Esse Shuffle Pop, SKM LTLN Regular Pertama dengan 5 Shuffle Capsule

Selamat malam,

Dalam hal ini, admin menyempatkan diri untuk membuat review rokok yang ada di Indonesia dimana dalam hal ini admin akan mereview rokok yang dikatakan sangat baru dan juga baru saja muncul sekitar seminggu belakangan ini. Review yang dilakukan pada saat ini terhitung susah-susah gampang, dikarenakan ada lima varian kapsul yang ditawarkan oleh rokok ini dimana dalam hal ini termasuk bersifat random dan juga ekspektasi admin terhadap rokok ini sangatlah tinggi. Mengingat tidak ada satupun pabrikan rokok yang menawarkan sensasi 5 rasa dalam satu kemasan, rokok ini merupakan inovasi 5 rasa berbeda dalam satu kemasan pertama di Indonesia. Bahkan untuk jenis SKM, rokok ini pertama di Dunia yang menawarkan 5 sensasi berbeda dalam satu kemasan.

Produk ini kebetulan admin dapatkan di Alfamidi, dimana dalam hal ini distribusi rokok ini belum begitu merata dan sejauh ini saya mengetahui bahwa rokok ini dijual di Alfamidi oleh salah satu netizen yang bilang di Depok rokok ini sudah mulai tersedia. Dan rokok ini merupakan rokok kedua admin yang admin beli di Alfamidi Margonda, setelah sebelumnya saya pernah membeli Marlboro Menthol Lights yang sudah admin review pada tahun lalu. Dikarenakan penjualan rokok ini sangat terbatas pada masa ini, maka dikatakan admin merupakan salah satu orang pertama yang merokok ini saat diluncurkan (walaupun saya akui admin bukanlah konsumen pertama yang mengonsumsi rokok ini, masih banyak orang beruntung di luar sana yang sudah mendapatkan rokok ini. Mungkin dalam hal ini admin merupakan orang yang pertama kali bisa mereview rokok ini dengan seksama, mulai dari harganya, kemasannya, dan juga rasa dari rokok ini.

Seperti biasa, admin akan sedikit membeberkan analisis mengapa rokok ini diluncurkan pada awal April 2017 dan kemungkinan besar rokok ini akan jadi blockbuster dalam dunia rokok beberapa bulan kedepan diantaranya sebagai berikut:

  1. Esse Shuffle Pop merupakan inovasi yang menggabungkan lima kapsul yang bersifat "shuffle" atau random pertama di Dunia untuk jenis kretek, dan pertama di Asia Tenggara untuk secara keseluruhan. Rokok ini sepertinya terinspirasi dari This Africa Mola Random yang saat ini sudah bisa didapatkan di ciggiesworld,com ataupun di Korea Selatan, dimana dalam hal ini, rokok ini menawarkan lima sensasi unik yang bersifat random alias "shuffle" dimana rokok ini memang dikhususkan bagi perokok aktif usia 18-30 tahun yang memiliki rasa ingin tahu tinggi dan cenderung suka dengan inovasi yang berbeda. Rokok ini memang sejatinya diciptakan untuk berkumpul dengan teman, dimana dalam hal ini sekelompok pertemanan bisa bermain "tebak rasa" dan hal tersebut sebenarnya mampu mengakrabkan pertemanan yang ada dimana rokok ini bisa jadi pilihan bagi kawula muda yang menginginkan sensasi unik dalam satu kemasan rokok yang secara rasa setelah di klik sangatlah random. Rokok ini sejati-nya bukan diciptakan untuk individualis, akan tetapi rokok ini memang sengaja diciptakan untuk orang dengan tingkat sosial yang sangat tinggi. Dengan lima rasa yang ditawarkan yakni Caramelmint, Berrymint, Applemint, Mangomint, dan Orangemint; rokok ini seakan menawarkan sensasi unik, dimana kita bisa menebak rasa yang keluar setelah kapsul dari rokok ini diklik. Peluncuran rokok ini juga sebenarnya berdasarkan riset yang dilakukan setelah Esse Pop diluncurkan pada akhir Agustus 2016, dimana kemungkinan besar memang perokok Esse menginginkan sensasi yang lebih unik dan juga secara rasa yang berbeda dari kompetitor. Rokok ini juga sebenarnya terinspirasi dari Lucky Strike Click 4 Mix yang sudah diluncurkan pada tahun lalu di Singapura, dimana dalam batang rokok memiliki kapsul dengan rasa yang berbeda satu sama lain. Namun yang membedakan dengan Lucky Strike Click 4 Mix ialah pada Lucky Strike, kapsul yang berbeda sudah ditandai pada bagian tipping paper-nya, sedangkan pada rokok ini pada bagian tipping paper-nya memiliki persamaan desain yang membuat orang berusaha menebak rasa rokok yang dilakukan setelah diklik. 
  2. Alasan ini bisa dibenarkan, mengingat market share dari KT&G secara keseluruhan berada pada angka 0.40% pada bulan Agustus tahun 2016 berdasarkan data dari Euromonitor, dalam hal ini didominasi dengan penjualan Esse Mild Series yang diantaranya ialah Esse Mild, Esse Mild Menthol, Esse Change, dan Esse Berry Pop. Rangkaian dari Esse Mild Series makin diperlengkap dengan adanya Esse Shuffle Pop, dalam hal ini sebenarnya produk ini masih satu keluarga dengan Esse Pop dikarenakan panjang batang dan diameter yang ditawarkan oleh rokok ini sama dengan rokok mild yang umumnya beredar di Indonesia. Angka penjualan SKM, terutama didominasi dengan penjualan SKM LTLN berada pada angka 75,1% berdasarkan Annual Report Philip Morris International. Nampaknya, angka penjualan SKM cenderung menyentuh ke angka 76-78% pada tahun 2016 dikarenakan pangsa pasar SKM, terutama berjenis LTLN semakin meningkat dari tahun ke tahun. Esse yang pada saat ini menyasar kepada perokok "niche" selalu berinovasi dengan produknya yang dikenal unik dan berbeda bila dibandingkan dengan kompetitor, Penjualan Esse Mild yang saat ini dikuasai oleh Esse Pop & Change membuat rokok ini menawarkan sensasi kapsul yang dulu sempat dikuasai oleh Sampoerna dengan A Flava, dan dalam hal ini sepertinya Esse memiliki angka penjualan yang terus naik dari tahun ke tahun.
  3. Dapat disimpulkan bahwa dikarenakan peminat rokok yang saat ini ingin inovasi yang berbeda, disertai adanya pengembangan dari portofolio Esse Mild Series membuat rokok ini seakan menawarkan sensasi yang berbeda bila dibandingkan dengan kompetitor terdekat, diantaranya A Mild dan Clas Mild yang cenderung kurang bermain pada inovasi rasa. Esse Mild Series mengambil ceruk dari perokok yang menginginkan sensasi unik diantaranya ialah meluncurkan Esse Shuffle Pop pada awal April 2017 dimana salah satu tujuan dari Esse Shuffle Pop ialah meningkatkan penjualan dari portofolio Esse Mild secara keseluruhan, Dengan adanya lima rasa berbeda dalam satu kemasan membuat rokok ini seakan belum ada kompetitor yang menawarkan hal yang sama. Dan dalam hal ini Esse Shuffle Pop unggul bila dibandingkan dengan kompetitor dengan rasa yang unik dan tidak bisa ditiru oleh kompetitor.
Baiklah, itu merupakan sedikit analisis mengapa Esse Shuffle Pop bisa diluncurkan pada awal April ini dan kemungkinan akan menjadi blockbuster dalam dunia rokok di Indonesia. Mari kita review rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini admin beli dengan angka Rp. 17.500 (kemungkinan besar rokok ini dijual di minimarket dengan harga yang berbeda 500-1000, cukai 16.500) dengan kuantitas isi 16 batang. Agak aneh memang, admin mengira bahwa rokok ini kemungkinan besar dijual dengan isi 20 batang untuk mengakomodasi 5 rasa yang ditawarkan dari rokok ini. Untuk harga sendiri admin beri nilai 7.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasan rokok ini dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna hitam, ungu, dan biru disertai adanya warna putih. Bagian depan kemasan dari rokok ini menggunakan pattern concentric circles yang sama dengan Esse Pop. Dalam hal ini pattern bisa dirasakan dengan seksama berkat adanya efek emboss. Terdapat logo Esse pada bagian kanan kemasan dengan adanya efek emboss dalam hal ini merupakan dari gabungan efek hologram disertai dot yang memiliki garis berbentuk E yang bisa dirasakan dengan seksama. Tulisan ESSE pada rokok ini menggunakan warna silver tanpa adanya efek emboss. Bagian tengah kemasan terdapat lingkaran yang memiliki paduan biru dengan ungu, dimana bagian luarnya terdapat outline berwarna putih. Terdapat bola "Shuffle" dalam latar hitam bergaris putih pada bagian kiri kemasan menandakan rokok ini memiliki efek "Shuffle" ataupun acak dimana dalam hal ini merupakan paduan dari panah yang melengkung keatas dan kebawah dengan adanya efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Dibelakang logo "Shuffle" terdapat semacam efek sinar yang menjelaskan fitur rokok ini setelah diklik. Tulisan SHUFFLE menggunakan warna putih dengan outline hitam, dimana dalam hal ini terdapat efek crystal dan emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Dalam hal ini juga terdapat tulisan POP yang mirip dengan kemasan Esse Pop dengan font yang bersifat modern dan memiliki efek yang sama dengan tulisan SHUFFLE. Pada bagian kiri terdapat rasa yang ditawarkan dengan font modern dengan model melengkung bertuliskan ORANGEMINT, APPLEMINT. dengan adanya font yang modern. Bagian kanan terdapat tulisan CARAMELMINT, MANGOMINT, BERRYMINT. yang menjelaskan fitur rasa yang ditawarkan oleh rokok ini. Terdapat lima lingkaran yang ditengahnya terdapat simbolik kapsul yang secara berurutan dari kiri ke kanan. Terdapat tulisan 5 SHUFFLE CAPSULE menggunakan font Arial Bold  berwarna putih yang menjelaskan fitur utama dari rokok ini. Bertuliskan KRETEK CIGARETTE yang menjelaskan rokok ini adalah rokok kretek mild. Bagian belakang kemasan terdapat tulisan SHUFFLE POP dengan font Arial dan adanya efek emboss, logo "Shuffle" yang memiliki efek emboss berwarna putih, di bagian kirinya terdapat tulisan CLICK TO SHUFFLE dan di bagian kanan tertulis 5 FLAVOR IN 1 PACK dengan adanya penekanan bold. Dibagian bawah terdapat penjelasan rasa dari tiap warna kapsul yakni orange, apel, karamel, mangga, dan berry dan dibawahnya tertulis "PRODUK INI TERDIRI DARI 1-5 VARIAN RASA KAPSUL" yang menjelaskan bahwa rokok ini memiliki kapsul di bagian filter rokok. Bagian samping kanan atas terdapat logo KT&G, dan penjelasan isi dari rokok ini ialah 16 di bagian tengah, dengan adanya kalimat yang bertuliskan SKM, SIGARET, dan KRETEK dimana model ini baru pertama kali diterapkan pada Esse Shuffle Pop. Pada umumnya, untuk rokok Esse Mild Series, penempatan SKM tertulis di bagian depan dan belakang kemasan beserta kuantitas dari rokok ini secara keseluruhan. Bagian kiri tidak ada yang istimewa, dimana dalam hal ini sepertinya hanya tertera tidak adanya batasan aman khas rokok buatan KT&G yang menaati PP No. 109 tahun 2012 yang menjelaskan bahwa setiap rokok wajib memiliki larangan jual namun untuk batasan aman pada umumnya tidak ditaati oleh mayoritas produsen rokok besar. Saya merasa kemasan rokok ini sangat menjual dan lebih menarik bila dibandingkan dengan Esse Pop. Untuk kemasan saya beri nilai 8.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasanya dengan seksama


Pada bagian inner hinge lid dari rokok ini terdapat penjelasan 5 SHUFFLE CAPSULE dimana terdapat gambar ketika sedang mengklik kapsul dari rokok ini, dimana ada penjelasan Guess! What's Next? yang menjelaskan fitur "Shuffle" dari rokok ini. Bagian inner frame menggunakan warna silver, dimana pada bagian foil memiliki kesamaan warna dan desain dengan Esse Pop yakni adanya warna ungu disertai logo POP dengan adanya sabit di bagian kirinya.

Kemudian kita coba buka foil-nya dengan seksama


Terlihat jelas rokok ini menggunakan batang bercorak "Shuffle" yang berbeda dengan rokok Esse pada umumnya dengan warna abu-abu. Pada tiga batang dari rokok ini tertulis SHUFFLE POP yang menjadi fitur utama dari rokok ini. Kuantitas isi rokok ini ialah 16 batang, dengan susunan 8 di depan dan 8 di belakang layaknya rokok mild pada umumnya. 

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan rokok mild pada umumnya. Dalam hal ini batasan tipping paper rokok ini bertuliskan ESSE dengan warna hitam dan adanya garis berwarna ungu. Pada bagian tipping paper dari rokok ini terdapat pattern lingkaran yang ditengahnya terdapat logo "Shuffle" dengan warna abu-abu, dan adanya objek bola "Shuffle" dengan adanya dua panah yang menunjukan tempat diklik dari rokok ini. Perforasi yang digunakan berjumlah tiga baris dengan model dot dan jarak yang sedikit berjauhan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini menawarkan sensasi leci yang khas dengan intensitas manis yang cenderung minim. Ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan intensitas manis yang cenderung menengah keatas dan terdapat sensasi a hint of sweetness yang kuat berkat penambahan liquorice yang sudah menjadi ciri khas rokok mild dengan blend dasar Tembakau Virginia. Tidak begitu menawarkan sensasi spicy, dikarenakan blend rokok ini sengaja untuk mengakomodasi rasa buah dan karamel yang ada pada kapsul. Intensitas manis yang ditawarkan cenderung tinggi, dalam hal ini dimaksudkan untuk mengakomodasi rasa buah (dan juga karamel) yang ditawarkan ketika sudah mengklik kapsul dari rokok ini. Cenderung memiliki blend yang balance, dalam hal ini adanya perpaduan Tembakau Virginia yang dominan disertai sensasi nutty yang ditawarkan dari rokok ini berkat penambahan Tembakau berjenis Oriental. Cenderung memiliki tarikan yang smooth, rasa harshness pada rokok ini cenderung tidak ada, dan tidak memiliki throat hit yang menusuk tenggorokan, sehingga bisa dikonsumsi untuk harian. Dalam hal ini aftertaste dari bawaan rokok ini ialah adanya sensasi nutty berpadu dengan rasa leci yang sangat kental, dalam hal ini secara rasa mengingatkan dengan A Mild namun dalam intensitas yang berbeda. 

Ketika ingin mengaktifkan fitur "Shuffle" pada rokok ini maka kita bisa memposisikan jempol dan telunjuk ke bagian tengah dari batang rokok. Kapsul pada rokok ini berada pada bagian dekat batasan tipping paper dan bisa melakukannya sebagai berikut


Setelah memposisikan jempol dan telunjuk, maka kita bisa mengklik kapsul yang ada pada rokok ini dengan mendorong jempol dan telunjuk untuk memecahkan kapsul pada rokok ini layaknya gambar dibawah ini.


Dalam hal ini, kita bisa merasakan sensasi "Shuffle" dari rokok ini dengan mengklik kapsul yang berada pada filter rokok ini dimana dalam hal ini kita bisa menduga rasa apa yang bakal keluar setelah mengklik rokok ini. Dalam hal ini, saya membuat ringkasan dari apa yang saya tangkap terhadap rasa rokok ini di bagian bawah dari tulisan ini.

Rasa yang pertama kali saya coba ialah Caramelmint capsule. Dalam hal ini, intensitas yang ditawarkan dari rasa karamel pada rokok ini sangat intens. Hampir mirip rasa mentos dimana dalam hal ini rasa mint mulai intens setelah dimulainya hisapan kedua dan seterusnya. Rasa rokok ini bisa dibilang mirip dengan A Flava, dimana rasa mint yang ada berpadu dengan rasa manis yang dihasilkan oleh Karamel. Dalam hal ini, rasa permen yang ditawarkan oleh kapsul Caramelmint sangat terasa. Dan dalam hal ini kesegaran yang ditawarkan oleh rokok ini begitu intens, disertai sensasi a hint of sweetness yang sangat terasa, dimana dalam hal ini saya menemukan aroma karamel yang begitu intens dan dalam hal ini intensitas mint yang ditawarkan begitu tinggi. Sedikit adanya rasa susu yang ditawarkan oleh kapsul Caramelmint sehingga rokok ini menawarkan sensasi yang menurut saya unik. Saya sangat menyukai rasa Caramelmint yang ditawarkan oleh rokok ini, dan sedikit mengingatkan terhadap rokok A Flava yang hadir kisaran tahun 2010-2013. Sangat unik, dan mungkin baru ada rokok dengan gabungan kapsul yang terdiri dari rasa karamel dan mint. Aftertaste dari varian Caramelmint cenderung segar, dimana dalam hal ini sangat kental akan rasa karamel dan sensasi mint yang kuat. Untuk rasa kapsul Caramelmint saya beri nilai 8.9 dari 10.

Rasa kedua yang saya coba ialah Orangemint capsule. Dalam hal ini, rasa jeruk manis yang terasa pada awal bakaran berpadu dengan rasa mint yang mulai sensasinya menguat pada hisapan kedua. Rasa orange yang ditawarkan oleh rokok ini begitu terasa, dimana ada sedikit sensasi asam yang ditawarkan oleh rokok ini berpadu dengan rasa mint yang cenderung segar. Namun untuk rasa Orangemint yang ditawarkan terasa sekali artifisial dan cenderung menggunakan essens orange sebagai pembentuk citarasa dari rasa Orangemint yang ada pada rokok ini. Rasa Orangemint yang ditawarkan cenderung otentik, dimana dalam hal ini rasa rokok ini merupakan campuran dari rasa Orange (kemungkinan jenis Florida atau Jeju) disertai sensasi mint yang sangat terasa, dimana dalam hal ini rasa fruity yang ditawarkan sangatlah kuat, dimana sensasi orange yang ditawarkan berpadu dengan rasa mint yang sangat kuat. Saya merasa untuk rokok dengan kapsul Orangemint cenderung memiliki rasa yang kuat akan jeruk manis disertai sensasi unik dari mint. Aftertaste yang ditawarkan rasa Orangemint cenderung kuat dengan sensasi jeruk disertai rasa mint yang menurut saya intens. Bagi saya ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mencoba rokok rasa Orangemint. Dan saya cukup suka. Untuk kapsul Orangemint saya beri nilai 8.7 dari 10.

Rasa ketiga yang saya coba ialah Applemint capsule. Dalam hal ini, rasa yang dimiliki oleh Applemint merupakan gabungan dari rasa Apel Hijau yang manis disertai dengan sensasi mint yang sangat kuat. Rasa mint yang kuat dimulai dari hisapan kedua dan seterusnya. Dalam hal ini, rasa rokok ini mengingatkan saya dengan Esse Change dimana dalam hal ini intensitas mint yang ditawarkan sangat dingin dan segar. Dalam hal ini, rasa rokok ini cenderung kuat dengan sensasi mint, dan diperkuat dengan sensasi segar Apel Hijau yang memang digunakan untuk memperkuat rasa mint yang ada pada rokok ini. Cenderung kuat akan kesegaran yang ditawarkan oleh mint bila dibandingkan dengan rasa Apel yang ditawarkan oleh rokok ini. Dimana dikatakan bahwa rasa ini menyerupai dengan sensasi Esse Change namun dengan tarikan yang cenderung lebih berat dan lebih terasa. Karakter Apel Hijau yang terbilang manis dan rasa mint yang kuat boleh jadi merupakan alasan mengapa belakangan Esse Change penjualannya meningkat dari tahun ke tahun. Rasa ini mengingatkan saya sedikit kepada Mentos rasa buah, namun berpadu dengan sensasi mint yang ditawarkan oleh rokok ini dimana intensitasnya cenderung kuat. Kesegaran yang ada pada rokok ini cenderung kuat dan dalam hal ini ditunjang dengan karakter segar yang dimiliki Apel Hijau. Aftertaste dari rasa Applemint ialah sensasi segar yang terasa dengan intensitas rasa Apel Hijau dan Mint yang cenderung lebih natural bila dibandingkan dengan varian kapsul yang ada pada rokok ini. Untuk rasa Applemint saya beri nilai 8.7 dari 10.

Rasa keempat yang saya coba ialah Mangomint capsule. Dalam hal ini saya merasakan sensasi mangga yang cenderung segar disertai sensasi mangga yang cenderung manis. Dalam hal ini, rasa mangga yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung kuat, dimana dalam hal ini memiliki sensasi tangy dan asam dari rasa mangga dengan aroma mangga yang cenderung kuat, dan dalam hal ini diperkuat dengan sensasi mint yang cenderung segar. Rasa mangga yang ditawarkan cenderung lebih kuat ketimbang sensasi mint, walau sebenarnya rasa rokok ini juga terasa sensasi mint bawaan dari kapsul rokok ini. Aroma mangga pada rokok ini cenderung kuat, walaupun bila dibandingkan dengan sensasi mint yang ada pada rokok ini cenderung lebih kuat. Rasa mangga yang ada pada kapsul Mangomint mengingatkan saya dengan sensasi mangga yang baru dipetik atau dipotong, dimana sensasi mangga yang ada cenderung manis dan memiliki sensasi tangy yang sangat terasa. Sensasi manis tangy yang ditawarkan oleh mangga berpadu dengan sensasi segar yang ditawarkan oleh mint yang ada pada rokok ini. Cenderung memiliki sensasi yang sangat segar dan memiliki asam yang terasa, dalam hal ini rasa mangga bila dibandingkan dengan sensasi buah lainnya cenderung lebih natural dan lebih soft. Dalam hal ini, sepertinya rasa mangga yang ada kemungkinan sama dengan rasa mangga lokal yang sangat unik, dimana dalam hal ini berpadu dengan sensasi mint yang unik. Aftertaste dari rasa Mangomint cenderung kuat dengan sensasi mangga dan dalam hal ini diperkuat dengan sensasi mint yang cenderung intens. Namun saya merasa, walaupun cenderung lebih natural akan tetapi pada akhir bakaran rasa rokok ini cenderung artifisial. Dimana dalam hal ini, sensasi mangga yang terasa cenderung artifisial walaupun tidak seartifisial Orangemint. Saya sangat senang dengan sensasi tangy yang ditawarkan oleh Mangomint. Untuk kapsul Mangomint saya beri nilai 8.8 dari 10.

Rasa terakhir yang saya coba ialah Berrymint capsule. Rasa berry ini tidak perlu diragukan lagi dimana dalam hal ini sensasi berry yang ditawarkan (kemungkinan campuran dari mix berry, silahkan coba check review Esse Berry Pop yang sudah saya publish pada tahun lalu, tentunya dengan hasil berbeda) memiliki intensitas rasa yang mirip dengan Esse Berry Pop. Intensitas rasa disini memiliki kesamaan dengan Esse Berry Pop yang belakangan mulai dipromosikan dimana dalam hal ini, rasa berry disini sudah mulai terasa ketika sudah diklik kapsul yang berada pada filter dari rokok ini. Dimana dalam hal ini, intensitas rasa mint mulai muncul pada hisapan kedua dan seterusnya. Rasa mint yang ada pada rokok ini cenderung kuat namun terasa akan sensasi perpaduan antara mix berry yang disertai dengan sensasi mint yang cenderung terasa. Dimana dalam hal ini, sensasi berry yang ditawarkan cenderung lebih natural bila dibandingkan dengan varian buah lain yang ada pada rokok ini. Rasa berry pada rokok ini memiliki intensitas yang cenderung lebih besar ketimbang sensasi mint yang ditawarkan oleh rokok ini dimana dalam hal ini sepertinya rasa berry yang ada pada rokok ini merupakan sebuah hal yang dominan bila dibandingkan dengan sensasi mint yang ada pada rokok ini. Walaupun begitu, sensasi mint yang ada yang ditawarkan cenderung kuat dan intens, dimana dalam hal ini terjadi perpaduan antara rasa manis fruity berry disertai sensasi mint yang menurut saya sangat terasa. Aftertaste yang ditawarkan dari rokok ini cenderung memiliki sour yang ditawarkan oleh Berry disertai sensasi mint yang cenderung intens. Saya kebetulan baru menyukai Esse Berry Pop, dimana dalam hal ini saya merasa rokok ini belakangan terasa lebih enak dan mantap. Untuk rasa Berrymint sendiri saya beri nilai 8.7 dari 10.

Secara keseluruhan, rasa rokok ini cenderung memiliki tarikan yang mantap serta rasa mint yang cenderung kuat. Dalam hal ini ketika sudah diklik, maka rasa rokok ini berubah drastis. Durasi bakar dari rokok ini ialah 11-12 menit, dalam artian rokok ini menawarkan sensasi bakaran yang cenderung sedikit lama bila dibandingkan dengan mild pada umumnya. Namun kelemahan dari rokok ini ialah rasa mint pada rokok ini cenderung menguat pada akhir bakaran, dimana ketika sudah mendekati batasan tipping paper, rokok ini seakan menawarkan sensasi sedikit chemical taste disertai sensasi rasa buah yang cenderung hilang. Secara keseluruhan, rasa rokok ini saya beri nilai 8.76 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan adanya 5 kapsul shuffle yang cenderung menawarkan rasa random, rokok ini seakan menjadi jawaban atas permintaan perokok yang menginginkan sensasi yang sangat unik dan berbeda bila dibandingkan dengan kompetitor, dan juga kemasan yang cenderung modern membuat rokok ini seakan lebih unggul bila dibandingkan dengan kompetitor. Dalam hal ini, rokok ini dikatakan sebagai "game changer" dalam dunia rokok di Indonesia. Keunikan dari rokok ini bisa dimanfaatkan dalam pergaulan sosial, artinya rokok ini memang sengaja diciptakan bagi orang yang suka nongkrong dimana rokok ini bisa menjadi alat main ketika sedang nongkrong bersama teman. Rasa yang ditawarkan rokok ini cenderung tidak terduga setelah mengklik dari kapsul yang ada filter rokok ini. Dan juga, secara aftertaste, rokok ini menawarkan sensasi yang menurut saya berbeda, dan juga sangat sesuai dalam konteks saat ini. Kelemahan rokok ini ialah rasa mint yang cenderung menguat pada akhir bakaran, sedikit adanya sensasi chemical taste pada bakaran akhir, serta bagi orang yang tidak menyukai rasa tertentu akan merasa rokok ini tidak cocok. Walaupun sebenarnya keunikan dari rokok ini terletak pada rasanya yang tidak terduga ketika sudah mengklik filter rokok ini. Untuk distribusi rokok ini sepertinya mulai merata pada hari ini, walaupun sejauh ini saya belum menemukan satupun minimarket yang menjual rokok ini. Rokok ini sangat mudah ditemui di Alfamidi namun untuk minimarket sampai sejauh ini saya belum menemukan sama sekali. Overall, saya memberi nilai rokok ini ialah 8.25 dari 10. Artinya rokok ini memang unggul pada rasanya yang unik dan kemasannya yang sedikit lebih baik bila dibandingkan dengan Esse Berry Pop, namun kelemahan rokok ini ialah pada harga yang terhitung lebih mahal dan juga tidak semua orang cocok dengan rasa yang ditawarkan oleh rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , , , , ,

CONVERSATION

37 komentar:

  1. Balasan
    1. mantap, wajib dicoba dan enak banget. terutama buat caramelmint, walaupun dapetnya random

      Hapus
  2. Ente ga takut min sering gonta ganti rokok kaya gitu? Kata orang kan kalo gonta ganti rokok itu bahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama jenis yang sama sih nggak apa-apa. lagian ane sekarang lagi ngonsumsi jenis LTLN (mild) jadi kalo dalam jangka pendek sih nggak ngaruh. kalo jangka panjang iya pengaruh

      Hapus
  3. Mib yg orangemint ntap parah sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah demennya caramelmint. gatau kenapa rasa itu lebih pas dibanding yang lain.

      Hapus
  4. Enak min rokoknya,gue beli di alfamidi sih emg,minimarket yg biasa bedekatan belom jual emg min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom nih sejauh ini. kalopun daerah mas dekat circle k atau indomaret, bisa dicoba beli disana. kalo indomaret sendiri gue belom ngecheck secara langsung, cuman kata temen udah dijual disana.

      Hapus
  5. Balasan
    1. mantap, dicoba aja lah mas, biar tau sensasi uniknya.

      Hapus
  6. Emang enak yang caramelmint, rasanya beda banget, kayaknya esse mau bersaing sama vape

    BalasHapus
  7. Enak min, esse emang ane demen, ane bosen mild, kalo keseringan roko itu kadang ane pengen muntah yg huek huek gitu wkwk setelah ada esse bery pop ane pindah ke berry pop, nah baru ada shuffle langsung pindah ke ini, enak banget, ga bosen rasanya ngeroko ini ada rasa2nya ga yg murni gitu ane suka, tadi ane beli di indomart harganya 20 rb. Enak banget kalo abis makan ngudut ini, recommended:)

    BalasHapus
  8. Gw udah coba gw perokok berrypop tp yg shuffle ini bedanya 5 rasa yg baru sih orange caramel sama manggo karna apel sama berry udah ada sebelum nya,, gw dapetin di CK selebihnya gw belum survey

    BalasHapus
  9. Esse berrypop n esse shuffle apakah termasuk rokok super slim? Seperti esse mild

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gan,, esse berry pop itu termasuk kategori mild bukan slim?? Yang terasa pas kalo di pegang jepit,,dan rasanyapun enak bgt..thanks

      Hapus
  10. Inovasi keren ..
    RASANYA Kaya NgeVape ajh dah ini rokok esse dengan rs" gtu...

    BalasHapus
  11. Boleh dicoba tuh, tpi sayang msih blm ada disini mh. Berry pop aj msih susah, terpaksa harus nyari jauh2 beli nya :D haha

    BalasHapus
  12. Min, saaya dengar2 ini bisa menyebabkan mandul, apa betul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah gan,, justru rokok esse pop dan familly esse hanyalah sekedar rokok yang mengclaim rasa2 buah,, kalo mandul itu sih hanya dari orang2 tertentu aja lagipula itu udah nasibnya aja mandul..thanks

      Hapus
    2. Kalo kta orang-orang emang ngerokok yg ada rasa mentholnya bisa bikin mandul (kalo jangka panjang)

      Hapus
  13. cara belinya gimana ya gan? makasih

    BalasHapus
  14. Numpang ngasih info min. Di bandung udah ada di alfamidi dekat universitas maranatha.

    BalasHapus
  15. Di daerah tambun dah ada min, mantap jiwa rasanya. Cuman adanya di indomaret

    BalasHapus
  16. Gan, itu satu bungkus rokoknya yg ada capsulnya cuma 5 saja atau satu bungkus rokok ada capsulnya semuanya?

    BalasHapus
  17. After doing some online research, I got my first electronic cigarette kit from Vaporfi.

    BalasHapus
  18. Esse shuffle kalo belum di click berat ga rasanya kaya esse berry pop ? Esse berry pop terasa berat kalo belum di click ..padahal saya suka rasanya yg belum di click .

    BalasHapus
  19. Menyediakan stock pruduk semua brand esse semua bercukai +6287788693079

    BalasHapus
  20. Menyediakan stock pruduk semua brand esse semua bercukai +6287788693079

    BalasHapus
  21. Min, mau nanya nih. Boleh tau ga urutan 3 rokok yang paling lu suka sejauh ini. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales gan, kalo gw pribadi sih paling enak itu djarum coklat, dji sam soe super premium, dan magnum mild. cuman belakangan lagi sering di magnum mild, rasa lebih kerasa ketimbang A Mild dan harganya murah

      Hapus
  22. Min, review yg dijelasin sama admin nya mantap. Bahkan menurut saya review yg dijelasin admin membuat orang penasaran ingin mencoba dibanding iklan dari banner pihak rokok tersebut. Intinya review yg dijelaskan admin lebih unggul dibanding iklan dari pihak rokok tersebut. Excellent review!!!

    BalasHapus
  23. Review admin membuat orang(perokok) menjadi penasaran dibanding iklan dari pihak rokok. Intinya, menurut saya sendiri jadi review yg dijelaskan admin lebih unggul dibandingkan iklan dari pihak rokok tersebut. Excellent review. Mantap!!

    BalasHapus
  24. Dalam hal ini cukup detail review nya. Dalam hal ini, menjadi lebih jelas akan rokok yg dalam hal ini masih sangat jarang. Dalam hal ini, dikarenakan distribusi rokok yang dalam hal ini masih sedikit. Dalam hal ini menjadi rasa penasaran dimana dalam hal ini yaitu mengenai rasa dari rokok tersebut. Dalam hal ini tentu menjadi nilai tersendiri, dimana dalam hal ini adalah rokok esse sufle pop.

    BalasHapus
  25. Salah satu rokok favorit saya. Karna ini ibaratnya rokok fruit-tella... . X,D

    BalasHapus
  26. Gan ini maksudnya 1 bungkus ada 5 rasa?

    BalasHapus
  27. Rokok bini saya nih hahaha... Saya esse mild yg merah, tp karna mas min banyak kasih review rokok laen jadi agak 'selingkuh' saya ke rokok2 review mas min hahaha.... Sering ngeroken, banyak minum aer putih bro sis, tips aman hehehe

    BalasHapus