Clas Mild Isi 16 Batang, SKM LTLN Flagship dari Nojorono Group

Selamat siang,

Postingan ini tentunya merupakan postingan dimana admin berada pada situasi dimana admin memungkinkan untuk membuat blog ini. Dalam hal ini, postingan ini merupakan postingan yang sebenarnya ditunggu-tunggu, dimana dalam kesempatan ini admin baru saja menemukan barang yang memiliki pita cukai 2017. Untuk produk ini sebenarnya sudah tersedia barang yang berpita cukai 2017, namun dalam hal ini admin memang mendapatkannya di sebuah warung yang ada di Depok. Dalam kesempatan kali ini admin akan mereview rokok yang sepertinya menempati posisi kedua dalam dunia LTLN di Indonesia, yakni Clas Mild.

Seperti biasa, admin akan sedikit menceritakan bagaimana admin bisa mendapatkan produk ini. Ketika itu admin sudah membeli Esse Shuffle Pop yang sudah di review pada hari Senin kemarin, dimana pada akhirnya admin iseng menanyakan apakah Clas Mild sudah tersedia stok berpita cukai 2017. Setelah admin mengecek, ternyata produk ini sudah tersedia yang memiliki pita cukai 2017. Dan dalam hal ini juga admin baru sempat mencoba produk ini pada hari kemarin. Review yang admin buat saat ini seharusnya diposting di hari kemarin, namun dikarenakan pada hari kemarin admin mendapatkan tugas yang bersifat mendadak, jadi admin baru bisa mengeluarkan postingan Clas Mild pada hari ini.

Analisis ini sifatnya umum dan dalam hal ini sebenarnya admin mengambil data dari situs www.clas-mild.com yang menjadi referensi utama admin dalam membuat analisis, tentunya bersamaan dengan Annual Report terbaru dari Philip Morris International untuk menggambarkan bagaimana prospek yang ada pada rokok ini dimana sebagai berikut:
  1. Clas Mild merupakan produk pertama yang dikeluarkan oleh PT N.T.I (Nojorono Tobacco International) dalam segmen SKM LTLN. Riset yang dilakukan oleh rokok ini cukup lama, dimana dalam hal ini riset yang dikeluarkan dibantu oleh Muhammad Warsianto sebagai arsitektur dari rokok Mild yang blockbuster yakni A Mild dan Starmild, dimana rokok ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2001. Pengembangan rokok ini mencakup dari blend yang ditawarkan dari rokok ini, bagaimana karakter rasa yang ingin dibawa oleh rokok ini, dan juga prospektus yang kemungkinan terjadi ketika sudah meluncurkan rokok ini. Diluncurkan pada tahun 2003, Clas Mild dengan pendekatan komunikasi yang mengacu kepada segmen perokok urban dimana secara pendekatan menggunakan iklan yang cenderung mengena kepada anak muda berusia 18-30 tahun, dimana dalam hal ini rokok ini memang sengaja menyasar kepada segmen anak muda yang pada saat itu menyukai rokok berjenis LTLN atau mild yang pada saat itu mulai terlihat kemajuannya. Clas Mild yang pada saat itu menjadi kompetitor dari A Mild dan Starmild memiliki keunggulan rasa yang tidak bisa ditandingi oleh kompetitor, yakni rasa lembut yang sangat khas namun memiliki kemantapan yang tidak bisa ditandingi oleh kompetitor. Menyasar kepada segmen premium, Clas Mild pada tahun 2013 masuk ke dalam 10 rokok paling laris di Indonesia dengan angka market share sebanyak 4,3% dan berada di posisi ke 8 berdasarkan data yang didapat dari Philip Morris International. Data lain yang dikemukakan oleh Top Brand Award pada tahun 2014, Clas Mild menempati posisi kedua dalam penjualan dari SKM berjenis LTLN atau mild dengan angka 12,1% dari responden perokok mild yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Dalam hal ini, angka penjualan Clas Mild sepertinya akan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, termasuk juga banyak perokok SKM Full Flavor yang pindah ke rokok LTLN dan juga bagi perokok pemula yang menginginkan sensasi enteng dan juga mantap.
  2. Angka pertumbuhan SKM, terutama pada segmen SKM LTLN di tahun 2016 mencapai 75,8%, dimana angka ini tumbuh dari angka 74,7% dan didominasi dengan penjualan SKM LTLN. Alasan utama orang mengonsumsi rokok berjenis LTLN diantaranya ialah dikarenakan sensasi yang ditawarkan cenderung lebih lembut bila dibandingkan dengan jenis lain, dan juga orang membutuhkan waktu yang cepat dalam hal merokok (dalam hal ini, kebanyakan perokok memanfaatkan smoke break dengan waktu yang cepat). Dengan keunggulan rasa yang ditawarkan oleh Clas Mild, rokok ini seakan menawarkan sensasi kelembutan yang berbeda bila dibandingkan dengan kompetitor lain yang pada umumnya menawarkan sensasi yang tidak sehalus Clas Mild. Clas Mild juga merupakan tonggak utama Nojorono secara keseluruhan, dimana pada umumnya rokok produksi dari Nojorono menyasar kepada segmen menengah kebawah. Dengan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan kompetitor, rokok ini menawarkan sensasi rasa yang berbeda dan juga memiliki otentisitas dalam hal rasa rokok ini. Makanya, rokok ini memiliki slogan "Simply Authentic" yang dikeluarkan pada tahun 2016 sebagai bentuk rokok ini memiliki perbedaan yang jelas bila dibandingkan dengan rokok LTLN yang cenderung kurang memiliki sensasi yang sangat khas.
  3. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa dikarenakan penjualan rokok ini termasuk tinggi, dan juga secara pertumbuhan sangat baik, Clas Mild menjadi salah satu pilihan utama dalam mengonsumsi rokok berjenis LTLN dimana kelembutan yang dimiliki memiliki rasa yang sangat khas dan juga memiliki diferensiasi dibandingkan dengan kompetitor yang pada umumnya kurang menggunakan diferensiasi terutama dalam rasa. Sebagai salah satu rokok yang diproduksi oleh Nojorono, rokok ini seakan menjadi rokok dari portofolio Nojorono yang memiliki market share sangat tinggi dibandingkan dengan produk Nojorono lainnya. Produk ini juga dikatakan sebagai produk dengan harga yang lebih terjangkau dan juga rasa yang ditawarkan bisa memuaskan konsumen.
Baiklah, itu merupakan sedikit analisis mengenai mengapa produk ini bisa diluncurkan dan juga tetap bertahan hingga saat ini. Selanjutnya kita akan membahas rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan angka Rp. 18.000 (beberapa toko menjual lebih murah 500 atau lebih mahal 1000, cukai 17.925) dengan kuantitas isi 16 batang. Rokok ini tentunya lebih murah 2000 bila dibandingkan dengan A Mild yang pada saat ini menyentuh harga 20.000. Untuk harga sendiri saya beri nilai 7.4 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama








Kemasan rokok ini menggunakan basis warna putih dengan garis berwarna putih tua, disertai warna biru tua dan merah tua. Pada kemasan depan terdapat pattern garis dengan warna putih tua dimana hal ini mirip dengan pattern yang dimiliki oleh A Mild dengan model yang berbeda tentunya. Terdapat logo Ct LASER, dimana pada bagian t menggunakan warna merah, dengan tulisan C dan LASER menggunakan font modern dengan warna biru tua yang menandakan terdapat perforasi laser pada rokok ini. Bagian logo terdapat rounded rectangle dengan outline model abstrak berwarna biru tua dan terdapat titik pada beberapa bagian, dengan bagian tengah terdapat warna silver dengan adanya efek glossy, dimana tulisan CLAS berwarna biru tua dengan font sans serif dengan model yang cenderung memiliki outline abstrak dan adanya efek emboss, dan tulisan MiLD dengan menggunakan adanya efek shadow dan tulisan warna merah tua. Terdapat tulisan www.clas-mild.com yang menandakan website yang dimiliki oleh rokok ini. Bagian kemasan belakang memiliki kesamaan dengan kemasan depan namun pada logo Clas Mild berukuran lebih kecil dibanding kemasan depan, dimana terdapat deskripsi yang menjelaskan bahwa rokok ini dibuat dengan tembakau dan cengkeh pilihan dan diproses dengan teknologi terkini untuk menciptakan kelembutan yang khas. Bagian samping kanan atas dan kiri atas kemasan terdapat lingkaran yang bertuliskan 16 di bagian tengah dan adanya tulisan SIGARET KRETEK MESIN yang dipisahkan dengan dot dengan warna tulisan melingkar dan angka berwarna biru tua. Bagian samping kiri kemasan tertulis 16 CtLASER KRETEK dengan warna tulisan biru tua dan pada tulisan t menggunakan warna merah. Cukup menarik dan menjual, Produk ini kebetulan diproduksi oleh PT N.T.I. (Nojorono Tobacco International) dan memiliki kode produksi yang hanya bisa diketahui oleh pihak Nojorono itu sendiri. Dimana pada rokok ini tidak ditampilkan tanggal produksi yang menjadi umum untuk rokok keluaran 2014 keatas. Untuk kemasan saya beri nilai 8 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner frame dari rokok ini menggunakan warna emas layaknya rokok mild kelas premium pada umumnya. Dalam hal ini, foil memiliki tekstur yang biasa saja dan juga tidak memiliki ornamen yang khusus, layaknya Clas Mild Menthol Boost. 

Kemudian kita coba buka foil-nya dengan seksama


Pada batang rokok menggunakan warna putih layaknya rokok mild pada umumnya. Dalam hal ini, susunan rokok ini ialah 8 di depan dan 8 di belakang, dengan kuantitas isi 16 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama



Panjang batang rokok ini memiliki ukuran yang sama dengan rokok mild pada umumnya dan memiliki diameter yang sama dengan rokok mild pada umumnya. Pada batasan tipping paper terdapat dua garis berwarna biru tua, dimana pada bagian tipping paper terdapat logo Clas Mild. Perforasi yang digunakan pada rokok ini berjumlah 3 baris, dengan bentuk dot dan jarak antar lubang yang sangat berdekatan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi sedikit fruity disertai adanya manis yang dalam intensitas minim. Namun setelah dibakar, rokok ini menawarkan sensasi manis fruity yang tidak begitu kuat disertai adanya sensasi khas dari bakaran campuran rokok yang menggunakan Tembakau berjenis Oriental. Memiliki unsur fruity berupa essens leci, disertai adanya sensasi a hint of sweetness yang terasa berkat penambahan maple syrup atau madu sebagai salah satu penyusun rasa manis dari rokok ini. Rasa manis yang ditawarkan rokok ini cenderung menengah namun terasa, dimana dalam hal ini, rokok ini seakan membawa sensasi manis yang sangat lembut disertai rasa fruity yang khas berkat penambahan essens leci. Dan juga, rokok ini menawarkan sensasi manis yang cenderung susah untuk ditiru oleh kompetitor dimana dalam hal ini, sensasi manis yang ada sangat khas dimana salah satu bahan penyusun saus rokok ini ialah maple syrup atau madu. Secara rasa, rokok ini memiliki sebuah hal yang otentik dimana terdapat rasa spicy yang tidak begitu kuat namun cenderung terasa. Sensasi khas spicy yang ditawarkan oleh rokok ini kemungkinan besar kuat akan kadar adas manis yang cenderung sedikit. Kemungkinan saus pada rokok ini menggunakan liquorice dalam intensitas yang minim sehingga mampu menciptakan rasa manis yang begitu khas namun terasa. Blend pada rokok ini cenderung balance, dimana dalam hal ini rokok ini menggunakan Tembakau Virginia impor disertai Tembakau berjenis Oriental lokal sebagai salah satu penyusun blend yang ada pada rokok ini yang memiliki sensasi nutty yang sangat khas. Cenderung kuat akan sensasi lembut yang ditawarkan oleh Tembakau Virginia. Rokok ini memiliki tarikan yang sangat lembut, bila dibandingkan dengan A Mild, rokok ini menawarkan kelembutan rasa yang sangat khas namun tetap berkarakter khas dari rokok kretek. Tarikan rokok ini sangatlah mantap, dan juga secara rasa rokok ini memiliki karakter yang sangat smooth. Bila dibandingkan dengan A Mild, rokok ini memiliki sedikit karakter nutty yang lebih kuat namun dalam intensitas yang cenderung smooth. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi spicy yang minim namun kuat akan rasa Tembakau berjenis Oriental dan juga aroma yang cenderung lembut bila dibandingkan dengan A Mild. Memiliki harshness yang cenderung minim, dimana dalam hal ini rokok ini sedikit menawarkan sensasi harshness namun dalam taraf yang cenderung minim. Throat hit pada rokok ini cenderung tidak ada, dalam artian rokok ini seakan menawarkan rasa yang cenderung nyaman di tenggorokan. Durasi bakar dari rokok ini ialah 10-11 menit, dalam artian rokok ini memiliki kesamaan durasi dengan rokok mild pada umumnya. Aftertaste rokok ini memiliki sensasi nutty yang kuat disertai adanya sensasi manis maple syrup atau honey yang terasa. Namun kelemahan rokok ini terletak pada bagian bakaran akhir yang cenderung berubah rasa dengan adanya sedikit chemical taste namun tidak dalam taraf yang signifikan. Saya sangat senang dengan kelembutan yang ditawarkan oleh rokok ini, dan susah untuk ditiru oleh kompetitor. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.9 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa yang cenderung memiliki karakter yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan rokok mild pada umumnya, tarikan yang cenderung mantap, dan juga aftertaste yang khas membuat rokok ini sangat unggul dalam rasanya. Dimana dalam hal ini, rokok ini menawarkan sensasi yang cenderung khas dan otentik bila dibandingkan dengan rokok mild merek lain. Demand terhadap rokok ini cenderung meningkat dari tahun ke tahun, dimana dalam hal ini pertumbuhan merek rokok ini cenderung tinggi dan juga rasa yang ditawarkan oleh rokok ini bisa diterima oleh mayoritas perokok di Indonesia. Namun kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper, rasa ini cenderung memiliki sedikit sensasi chemical taste yang tidak dalam intensitas yang tinggi. Dapat dikatakan rokok ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan kekurangan yang ada. Untuk distribusi rokok ini termasuk mudah ditemui, dimana dalam hal ini rokok ini mudah untuk ditemukan di warung, minimarket, supermarket, dan toko-toko grosiran. Dan juga, rokok ini juga tersedia dengan isi 12 batang dengan harga Rp. 12.000 dan hal tersebut sangat terjangkau bagi anda yang menginginkan sensasi Clas Mild namun dengan harga yang lebih murah. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.1 dari 10. Artinya rokok ini menang pada rasanya yang unik, namun untuk harga cenderung terhitung mahal untuk saat ini dan kemasan yang cenderung biasa saja.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , ,

CONVERSATION

8 komentar:

  1. Review Djarum Super Merah dong bukan yang Hitam (Mild Black Series) sama Putih (Mild) ya

    BalasHapus
  2. saya penggemar clas mild dari tahun 2003
    gak tau kenapa akhir akhir ini rasa clas mild sangat aneh dan sangat sangat tidak enak
    semenjak motto dalam rokok diganti ke simply authentik...enakan yang clasmild dengan moto to less do more

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa ya banyak yg mengeluhkan rokok keluaran baru?

      Hapus
  3. Bener semenjak ganti motto rasa nya jadi beda

    BalasHapus
  4. Dari 2003 sampai sekarang rokok saya clasmild ,dari harga 5000 hingga 19.000 ,bener komen2 yang lain ,rokok ini mengalami perubahan rasa dari tahun ke tahun ,rasa clasmild tahun 2007 & 2008 adalah rasa terbaik menurut saya ,tapi beberapa tahun belakangan rasa clasmild mulai hancur2an ,saya harap pihak clasmild bisa meracik kembali taste clasmild 2008 dan tetap bertahan dengan taste tsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain ngerokok Clas Mild ini mah buat nuduh nuduh orang yang suka nuduh orang nonton Berkah Cinta muter lagu Isyana Sarasvati sama makan Rakus dirumah orang deh mas mendingan pindah ke Marlboro Mild Black itu mah rokoknya nggak nuduh nuduh orang ini mah rokoknya nuduh nuduh orang harusnya ganti ya mas Marlboro Mild Black

      Hapus
  5. Saya penikmat roko clasmild.. Dan saya sllu nyimpen bungkus nya..sekitar 600 pcs lbh yg saya smpen dan itu yg hbs pas drumah.. Klo lg nongkrok ya kbuang.. Saya sehari roko clasmild sehari semalam 2 bungkus.. Pling lbih 2-3 Batang... Saya mau nuker bungkus roko clasmild sama mobil atau gk sejumlah uang 100 juta.. Saya mau buat usaha..

    BalasHapus