Surya PROfessional Merah, SKM Full Flavor dengan Ukuran Batang Slim dari Gudang Garam

Selamat malam,

Minggu ini merupakan minggu dimana admin mengalami kesibukan yang sangat tinggi. Baik secara fisik maupun mental admin saat ini diuji dengan terpaan tugas yang menurut admin sangat banyak, sehingga saya baru bisa membuat postingan yang dikatakan bersifat high demand pada kesempatan kali ini. Dapat dimaklumi, bahwa Review Rokok masih menunggu stok rokok berpita cukai 2017 yang dikatakan sudah banyak, namun untuk sebagian merek hal ini masih bersifat terbatas mengingat tidak semua produk yang dijual bersifat cepat laku-nya dan permintaan akan jenis rokok tidak semuanya baik, hanya merek tertentu saja yang dikatakan pita cukai-nya menggunakan pita cukai tahun 2017, meskipun secara distribusi barang yang dikatakan barang lama produksi baru masih sangat terbatas. Kemungkinan besar barang yang stok pita cukai-nya baru akan mulai tersebar dan menggantikan produksi tahun 2016 (ataupun produksi tahun 2017 bulan Januari) sekitar maksimal pada akhir bulan ini, dimana retur stok lama sudah dilakukan dan dalam hal ini sebagian rokok yang masih layak akan di daur ulang menjadi rokok yang Anda konsumsi.

Sepertinya, admin pada saat ini menang hoki, dalam hal ini admin sudah banyak mendapati produk Gudang Garam yang memiliki pita cukai 2017, dimana kemungkinan besar pada hari Kamis admin juga akan membuat postingan mengenai Gudang Garam International (alias Garpit, Inter atau Filter) yang secara permintaan akan postingan tersebut termasuk tinggi. Review rokok ini sepertinya merupakan review kedua admin dari produk Gudang Garam yang sudah menggunakan pita cukai 2017, dimana dalam hal ini admin merasa sudah mulai merata terhadap stok pita cukai 2017 untuk Gudang Garam itu sendiri. Dalam hal ini, postingan Surya Pro berdasarkan pengamatan yang admin lakukan sudah dalam taraf intensitas permintaan yang cukup tinggi, dimana produk ini sebenarnya mulai di-relaunch pada bulan November 2016 dengan slogan terbaru-nya yakni "Never Quit" atau bila diterjemahkan menjadi "Tidak pernah menyerah". Iklan dari produk ini bisa dilihat di video di bawah ini yang di upload oleh pihak Gudang Garam secara resmi. Mari disaksikan dengan seksama.


Analisis untuk rokok ini bisa dibilang sangat umum, dan dalam hal ini bisa menggambarkan mengapa Surya Pro (atau nama resminya yakni Surya PROfessional) bisa bertahan hingga sekarang dan sempat mengubah kemasannya pada tahun 2014 bertepatan dengan penerapan PHW yang dilakukan pada 24 Juni 2014 diantaranya sebagai berikut

  1. Surya Pro, atau lazim disebut dengan Surya PROfessional merupakan produk inovasi pertama yang dilakukan oleh Gudang Garam dimana produk ini diluncurkan pada era 90-an yang menginginkan rokok berkarakter Full Flavor namun merasa malu bila merokok SKM Full Flavor dalam ukuran yang sebenarnya, serta membutuhkan durasi waktu yang lebih cepat bila dibandingkan dengan Surya Regular. Dalam hal ini, Surya Pro mampu menjawab tantangan dari kompetitor, terutama Sampoerna A Mild yang menawarkan diameter batang yang kecil namun dengan rasa yang ringan dan diluncurkan pada tahun 1989, dimana Surya Pro justru menawarkan sensasi strong dari rokok Full Flavor namun dengan diameter yang cenderung lebih kecil dan ukuran King Size dimana hal tersebut mencerminkan semangat Gudang Garam yang selalu berinovasi demi menambah keuntungan secara keseluruhan dari rokok ini. Mulai diganti kemasannya pada 24 Juni 2014, bertepatan dengan PHW yang diterapkan dan juga slogan "Against The Ordinary", Surya Pro seakan menjadi jawaban yang tepat bagi Anda yang menginginkan sensasi khas dari rokok Full Flavor namun dengan ukuran yang bisa diterima konsumen muda, terutama usia 18-30 tahun yang menginginkan rasa khas dari rokok Full Flavor namun merasa enggan untuk mencoba jenis rokok tersebut. Surya Pro juga mulai di relaunch pada bulan November 2016 dimana slogannya yakni "Never Quit" menggambarkan semangat yang ingin dicapai dari Surya, terutama pendekatan komunikasi yang lebih mengarah kepada usia muda yang memiliki semangat pantang menyerah dan tidak pernah puas akan sebuah kondisi.
  2. Penjualan Surya Pro, pada awalnya cenderung menurun dikarenakan tidak adanya aktivitas komunikasi yang dilakukan pada rokok ini. Iklan pada rokok ini baru gencar sekitar tahun 2016-2017 dimana hal tersebut dilakukan untuk menambah penjualan dari Surya Pro itu sendiri. Gudang Garam yang memiliki market share sebanyak 74.696% merasa tidak puas bila mengandalkan penjualan dari Surya, Gudang Garam Signature, dan Gudang Garam International. Usaha untuk menggenjot penjualan dari Surya Pro sendiri baru mulai dilakukan pada pertengahan 2014 dimana hal tersebut bertepatan dengan pergantian kemasan yang dilakukan oleh Surya Pro itu sendiri. Dan dalam hal ini (saya tidak bisa memberikan data pasti dari penjualan rokok ini mengingat data yang ada masih sangat terbatas), Surya Pro seakan memiliki penggemar setia, terutama bagi perokok Surya Pro Mild yang ingin mencoba sensasi baru namun dengan ukuran batang dan panjang yang cenderung sama dengan Surya Pro Mild. Disebut juga sebagai produk 'crossover', Surya Pro seakan menjadi market leader dalam segmen SKM Full Flavor dengan kadar tar medium, dimana dalam hal ini pemainnya masih terbilang jarang dan hanya dikuasai oleh beberapa pabrikan rokok saja.
  3. Dapat disimpulkan, bahwa dengan dilakukannya pergantian kemasan pada tahun 2014 dan melakukan aktivitas komunikasi secara intensif pada 2016 membuat penjualan produk ini, serta permintaan akan produk rokok ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Dan dalam hal ini, pilihan Gudang Garam mengganti kemasan pada rokok ini tidak menurunkan penjualan dari rokok ini, akan tetapi justru dengan mengganti kemasannya membuat rokok ini penjualannya semakin naik dari tahun ke tahun. Saya tidak punya banyak data mengenai hal tersebut, tapi ketika saya melihat di lapangan sudah banyak orang yang mulai merokok merek ini.
Baiklah, itu merupakan alasan mengapa Surya Pro mengganti kemasannya pada tahun 2014 dan melakukan aktivitas komunikasinya secara intensif pada tahun 2016 lalu. Mari kita review rokok ini dengan seksama. Untuk harga rokok ini admin beli dengan harga Rp. 15.000 (beberapa toko menjual dengan harga 1000-2000 lebih mahal, cukai 2017 yakni 17.925) dengan kuantitas isi 16 batang. Dikarenakan rokok ini masuk kedalam segmen Full Flavor membuat rokok ini seakan menawarkan sensasi lebih namun dengan harga cukup terjangkau. Untuk harga sendiri saya beri nilai 8.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna merah tua, silver, dan putih. Pada bagian depan kemasan menggunakan pattern setengah concentric circles yang cenderung mengarah ke bawah, dimana pattern concentric circles ini tersusun atas setengah lingkaran dimana terdapat efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Di bagian tengah kiri kemasan, terdapat kotak yang memiliki warna yang sama namun memiliki efek menonjol ke dalam, dimana dalam hal ini terdapat persegi panjang yang menghadap ke arah vertikal dengan warna merah kegelapan dan adanya efek emboss. Terdapat tulisan Surya yang memiliki jenis font sambung berwarna silver, dengan efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Dibawah tulisan Surya, terdapat tulisan PRO berwarna putih dengan adanya efek emboss, dimana di bagian samping kanan tulisan PRO terdapat tulisan fessional dengan warna merah kegelapan dan tanpa adanya efek emboss. Adanya logo Gudang Garam berbentuk lingkaran dengan warna dasar biru tua dan silver menandakan rokok ini masuk kedalam keluarga Surya Pro. Di bagian bawah terdapat tulisan 16 FILTER KRETEK CIGARETTES yang menunjukan rokok ini masuk ke dalam segmen Filter. Di bagian bawah tulisan 16 FILTER KRETEK CIGARETTES terdapat line berwarna silver sebagai penanda bagian bawah dari rokok ini. Di bagian belakang terdapat tulisan Surya berwarna silver, dengan adanya pattern concentric circles yang bisa dirasakan dengan seksama, dimana pada bagian belakang di dalam rounded rectangles yang memiliki efek menonjol ke dalam, mampu menjelaskan rokok ini merupakan crossover dari rokok Full Flavor dengan ukuran slim dan diciptakan untuk perokok berjenis urban dan merupakan pilihan tepat bagi yang ingin menikmati rokok Kretek Filter dalam suasana urban. Adanya logo Gudang Garam berbentuk lingkaran makin menegaskan bahwa rokok ini masuk kedalam keluarga Surya Pro. Bagian samping kanan kemasan terdapat tulisan 16 di dalam lingkaran berwarna silver yang di bagian luar lingkaran silver terdapat tiga garis berbentuk lingkaran dengan adanya tulisan KRETEK PREMIUM CIGARETTES yang mengitari lingkaran yang bertuliskan 16 tersebut. Terdapat seperempat concentric circles dan ada tulisan Surya berwarna silver tanpa adanya efek emboss. Bagian samping kiri terdapat larangan jual dan kadar tar dan nikotin. Bagian atas terdapat tulisan Surya dengan efek emboss dan tulisan PRO dan dibawahnya terdapat tulisan fessional tanpa adanya efek emboss. Saya merasa kemasan rokok ini jauh lebih keren bila dibandingkan dengan Surya Pro Mild. Untuk kemasan saya beri nilai 9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner frame dari rokok ini menggunakan warna dasar emas layaknya rokok Filter buatan Gudang Garam pada umumnya. Pada bagian foil rokok ini terdapat setengah concentric circles dengan adanya tulisan Surya di bagian tengahnya. Foil cenderung licin dan tidak memiliki efek emboss.

Kemudian kita coba buka foil-nya dengan seksama


Pada bagian batang, terlihat warna batang yang digunakan ialah cork dengan adanya corak khas, serta terlihat sedikit bagian batasan berwarna emas. Kuantitas rokok ini ialah 16 batang, dengan susunan 8 di depan dan 8 di belakang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang pada rokok ini memiliki ukuran panjang King Size layaknya Gudang Garam International, namun dengan diameter batang yang cenderung slim dan kecil. Pada burning area terdapat factory mark berupa Surya berwarna merah, logo Gudang Garam berwarna biru, dan tulisan GUDANG GARAM berwarna merah. Batasan tipping paper pada rokok ini ialah terdapat garis emas dengan adanya line berwarna merah pada bagian tengahnya. Tipping paper dari rokok ini menggunakan warna cork dan motif layaknya Surya yakni berupa bercak yang cenderung abstrak.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama



Pada sebelum dibakar, rokok ini seakan sedikit menawarkan sensasi berry yang terasa namun dalam intensitas yang cenderung rendah. Ketika dibakar, rasa rokok ini kuat akan sensasi fruity dimana hal tersebut merupakan campuran dari berry (kemungkinan raspberry atau strawberry) dengan intensitas yang sangat tinggi disertai dengan buah nangka yang sedikit saya dapatkan namun cenderung terasa, serta saya menemui sensasi sedikit buah leci pada rokok ini sebagai bahan penyusun saus fruity dari rokok ini. Campuran berry ini seakan berpadu dengan sensasi sweet-fermented berkat penambahan essens rhum yang kemungkinan menjadi komposisi pada rokok ini. Ada rasa spicy yang cenderung kuat ketika dihisap dimana rokok ini menggunakan rempah pilihan yang cenderung menggunakan adas manis dan pekak sebagai campuran rempah dari rokok ini. Rasa yang ditawarkan memiliki kesamaan dengan Surya versi regular, namun dengan intensitas yang cenderung sedikit minim namun tetap mempertahankan karakter khas dari Surya regular. Blend pada rokok ini cenderung memiliki balance yang sangat baik, dalam hal ini penggunaan tembakau yang digunakan memiliki karakter earthy yang sangat terasa. Salah satu blend rokok ini menggunakan Tembakau berjenis Oriental, sehingga saya bisa merasakan sensasi nutty yang menjadi daya tarik dari rokok kretek. Memiliki sensasi spicy yang sangat khas dengan intensitas yang cenderung tinggi, dalam hal ini mampu membentuk karakter gurih yang sangat khas dari rokok buatan Gudang Garam. Dalam hal ini, harshness yang ada pada rokok ini cenderung terasa, dimana dalam hal ini saya bisa merasakan sensasi harsh yang menjadi kekuatan dari rokok ini. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan aroma spicy yang sangat terasa disertai sensasi berry yang sangat mencolok dimana sensasi berry ini sudah menjadi daya tarik dari rokok ini. Cenderung memiliki throat hit terasa namun cenderung halus, dalam artian rokok ini hampir tidak memiliki sensasi menusuk berkat blend rokok ini yang sengaja dibuat lembut disertai adanya bahan pelembut (saya tidak mengetahui bahan apa yang digunakan sebagai pelembut dari rokok ini) pada rasa rokok ini. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 11-12 menit, dalam hal ini bisa lebih cepat tergantung seberapa banyak intensitas hisapan dari rokok ini, dikarenakan rokok ini juga masuk ke dalam rokok bersegmen medium dalam kadar tar-nya. Aftertaste yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung meninggalkan sensasi berry yang sangat khas disertai rasa tembakau yang menurut saya terasa asam-nya. Namun ketika mendekati batasan tipping paper, rokok ini seakan menawarkan sensasi panas yang terasa di bibir namun hal tersebut menurut admin sangatlah lumrah bagi rokok dengan ukuran batang yang cenderung slim dan pendek namun memiliki rasa khas Full Flavor buatan Gudang Garam. Saya sangat senang terhadap rasa rokok ini yang menawarkan sensasi Full Flavor namun dalam wujud batang yang lebih pendek dan ukuran batang yang menurut admin cukup slim. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa yang menurut admin sangat mantap, rasa berry dan rempah yang cenderung kuat, kemasannya yang cenderung elegan, dan harga yang cenderung sedikit murah untuk ukuran rokok berkualitas tinggi membuat rokok ini seakan admin rekomendasikan bagi Anda yang menginginkan sensasi khas dari rokok Full Flavor namun dalam ukuran batang yang lebih pendek dan slim. Dalam hal ini rokok ini memiliki keunggulan terutama pada rasa dan kuantitas batang dari rokok ini yang lebih banyak bila dibandingkan dengan Surya 12 dengan harga yang tidak jauh berbeda. Kelemahan rokok ini mulai terasa ketika mendekati batasan tipping paper, dimana rokok ini menawarkan sensasi panas yang menurut admin sangat terasa. Distribusi dari rokok ini sudah menjangkau berbagai warung dan toko, cenderung bersifat merata dalam artian mudah menemukan rokok ini di banyak tempat, namun admin merasa untuk stok terbaru dirasa masih belum banyak ditemui. Admin kebetulan menemukan stok terbaru dari rokok ini di toko langganan admin ketika admin ingin mereview rokok kebetulan toko tersebut skalanya bersifat besar bila dibandingkan dengan toko yang ada di daerah Pondok Cina. Overall admin memberikan nilai untuk rokok ini 8.83 dari 10. Artinya, rokok ini menang pada kemasan dan rasanya, namun secara harga untuk beberapa kalangan tertentu masih dibilang kurang begitu terjangkau.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , ,

CONVERSATION

20 komentar:

  1. Balasan
    1. Udah bang waktu setahun lalu dari isi 20 sama 16 batang bang lihat aja bang

      Hapus
  2. Min review Djarum black capuccino

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. tenkqyu bang, sip jos ulasan Pro Merahnya

    BalasHapus
  5. rokok ini sebelum dibakar mirip marlboro mix 9

    BalasHapus
  6. Min situs nya bagus, kalo bisa dikelola oleh team

    BalasHapus
  7. Sekarang udah baru lagi rokoknya surya pro beda rasa nya.. skrng di batang rokok nya ada tulisan surya PRO (warna merah) rasa berubah banget jd gak berasa tarikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba konfir ke gudang garam,,surya pro merah yg baru itu asli atau palsu..soalnya didaerah saya juga udah tersebar...

      Hapus
    2. Itu asli kok. Produksi diatas 10-11 oktober cirinya. Soal rasa jauh lebih soft. Tapi karakter khasnya berkurang emang. Saran coba ganti ke Surya 12 atau 16 aja mending.

      Hapus
  8. Beda rasanya yg baru Surya pro , bkin tenggorokan skit , kecewa bget sm Surya pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran coba ganti ke Surya 12 atau 16 aja ya.

      Hapus
  9. Mau tanya mind, apa benar surya pro merah sekarang ganti, yg dulunya voil warna emas sekarang ganti silver? Atau itu produk bajakan, sebab rasanya parah banget!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, saya juga kecewa ama rasanya yang baru ini. Kalo bahasa promosinya ini "Strength Meet Style" yang dilakukan secara dadakan. Itu asli kok, cuman emang bagi saya pribadi juga merasa kecewa. Terlalu soft. Masih enakan Surya 12 atau 16.

      Hapus
  10. Bnr bngt. Gk enak skarang. Rasanya sprti rokok murahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan pindah ke surya 12 atau 16 aja ya. Saya jujur juga kecewa dengan perubahan yang terlalu dadakan.

      Hapus
  11. Kecewa dengan adanya dua jenis pro fessional dengan kemasan yg sama, semoga cepet di kondisikan, biar ga kerasa kayak beli kucing dalam karung, konsistenitas itu penting

    BalasHapus
  12. GG lama" kok bikin kecewa ya niatnya mau ganti kemasan tapi malah merubah rasa hedewh. dulu yg garpit, sekarang surya pro ntar lama" surya reguler juga diganti kemasan dirubah rasa jangan sampai deh yg surya reguler diganti.. Kecewa berat ma GG kliatan banget kalo gak konsisten ma produknya..

    BalasHapus