Dunhill Fine Cut Mild 16 Limited Edition, SKM LTLN Pertama Dengan D-MIX Capsule

Selamat sore,

Hari ini merupakan hari yang dikatakan sangat spesial, dimana dalam hal ini admin mendapati barang yang dikatakan masih belum tersebar di pasaran. Barang ini dikatakan merupakan barang yang sangat spesial, dimana dalam hal ini admin sebelumnya ingin membahas Bohem Cigar Mojito Double yang seharusnya admin review pada hari ini. Namun dengan beberapa pertimbangan, admin pada akhirnya mereview rokok yang dikatakan sudah beredar dimulai dari minggu lalu. Produk ini merupakan produk yang sangat baru di pasaran, dimana dalam hal ini admin sudah mencari produk ini sejak beberapa hari yang lalu namun baru mendapat kesempatan untuk membuat review rokok ini dengan seksama.

Pada review rokok ini, admin membeli produk ini di salah satu Circle K di Jakarta, dimana dalam hal ini admin menyempatkan diri untuk membeli produk yang dikatakan sangat baru di pasaran. Awalnya, sang kasir di Circle K tersebut tidak mengetahui mengenai produk yang dikatakan sangat baru ini, akan tetapi pada akhirnya sang kasir mengetahui produk ini setelah admin menunjuk produk ini dengan seksama. Dan pada akhirnya admin bisa mendapatkan produk yang admin idamkan seminggu yang lalu. Dimana pada akhirnya dalam kesempatan ini bisa membuat review mengenai produk ini dengan seksama.

Review yang admin tulis ialah Dunhill Mild 16 Limited Edition, dimana pada limited edition kali ini, produk yang ada berisi 16 batang dengan adanya kapsul khusus dinamakan "D-MIX". Kapsul rasa ini berdasarkan promosi yang admin sudah unggah pada hari Sabtu kemarin di Fanpage Facebook Review Rokok dinamakan sebagai "tropical capsule" atau rokok dengan rasa kapsul dengan rasa buah tropis. Beberapa alasan yang ada mengapa Dunhill bisa meluncurkan Dunhill dengan fitur "tropical capsule" sebagai Limited Edition Pack pada bulan April ini diantaranya sebagai berikut:
  1. Dunhill, sebagai brand rokok dalam kategori Internasional nomor satu di Indonesia selalu menawarkan inovasi yang sebenarnya belum pernah terpikir oleh pabrikan rokok lain. Dengan keunggulan rajangan tembakau sebanyak 40 cuts per inches, penggunaan cengkeh dan saus pilihan membuat rokok ini perkembangan-nya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dalam hal ini sebenarnya Dunhill terdesak dengan pertumbuhan SKM LTLN yang menggunakan kapsul dimana sejauh ini hanya Esse Mild series saja yang menawarkan rokok LTLN dengan inovasi kapsul. Dunhill (dalam hal ini Bentoel Group) sempat melakukan riset mengenai pertumbuhan SKM LTLN dengan tambahan kapsul. Dimana hasil yang ada terhadap rokok ini menunjukan bahwa rasa Dunhill dengan bahan tambahan kapsul rasa buah tropis cenderung disukai oleh banyak pihak. Dimana dalam hal ini, Dunhill sepertinya berhasil me-reformulasi-kan rokok kapsul yang dulu sempat ditawarkan oleh Dunhill Switch yang sepertinya gagal di pasaran, dengan menggunakan sensasi buah tropis disertai sedikit sensasi mint yang kemungkinan disukai oleh banyak pihak. Dunhill, dalam hal ini Dunhill Mix (kemungkinan nama resmi dari rokok ini ketika sudah dijual secara umum) merupakan inovasi pertama Dunhill dalam segmen SKM LTLN yang menggunakan kapsul khusus untuk menciptakan rasa yang berbeda sebelumnya. Dalam hal ini, Dunhill sengaja melakukan percobaan dengan mengeluarkan Limited Edition dimana dalam hal ini Dunhill sengaja melakukan test market terhadap rasa rokok ini, dan sejauh ini promosi belum tersebar secara merata, dan fokus kepada beberapa toko tertentu.
  2. Angka pertumbuhan SKM berdasarkan Annual Report Philip Morris International pada tahun 2016 mencapai 75,8% secara keseluruhan pasar, terutama saat ini didominasi oleh SKM berjenis LTLN merupakan sebuah pasar yang sepertinya sangat menjanjikan. Dunhill, sebagai merek rokok mild terbesar keempat di Indonesia merupakan produk pertama dari Bentoel Group yang menyajikan inovasi berupa rokok mild dengan menggunakan blend dimana tembakau yang digunakan sudah di cacah sebanyak 40 cuts per inches daun tembakau dan cengkeh yang dirajang sedemikian rupa dengan saus yang begitu spesial sehingga rokok ini seakan menjadi 'game changer' dalam dunia rokok LTLN di Indonesia. Terlebih saat ini Dunhill sedang menawarkan rokok merek dengan penjualan besar pertama yang menawarkan sensasi buah bercampur dengan adanya sensasi mint yang minim sehingga rokok ini bisa dikatakan rokok switch pertama dalam segmen volume yang besar di Indonesia. Dahulu, rokok model switch ini pertama kali diluncurkan oleh pihak Sampoerna dengan A Flava. Namun penjualannya tidak sebaik portofolio Sampoerna lainnya, sehingga produk ini pada akhirnya dihentikan. Dan dalam hal ini, Dunhill mempelajari kesalahan yang dimiliki oleh Sampoerna (dan juga Dunhill Switch yang dulu sempat diluncurkan namun gagal secara penjualan) sehingga Dunhill bisa meluncurkan limited edition pertama yang semuanya menggunakan kapsul khusus. Kapsul ini dinamai dengan kapsul "D-MIX" atau bisa dibilang sebagai Dunhill Mix, sebagai nama resmi dari rokok ini ketika sudah tidak dijual sebagai produk limited edition, atau sudah menjadi produk regular.
  3. Dapat disimpulkan bahwa percobaan Dunhill meluncurkan rokok dengan kapsul pertama dalam segmen LTLN (untuk merek internasional, ini merupakan produk kedua yang meluncurkan rokok ber-kapsul khusus setelah Esse Mild Series) dengan rasa buah tropis yang belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh pabrikan rokok lain. Dan juga, rokok ini merupakan rokok yang seakan memicu pabrikan lain untuk meluncurkan rokok dengan inovasi kapsul. Keputusan Dunhill dirasa tepat pada kali ini dimana sepertinya Bentoel Group sudah siap meluncurkan rokok ini pada tahun ini. Dan juga Dunhill D-MIX merupakan portofolio SKM LTLN pertama dari Bentoel Group yang menawarkan inovasi dengan adanya kapsul rasa buah tropis.
Baiklah, itu merupakan sedikit analisis mengapa Dunhill bisa meluncurkan produk ini pada pertengahan April dan sepertinya akan menjadi blockbuster dalam segmen SKM LTLN (selain Esse Shuffle Pop). Mari kita review rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini admin beli dengan harga Rp. 16.500 (beberapa toko menjual dengan harga lebih mahal 500-1000 atau lebih murah 500, cukai 17.925) dengan kuantitas isi 16 batang. Secara harga, rokok ini termasuk terjangkau dimana dalam hal ini pada umumnya harga rokok mild umumnya berada pada kisaran diatas 17.000. Untuk harga sendiri saya beri nilai 8 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna putih, abu-abu, merah, kuning, dan hijau. Pada bagian depan dari rokok ini menggunakan adanya sayatan berwarna merah yang menandakan bahwa rokok ini merupakan line kretek dari Dunhill. Terdapat persegi panjang berlatar sayatan tembakau dimana pada bagian kiri terdapat logo Dunhill berwarna merah dengan adanya efek emboss, tulisan DUNHILL menggunakan warna putih dengan adanya emboss, dibawah tulisan DUNHILL terdapat tulisan FINE CUT MILD dengan outline berwarna abu-abu dengan adanya tulisan berwarna putih, dan di bagian kanan terdapat emblem Dunhill yang sangat khas. Di bagian bawah objek berwarna abu-abu, terdapat objek persegi panjang yang menghadap vertikal sebanyak 8 buah dengan adanya efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Pada bagian plastik dari kemasan ini terdapat concentric circles dengan warna hijau di bagian kiri dengan adanya gradasi dari kiri ke kanan dimana di bagian kanan terdapat warna kuning. Di bagian tengah dari concentric circles terdapat semacam objek tombol dengan outline silver, dimana di bagian tengah semacam logo 'switch on' atau dalam bahasa resmi dari BAT yakni Convertibles, dimana pada logo tombol merupakan gradasi dari warna hijau dengan kuning. Bagian plastik dari rokok ini bertuliskan LIMITED EDITION dengan adanya gradasi dari warna hijau ke kuning, di bagian bawah terdapat penjelasan CLICK FOR UNIQUE SENSATIONS yang menutupi garis SINCE 1907 yang terdapat garis, dan tulisan D-MIX dengan warna gradasi dari hijau ke kuning. Bagian belakang terdapat deskripsi mengenai fitur fine cut yang ditawarkan rokok ini, disertai penjelasan fitur "click" dari kapsul D-MIX yang ditawarkan oleh rokok ini dimana dalam hal ini dimaksudkan untuk menambah sensasi unik yang ditawarkan rokok ini bila dibandingkan dengan sebelum diklik, dan juga pengalaman yang ditawarkan oleh rokok ini yang unik. Hal yang berbeda dengan dengan Dunhill Mild ialah adanya kata PROGRESSIVE SINCE 1907, disertai tanda tangan Alfred Dunhill dengan adanya objek concentric circles yang memiliki gradasi hijau ke kuning. Bagian kanan dari kemasan rokok ini tidak ada yang spesial, bagian kiri dari kemasan ini bertuliskan 16 FINE CUT MILD KRETEK, dan adanya tulisan MADE UNDER AUTHORITY DUNHILL TOBACCO OF LONDON LIMITED, dibawahnya terdapat tulisan SKM. Bagian atas terdapat logo Dunhill beserta tulisan DUNHILL dengan warna silver, dan adanya tulisan FINE CUT MILD. Produk ini diproduksi oleh PDIT sebagai anak perusahaan dari Bentoel Group. Untuk kemasan sendiri cenderung menjual dan keren. Untuk kemasan saya beri nilai 9.1 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner frame dari rokok ini terdapat foil berwarna merah, dimana dalam hal ini memiliki memiliki tekstur glossy dan cenderung licin. Bagian inner hinge lid dari rokok ini terdapat informasi dan nomor konsumen dari rokok ini. Bagian RELOC dari rokok ini terdapat objek concentric circles berwarna putih disertai tulisan SAME GREAT TASTE dan tulisan CLICK TO PROGRESS dengan tulisan PROGRESS menggunakan gradasi hijau ke kuning. Di bagian tengah concentric circles terdapat semacam logo tombol 'switch on' dengan adanya outline berwarna silver dan tombol berwarna hijau bergradasi kuning. Pada bagian pembuka tertulis D-MIX LIMITED EDITION dengan warna pembuka hijau muda.

Kemudian kita coba buka RELOC-nya dengan seksama


Pada bagian batang rokok ini menggunakan warna batang putih dengan adanya semacam tombol yang bisa dilihat dengan seksama. Susunan batang rokok ini ialah 8 di depan dan 8 di belakang dengan kuantitas isi 16 batang.

Kemudian kita coba buka tarik batang rokok-nya dengan seksama


Rokok ini menggunakan panjang yang lebih baik dibandingkan mild pada umumnya, dengan diameter batang yang cenderung ramping. Dimana pada batasan tipping paper terdapat logo Dunhill dengan warna logo putih. Di bagian tipping paper terdapat latar semacam curve yang melambangkan sayatan tembakau. Terdapat tulisan DUNHILL dengan warna putih. Bagian dekat tipping area terdapat tombol "switch on" dengan adanya logo Convertibles dengan adanya outline silver dan warna tombol putih, dan terdapat latar hijau muda kekuningan. Perforasi yang digunakan berjumlah dua baris, dengan adanya model dot, dimana lubang tersebut sedikit berjauhan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis yang sangat terasa disertai adanya sedikit sensasi fruity. Pada saat dibakar, rokok ini menawarkan sensasi rasa fruity yang kaya dengan essens leci, disertai adanya penambahan sedikit sedikit berry yang cenderung terasa. Unsur fruity yang ada di rokok ini disertai dengan sensasi spicy yang sedikit terasa. Dalam hal ini sensasi spicy yang ditawarkan tidak sekuat dengan sensasi fruity yang ada pada rokok ini. Sensasi creamy gurih khas yang ditawarkan rokok ini cukup terasa, dimana kemungkinan rasa dari rokok ini merupakan campuran dari adas manis dan bunga cengkeh. Cengkeh pada rokok ini termasuk terasa, dimana dalam hal ini menawarkan sensasi cengkeh yang warming yang menurut saya sangat khas. Blend yang ditawarkan sangat balanced, dalam hal ini terasa akan keseimbangan antara Tembakau Virginia yang halus disertai Tembakau Oriental yang sangat terasa. Adanya sedikit sensasi nutty yang sangat khas dari rokok ini, dengan intensitas yang minim.

Ketika ingin mengklik dari rokok ini bisa mencoba dengan menempatkan posisi jempol dan telunjuk ke bagian dekat hisapan rokok ini. Letak kapsul yang ada pada rokok ini berada pada dekat area hisapan dari rokok ini, dimana dalam hal ini kita bisa memposisikan layaknya berikut


Ketika tangan sudah diposisikan, maka pada akhirnya kita bisa memencet kapsul yang ada pada rokok ini dengan mendorong jempol dan telunjuk hingga sampai terbunyi klik layaknya gambar di bawah ini


Bila diklik, rokok ini menawarkan sensasi gabungan antara jeruk lemon dengan jeruk nipis disertai sensasi mint yang sangat sedikit. Intensitas mint yang ditawarkan cenderung minim, dimana dalam hal ini sepertinya rokok ini menawarkan sensasi rasa mirip dengan Mojito namun dengan intensitas dingin yang tidak begitu terasa. Rasa lemon dan jeruk nipis yang ditawarkan setelah mengklik rokok ini sangat terasa, dengan adanya a hint of peppermint yang cenderung terasa. Rasa buah tropis yang ditawarkan dari rokok ini cenderung unik, dimana dalam hal ini rasa yang ditawarkan cenderung segar dan terasa unik, dan terasa sensasi minyak atsiri yang sangat terasa. Durasi bakaran dari rokok ini berkisar 10-11 menit, dimana dalam hal ini durasi bakar cenderung sama dengan rokok mild pada umumnya. Aftertaste dari rokok ini ialah cenderung kuat dengan sensasi lemon dan jeruk nipis, disertai sensasi nutty dan adanya sedikit mint yang ada pada rokok ini. Namun kelemahan rokok ini ialah rasa unik yang ditawarkan rokok ini cenderung berubah, dengan adanya sensasi chemical taste yang sedikit terasa. Sangat unik ketika sudah mengklik filter rokok ini, dan saya cukup suka dengan rokok ini. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.7 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa buah tropis yang unik yakni perpaduan antara jeruk lemon, jeruk nipis dengan intensitas mint yang cenderung minim membuat rokok ini seakan menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan rokok dengan kapsul dengan adanya sensasi buah yang sangat kuat. Bila dibandingkan kompetitor semisal Esse Pop, rasa rokok ini cenderung unik dan dengan intensitas rasa mint yang tidak begitu kuat, sehingga rokok ini bisa menawarkan rasa yang cenderung lebih diterima oleh masyarakat. Dengan kemasan Limited Edition yang juga terlihat keren dan menonjol dengan unsur modern, membuat rokok ini seakan bila dibandingkan kompetitor sedikit lebih unggul bila dibandingkan dengan kemasan Dunhill Mild pada umumnya. Namun bagi Anda yang menginginkan sensasi mint yang lebih kuat, rokok ini seakan kurang mampu memberikan sensasi hal tersebut, dan juga bagi sebagian orang, rasa yang ada cenderung kurang begitu disukai oleh konsumen. Untuk distribusi sendiri baru berjalan mulai hari ini, dimana dalam hal ini rokok ini mudah didapatkan di Circle K di Indonesia dan menyusul ke minimarket lainnya mulai hari ini. Dan juga untuk warung dan toko kecil, kemungkinan hari ini baru terdistribusi secara merata mulai hari ini. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.6 dari 10. Artinya rokok ini secara unggul pada rasa dan kemasannya yang unik, namun secara harga rokok ini sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan rokok mild kelas menengah, namun cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan rokok mild kelas premium pada umumnya.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , , , ,

CONVERSATION

23 komentar:

  1. Bang review BOHEM CIGAR MOJITO dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya, hari ini mau publish bohem cigar mojito double. sejauh ini rasa kalo sebelum diklik sama ama mojito regular

      Delete
  2. Di jogja masih sulit min, esse shufle aja blm dapet sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar, udah ada yang nanya yang sama. kemungkinan akhir bulan baru muncul

      Delete
    2. Info lur, dunhill mild d mix udah ada di mini market daerah deket gudeg bu amad. Semoga bisa membantu :)

      Delete
    3. Udah dapet min tp masih blm dibuka karna masih mau ngabisin magnumbluenya wkwkwkw , yg blm ketemu shuffle nya min

      Thanks pakrete

      Delete
  3. Di bandung udah ada gan, awalnya ngeliat posternya di warung, terus nemu barangnya di indomaret kemaren, dan tadi siang beli sambil nyari2 warung..

    Dan hasilnya, sumpah ni rokok enak banget, pas kapsulnya dipecahin rasanya jadi jeruk nipis seger, jadi inget komix rasa jeruk nipis, hari ini aja udah abis 5 batang :D

    Jadi inget dulu waktu lagi sering2nya ngerokok dunhill pengen nyobain dunhill switch, sayangnya nyari2 di mini market gak ada..

    Ane mulai addict sama rokok ini, belakangan udah mulai enek sama rokok full flavor, sayang limited edition, kalau udah mass product kayaknya manteb tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk unik karena make kapsul "tropical" yang dikatakan sangat unik dimana kapsul tersebut sebenarnya campuran lemon dan lime (dan sedikit mint) sehingga ngehasilin rasa yang sangat unik. kalo awam emang ngerasa rokok ini mirip komix rasa jeruk nipis. dan temen saya kebetulan ngerasain sensasi yang sama seperti yang agan katakan. kemungkinan kalo sukses keras, katanya rokok ini bakal diproduksi dengan merek lain (ada kemungkinan mereknya dunhill mix seperti yang sudah saya katakan di postingan diatas). doakan aja semoga respon pasar baik, niscaya dunhill mix bakal menjadi produk yang dikatakan mass production.

      Delete
    2. Emang buat rasa kapsulnya juga ada pedes dikit sih, cuman ya itu dominan di rasa jeruk nipisnya..
      Ane awalnya nyangka ini tuh dunhill mild versi menthol loh, pas baca lagi "click for tropical sensation" wah makin penasaran nih..

      Delete
  4. Saya udah coba...OK juga rasanya...sukses buat dunhill limited edition

    ReplyDelete
    Replies
    1. doakan semoga produk ini jadi produk tetapnya mas. soalnya kalo produk ini berhasil, bakal ada edisi tetapnya.

      Delete
  5. Njajal sikk...mbok sapa cocok neng gulu......sukses dunhil fine cut mild

    ReplyDelete
  6. So basically, Dunhill Switch Kretek.

    ReplyDelete
  7. aq cobain rokok ini,kepalaku langsung muter2..efek apa y?? sbnrny sih aq baru belakangan ini mulai nyobain rokok..cowo gw kasi tau roko ini enak,smpe sngaja dia beliin bwt buktiin. Bener aja,emang recommed bngt. Aku smpe beli 1 slop,hahaha..lgsg jth cinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus loe rokokin juga kontol cowok loe ya?

      Delete
  8. min ada efek samping nya ga nih ? soalnya klo rasa rasa yg berbau menthol menyebabkan efek pada kelamin lelaki?

    ReplyDelete
  9. Lebih tepatnya menurutku rasanya kaya jeruk bergamot apalagi ada sedikit rasa mint. Kalau pernah minum teh earl grey pasti ga asing sama rasa jeruk ini.

    ReplyDelete
  10. bro. review dji sam soe super premium yang baru dong. thanks

    ReplyDelete
  11. kebanyakan pakai kata "dalam hal ini"

    ReplyDelete
  12. Gw bantu review.. dunhill limited edition ini.. menurut gw setelah bola nya di pecah (apalah namanya) bau chemical nya terasa banget.. jadi taste nya serasa bau kimia + rasa buah... Buat pusing banget klo lagi di tempat panas.....

    ReplyDelete
  13. gaya bahasa membosankan, banyak banget terulang "dimana dalam hal ini"

    ReplyDelete
  14. kenapa berhenti produksi??? udh hampir 3bln ini susah bgt nyari roko ini semua warung smpe ke smua mini market aku datengin bwt cari ini dan mereka cma jwb udh ga produksi, tlg dong di klarifikasi kapan jd rokok tetapnya. buat saya atau kami yg udh cinta bgt sma ini roko kn jd kecewa tba2 dgt stop produksi

    ReplyDelete
  15. Udah gak beredar lagi yaa ? Padahal udah lama pake rokok ini , tb" udah gaberedar lagi .

    ReplyDelete