mengenai bagaimana rokok ini bisa bertahan dan terdapat peningkatan angka konsumsi rokok ini sehingga Surya dapat dikatakan sebagai SKM Full Flavor nomor satu di Indonesia diantaranya sebagai berikut:
  1. Gudang Garam Surya sendiri sebenarnya hadir pada tahun 1980-an dimana dalam hal ini Gudang Garam Surya merupakan portofolio pertama dari Gudang Garam dengan menawarkan batang yang lebih panjang, dalam hal ini ditujukan untuk menyaingi Djarum Super yang hadir pada tahun 1975 dimana dalam hal ini Gudang Garam memang sengaja membuat SKM Full Flavor dengan ukuran batang yang cenderung lebih panjang dimana dalam hal ini juga blend yang ada pada rokok Surya dikhususkan untuk mengakomodasi perokok SKM Full Flavor yang pada saat itu mulai mengalami kejayaan dikarenakan cukup banyak pabrikan yang mengeluarkan SKM Full Flavor. Dengan rasa yang cenderung diterima oleh konsumen, rokok ini bisa dikatakan sebagai top 3 merek rokok SKM Full Flavor dalam hal penjualan dari segmen SKM Full Flavor berdasarkan award yang diterima dari pihak Gudang Garam itu sendiri. Gudang Garam sendiri secara total keseluruhan menguasai 28,80% berdasarkan data dari Euromonitor dapat dikatakan sebagai pabrikan rokok dengan penjualan terbesar di Indonesia, dalam hal ini Gudang Garam berada pada posisi pertama, mengalahkan Djarum dan Sampoerna sebagai produsen rokok di Indonesia. Dengan angka penjualan SKM dari rokok ini sebanyak 70,161% pada tahun 2015, dimana angka ini didominasi dengan penjualan Surya membuat Surya menjadi rokok yang paling disukai oleh banyak perokok di Indonesia.
  2. Angka ini sejalan dengan penjualan rokok SKM yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan Annual Report Philip Morris International pada tahun 2015, angka penjualan SKM secara keseluruhan mencapai 75,1% pada tahun 2015. Dalam hal ini peningkatan tersebut didominasi dengan SKM LTLN, dan dalam hal ini Gudang Garam Surya berada di posisi kedua dengan angka penjualan terbesar, dalam hal ini dikalahkan oleh A Mild yang pertumbuhannya cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Dalam hal ini, Gudang Garam Surya merupakan market leader dalam segmen SKM Full Flavor dimana dalam ini menempati posisi pertama, dimana hal tersebut disusul dengan Gudang Garam International pada posisi kedua dan Djarum Super pada posisi ketiga. Dapat dikatakan bahwa penjualan rokok ini terus meningkat dari tahun ke tahun, dimana dalam hal ini perokok SKM Full Flavor pada umumnya sangat loyal terhadap pilihan rokok harian umumnya. Dimana dalam hal ini Gudang Garam Surya merupakan pilihan utama konsumen di Indonesia dalam segmen SKM Full Flavor.
  3. Dapat dikatakan, sebagai market leader dalam segmen SKM Full Flavor membuat rokok ini peminatnya cenderung meningkat dari tahun ke tahun, dimana dalam hal ini Gudang Garam Surya menjadi flagship dari SKM Full Flavor ukuran long size dari Gudang Garam itu sendiri, dimana dalam hal ini Gudang Garam Surya berhasil mencatatkan penjualan paling besar dari portofolio Gudang Garam dalam segmen SKM dan dalam hal ini angka tersebut pasti naik dari tahun ke tahun. Gudang Garam Surya sepertinya akan tetap menjadi market leader dalam segmen SKM Full Flavor dan merupakan top 10 rokok dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Dengan rasa yang cenderung klasik, Gudang Garam Surya tetap disukai oleh konsumen dikarenakan preferensi konsumen cenderung menyukai rokok dengan rasa fruity dan spicy yang kuat, serta dengan ukuran batang lebih panjang (long size) membuat rokok ini tetap dikonsumsi oleh banyak perokok di Indonesia
Baiklah, itu sedikit analisis admin mengenai Gudang Garam Surya secara keseluruhan dan alasan mengapa Gudang Garam Surya menjadi rokok yang menjadi preferensi banyak perokok di Indonesia. Selanjutnya admin akan mereview rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini admin beli dengan harga Rp. 20.500 (di toko langganan admin harganya 20.000, beberapa toko bisa menjual 500-1000 lebih mahal, cukai 18.500) dengan kuantitas isi 16 batang. Dengan isi yang lebih banyak serta jenis rokok ini merupakan SKM Full Flavor membuat rokok ini bisa dihitung dengan harga cukup terjangkau, namun beberapa orang merasa rokok ini harganya termasuk mahal. Untuk harga sendiri saya beri nilai 7.1 dari 10. 

Kemudian kita coba review kemasan rokok ini dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna emas dan coklat tua. Pada kemasan depan dan belakang dari rokok ini menggunakan kotak dengan outline berwarna emas, disertai garis kotak berwarna hitam dan garis kotak berwarna coklat tua. Logo Surya menggunakan font script berwarna emas dengan tanpa adanya efek emboss. Dalam hal ini, logo Gudang Garam yang terdapat pada kemasan ini menggunakan campuran dari warna hijau pada bagian rumput, outline pada persegi berwarna biru kehitaman, bagian gudang dan jalan yang merupakan gabungan dari warna biru kehitaman dan coklat tua, serta adanya objek persegi berwarna emas, dimana dalam hal ini pada logo Gudang Garam terdapat efek emboss yang dirasakan dengan seksama. Tulisan GUDANG menggunakan font serif dengan warna emas dan adanya efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama, dengan posisi di tengah dan ukuran tulisan sedang. Tulisan GARAM disini juga menggunakan font serif dengan warna emas disertai adanya efek emboss. Terdapat tulisan 16 FILTER KRETEK CIGARETTES dimana dalam hal ini kemungkinan font yang digunakan ialah Helvetica dimana dalam hal ini font tulisan tersebut berwarna emas, dan dalam hal ini dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa rokok ini merupakan SKM Full Flavor. Pada bagian samping kanan kemasan di bagian atas terdapat tulisan 16 dengan warna coklat tua diantara latar kemasan yang menggunakan dominan emas. Bagian samping kemasan terdapat tulisan Surya 16 dengan menggunakan warna coklat tua dimana dalam hal ini tidak terdapat efek emboss. Saya merasa kemasan ini termasuk klasik dan old school, namun dalam hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan keekslusifan yang dimiliki oleh Surya 16. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian dalam dari rokok ini, inner frame yang ada berwarna emas disertai adanya sekat pemisah pada bagian dalam yang membuat rokok ini dapat disebutkan sebagai kemasan model International layaknya Dunhill International. Ruang yang digunakan pada rokok ini terdapat dua ruang, dimana dalam hal ini terdapat ruang yang berisi 8 batang di kiri dan 8 batang di kanan. Foil pada rokok ini juga terpisah diantara bagian kiri dan kanan yakni berjumlah dua, dimana dalam hal ini foil yang digunakan berwarna emas dan terdapat pattern diamond dan di bagian foil pada rokok ini terdapat segitiga bertuliskan "gg" dengan adanya latar segitiga berupa sekumpulan titik.

Dikarenakan rokok ini terdapat dua ruang, maka kita bisa merobek salah satu foil-nya dalam hal ini dimaksudkan untuk mempermudah ketika menarik dari rokok ini. Dalam hal ini kita coba robek foil di bagian kanan dengan seksama


Batang dari rokok ini menggunakan warna cork dan motif abstrak layaknya rokok SKM Full Flavor pada umumnya. Ada dua bagian dari rokok ini, dimana total isi dari rokok ini berjumlah 16 batang. Di dalam ruang kanan berisi 4 batang di bagian depan dan 4 bagian di bagian belakang, begitu juga dengan bagian kiri terdapat 4 batang di bagian depan dan 4 batang di bagian belakang, dimana total dari masing-masing ruang berjumlah 8 batang.

Kemudian kita coba tarik rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki batang yang lebih panjang dan dalam hal ini diameter rokok ini sama dengan rokok SKM Full Flavor pada umumnya. Maka dengan ukuran batang yang panjang, rokok ini termasuk dalam ukuran long size. Pada bagian burning area terdapat cetakan logo Surya berwarna merah, logo Gudang Garam berwarna biru, dan tulisan GUDANG GARAM dengan warna merah. Pada bagian batasan tipping paper terdapat garis emas disertai dengan warna merah, dimana dalam hal ini memiliki efek shiny dan glossy. Tipping paper pada rokok ini menggunakan warna cork, dengan motif tipping paper yang cenderung abstrak.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika rokok ini belum dibakar, rokok ini seakan memberikan sensasi fruity yang tidak begitu kuat dengan adanya unsur manis yang terasa. Namun bila dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi spicy yang kuat disertai sensasi fruity yang dominan dengan unsur raspberry dengan adanya sensasi essens leci yang tidak begitu dominan dengan adanya sentuhan rasa nangka yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Rokok ini seakan menawarkan sensasi berry yang kuat dan dalam hal ini rasa manis yang berasal dari pemanis buatan bercampur dengan sensasi berry sehingga rokok ini memiliki karakter berry yang sangat terasa. Dalam hal ini, sensasi spicy yang ditawarkan oleh rokok ini ialah gabungan dari adas manis, pekak, dan ada sedikit sentuhan kapulaga. Ada sensasi manis bersifat klasik yang sangat khas dari rokok ini, dimana dalam hal ini manis yang ditawarkan rokok ini cenderung kuat namun cenderung memiliki karakter balance dimana dalam hal ini rasa manis yang ada pada rokok ini diimbangi dengan sensasi fruity yang khas disertai sensasi spicy yang sangat kuat. Rokok ini sedikit memiliki sensasi a hint of sweetness yang cukup terasa, dimana dalam hal ini, rokok ini menawarkan sensasi manis yang cenderung pas namun dalam intensitas yang tinggi. Blend pada rokok ini cenderung balance, dimana pemakaian unsur Tembakau Indonesia berkualitas tinggi sangat terasa, dimana dalam hal ini rokok ini seakan menawarkan sensasi earthy yang sangat terasa, disertai adanya sensasi nutty berkat penambahan Tembakau berjenis Oriental yang sangat khas yang ditawarkan dari rokok ini. Tarikan pada rokok ini cenderung mantap, dalam hal ini rokok ini menawarkan sensasi tarikan yang lebih mantap namun dengan intensitas yang cenderung lebih halus bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Memiliki sensasi warming yang sangat khas di tenggorokan, dimana dalam hal ini rokok ini menawarkan sensasi cengkeh yang cenderung dalam kadar yang pas sehingga menciptakan sensasi hangat yang juga diperkuat dengan adanya sensasi spicy dari rokok ini. Harshness yang ditawarkan dari rokok ini cenderung terasa, dimana dalam hal ini ada sensasi harsh yang membuat rokok ini memiliki karakter yang cukup keras namun dalam hal ini diimbangi dengan sensasi lembut yang sepertinya sudah menjadi karakter utama dari rokok ini. Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini menawarkan sensasi spicy yang cenderung kuat disertai aroma khas nutty dikarenakan rokok ini salah satunya menggunakan Tembakau berjenis Oriental. Throat hit yang ditawarkan dari rokok ini cenderung minim, dalam hal ini rokok ini menawarkan sensasi yang cenderung nyaman di tenggorokan dan cenderung tidak menusuk tenggorokan. Aftertaste dari rokok ini ialah adanya sensasi fruity yang cenderung kuat disertai sensasi nutty yang sangat terasa. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 15-16 menit, dalam artian rokok ini memiliki durasi bakar yang cenderung lama dan memang sengaja blend pada rokok ini dibuat dengan menggunakan rajangan yang kasar sehingga menciptakan durasi bakar yang cenderung lama. Namun kelemahan dari rokok ini ialah saya merasakan sensasi sedikit chemical taste disertai tipping paper yang cenderung melemah, namun untungnya pada rokok ini tidak memiliki sensasi yang begitu panas ketika sudah mendekati tipping paper. Saya sangat senang dengan rokok ini, dan rokok ini merupakan salah satu rokok yang saya rekomendasikan dalam segmen SKM Full Flavor. Dan juga untuk rasa sendiri cenderung menawarkan sensasi yang lebih mantap bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Untuk rasa sendiri sendiri saya beri nilai 9.25 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini memiliki keunggulan dari segi rasa yang cenderung kuat namun lembut, dimana dalam hal ini rokok ini merupakan salah satu favorit admin dalam hal SKM Full Flavor. Dengan rasa yang sangat mantap, rokok ini seakan menjadi rokok yang bisa dikatakan menguasai pangsa pasar rokok SKM Full Flavor dikarenakan rasa yang ditawarkan cenderung mantap dan memiliki gengsi yang tinggi ketika sedang merokok Surya 16. Gudang Garam memang tidak pernah mengecewakan secara rasa, dimana dalam hal ini karakter fruity dari rokok ini sangat balance dengan sensasi spicy yang ditawarkan oleh rokok ini. Namun kelemahan dari rokok ini ialah ketika mendekati akhir bakaran, rokok ini seakan menawarkan sedikit sensasi chemical taste dan juga tipping paper yang cenderung melemah, namun cenderung lebih kuat bila dibandingkan dengan rokok SKM buatan Djarum. Untuk distribusi rokok ini cenderung mudah untuk ditemui, baik di warung, minimarket, maupun supermarket. Dimana dalam hal ini rokok ini dikatakan termasuk mudah ditemui bila dibandingkan dengan Surya 12 yang hanya terbatas pada minimarket dan supermarket saja (khusus Jabodetabek). Overall saya memberikan nilai dari rokok ini 8.11 dari 10. Artinya rokok ini memiliki keunggulan dari rasa dan durasi bakar yang termasuk lamban, namun secara kemasan rokok ini masih belum modern layaknya produk Gudang Garam pada umumnya, dan juga harga dari rokok ini termasuk mahal bila dibandingkan dengan produk Gudang Garam pada umumnya, namun hal ini sebanding dengan kualitas superior yang ditawarkan oleh Surya pada umumnya.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , ,

CONVERSATION

16 komentar:

  1. baru nyoba sebatang tadi..durasi bakarnya lama bat..tapi menurut pribadi sih masih mendukung ke GGmild

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti masbro nggak biasa rokok jenis filter. biasain aja, nanti bakal enak sendiri

      Hapus
    2. siap gan cuman udah cinta abis sma GGmild/Shiver...smootthhhh abess buat saya pribadi....

      Hapus
  2. Review Djarum Black (Yang Original) dong min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar. tunggu tanggal mainnya aja. kisaran seminggu atau dua minggu lagi ane coba buat.

      Hapus
  3. Review Djarum Super 12 min. Lebih exclusive rasanya dibanding yg 16. Hehehe thanks..

    BalasHapus
  4. Review in Djarum Super 12 dong min. Lebih exclusive rasanya dibanding yg 16.

    BalasHapus
  5. biasanya marlboro merah. tapi kalau lagi bokek larinya ke Surya Kalengan hehe. mantap bro. lanjutkan reviewnya

    BalasHapus
  6. Ever wanted to get free Twitter Re-tweets?
    Did you know that you can get these ON AUTO-PILOT & ABSOLUTELY FOR FREE by using Like 4 Like?

    BalasHapus
  7. Gan udah coba surya 16 yg isi 12 batang? Baru keluar munggu ini loh di bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surya 12 nya sih udah coba untuk yang versi biasa (merah). Kalo versi 16 yang isi 12 (kemasan coklat) belom coba. Maklum belum merata penjualannya.

      Hapus
  8. Surya 16 teman sejati pas ngopi 😁

    BalasHapus
  9. Fell in love with this stuff.. it makes your morning ritual become fascinating.. don't forget a cup of coffee and Sonic Youth.. cheers

    BalasHapus
  10. Awal nyong pakai marlboro merah. Lah gara gara temen usaha pakai rokok surya 16 akhirnya coba coba lah malah jadi priority lisong. Yah akhirnya mulai 2010 sampai sekarang yang setia cuma ni rokok.

    BalasHapus