Mevius Option Purple, SPM Menthol Ultra Lights dengan Purple Capsule

Selamat malam,

Bulan Februari ini merupakan bulan dimana kesibukan admin sudah mulai menjadi. Dimana pada bulan ini kesibukan admin sudah dihadapkan dengan berbagai tugas dan segala sesuatu yang dahulu belum dilakukan admin pada kali ini admin sudah mulai memasukinya. Dan dalam hal ini saya seharusnya mengepos review rokok ini pada esok hari, namun dikarenakan beberapa hal, termasuk rokok yang tadi saja saya konsumsi yakni U Bold pada kali ini membuat review rokok ini saya percepat dibandingkan sebelumnya.

Mengingat animo yang belum begitu besar pada saat admin mengeposkan postingan ini, maka alangkah baiknya admin mereview rokok yang baru saja masuk di bulan Februari ini, yakni Mevius Option Purple. Dalam hal ini saya bisa melihat dari postingan sebelumnya, animo masyarakat terhadap produk buatan Japan Tobacco International (JTI) yang bermarkas di Geneva, Switzerland ini sangat tinggi, maka produk ini setidaknya akan melengkapi postingan admin mengenai produk rokok yang baru saja masuk ke pasaran Indonesia. Admin sebenarnya sudah mendapatkan produk ini pada hari selasa kemarin, dimana admin tidak sengaja melihat adanya produk yang sepertinya membuat saya terpacu untuk membuat reviewnya, dikarenakan produk ini terhitung sangat baru masuk ke Indonesia. Saya mendapatkan produk ini di Alfamart di salah satu kawasan di Depok ketika admin sengaja membeli minuman untuk teman merokok admin dengan tujuan agar pikiran admin bisa lebih tenang dan terpuaskan merokoknya. Produk ini ketika admin membeli ada saat itu stoknya masih sangat banyak, dan dalam hal ini ketika admin sampai di kasir maka pada akhirnya saya melihat produk yang sekiranya sudah keluar di Luar Negeri kisaran 1-2 tahun yang lalu. Admin kemudian menyebutkan rokok ini yakni "Mevius Option" namun sang kasir awalnya tidak "ngeh" terhadap sebutan admin. Kemudian admin menunjuk barang yang ada di etalase rokok dan pada akhirnya admin bisa mendapatkan produk ini dengan seksama.

Berhubung setiap review oleh admin harus memiliki sedikit analisis pasar mengenai prospek terhadap produk ini, maka alangkah baiknya saya akan menjelaskan analisis mengenai produk ini dengan seksama sebagaimana berikut
  1. Mevius Option Purple merupakan varian terbaru dari Mevius dimana dalam hal ini, merupakan kelanjutan hype terhadap produk Camel Activate Purple Mint sudah sangat tersebar secara viral dan juga didukung dengan promosi-nya yang baik. Admin mengakui, animo masyarakat terhadap rokok berkapsul sudah sangat tinggi, terutama semenjak Camel Activate Purple Mint mulai hadir kisaran dua tahun yang lalu. Dalam hal ini, Mevius sebagai salah satu brand yang sudah dikenal diposisikan sebagai salah satu merek rokok dengan penjualan terbesar di Dunia dan untuk pasaran rokok yang memiliki filter arang (charcoal) merupakan merek nomor satu di Dunia. Anehnya, untuk pasaran Indonesia, Mevius kurang begitu dikenal oleh masyarakat mengingat rasanya yang kurang begitu disukai oleh konsumen dan juga secara harga, Mevius ditempatkan kepada segmen Super Premium (Harga diatas rata-rata harga rokok premium). Dikarenakan JTI sudah berhasil dengan Camel Activate Purple Mint, maka sekiranya Mevius Option Purple sudah sangat tepat diluncurkan tepat pada tahun ini. Sekiranya, angka 0,70% (dikarenakan Wismilak dan JTI distribusinya berbarengan, jadi saya anggap angka 0,70% itu merupakan gabungan dari JTI dan Wismilak) yang dipegang market share tahun 2016 menunjukan walaupun secara kue market share kecil, akan tetapi angka tersebut bila dirupiahkan maka sudah termasuk dalam angka puluh miliaran Rupiah. 
  2. Konsumsi produk SPM yang makin menurun dari tahun ke tahun, dimana perbandingan pada tahun 2014 sebanyak 6,4% dan di tahun 2015 turun menjadi 6,2% (data ini saya dapatkan dari Annual Report Philip Morris 2015) menunjukan bahwa segmen SPM umumnya membuat produsen berlomba-lomba membuat inovasi sehingga JTI yang merupakan salah satu produsen dari rokok SPM di Indonesia memikirkan berbagai ide yang sekiranya minimal merek-nya sudah dikenal oleh masyarakat luas. Dalam hal ini, Mevius sebagai portofolio JTI di Indonesia penjualannya masih kurang begitu baik bila dibandingkan dengan Camel yang notabene-nya sudah mulai dikenal dan penjualan-nya lebih baik bila dibandingkan dengan Mevius. Dengan menghilangkan charcoal filter sebagai fitur utama dari rokok Mevius pada umumnya, Mevius Option Purple sekiranya menawarkan sensasi yang hampir sama dengan Camel Activate Purple Mint namun dalam hal ini kadar tarnya diturunkan sebesar 2 mg menjadi 6 mg. Angka ini jelas membuka pasar baru dalam segmen SPM Ultra Lights yang sejauh ini masih dipegang oleh Bohem Cigar No. 6 (termasuk Bohem Mojito) yang sudah terlebih dahulu hadir di Indonesia pada tahun 2013. Dengan kadar tar yang hanya 6 mg, rokok ini seakan menjadi pesaing berat Bohem Cigar yang menawarkan kadar tar yang sama, namun dengan sensasi yang berbeda. Seakan-akan rokok ini membuka pangsa pasar yang lebih luas terhadap SPM Ultra Lights yang memiliki kadar tar dibawah 8 mg. 
  3. Dapat disimpulkan, bahwa dengan adanya penyesuaian terhadap rasa yang sudah dipelajari oleh pihak JTI, dan belajar dari kegagalan portofolio Mevius dahulu yakni Mevius Fullstream dan Mevius Ice Menthol yang kurang bisa diterima oleh masyarakat, konsumen seakan ditawarkan alternatif lain dari Camel Activate Purple Mint namun masih merasa rokok tersebut bersifat berat. Dalam hal ini, kembali ke pembahasan nomor dua bahwa pangsa pasar SPM yang terus menurun dari tahun ke tahun menunjukan inovasi yang dilakukan oleh pihak JTI Indonesia sudah sangat tepat. Dalam hal ini saya bisa lihat prospektus dari produk ini akan bisa menandingi Marlboro Ice Blast namun dengan kadar tar yang lebih rendah dengan rasa yang smooth dan berkarakter khas dari Mevius. Saya kira, animo produk ini akan mulai muncul kisaran pertengahan Februari atau Maret awal, tergantung dari pihak JTI mempromosikan rokok ini bagaimana. Kalau saja pihak JTI sudah berhasil meluncurkan Camel Activate Purple Mint pada tahun 2015, produk ini sekiranya juga akan sama suksesnya walaupun tetap saja Camel Activate Purple Mint penjualannya akan terus meningkat dari tahun ke tahun.
Nah, itu dia sedikit analisis mengenai produk Mevius Option Purple yang sekiranya baru diluncurkan pada bulan ini. Selanjutnya saya akan mereview rokok ini mulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan Rp. 23.500 (cukai 18.600 mengacu kepada tarif SPM sebelum bulan Desember 2016) dengan kuantitas isi 20 batang. Untuk harga sendiri saya beri nilai 5.2 dari 10.

Kemudian kita review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar biru tua, biru muda, hijau, ungu, serta silver yang ada pada kemasan rokok. Kemasan depan dan belakang menggunakan model yang sama yakni adanya latar biru tua yang sangat gelap menuju warna hitam dimana terdapat semacam gradasi biru muda dengan adanya sebuah objek curve berwarna biru keputihan berjumlah dua buah yang terletak pada bagian kiri bawah dan kanan atas dengan menghadap kiri bawah ke kanan atas. Gradasi ini dilengkapi dengan warna curve yang condong ke atas dengan warna biru yang lebih muda bila dibandingkan dengan objek curve lainnya. Terdapat logo Mevius berwarna hijau muda yang menandakan rokok ini merupakan rokok Menthol dari Mevius dengan adanya sedikit efek emboss. Dalam hal ini, tulisan MEVIUS memiliki chisel hard yang disertai efek emboss berwarna silver, dimana terdapat tulisan OPTION PURPLE berwarna hijau muda tanpa adanya efek emboss. Terdapat curve khas Mevius yang dimulai dari bagian tengah kiri kemasan menuju ke atas kemasan, dalam hal ini curve yang ada pada rokok ini memiliki tiga lapisan, yakni bagian paling atas menggunakan warna biru tua yang cenderung pada bagian kanan atas membentuk sebuah bayangan, bagian tengahnya menggunakan warna hijau muda, dan bagian bawahnya yang sangat dominan dengan warna silver dengan adanya efek chisel hard dan efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Terdapat bola ungu pada bagian tengah kanan kemasan dengan adanya semacam glow di bagian belakang-nya dimana objek bola ungu tersebut mencerminkan sensasi kapsul yang bisa digunakan ketika sudah mengklik rokoknya, dengan adanya sedikit efek emboss dan sedikit gradasi ungu mudah dengan strokes keputihan yang mencerminkan datangnya bola ungu tersebut dari bagian kanan ke kiri. Latar pada bola ungu disusul dengan adanya 18 garis ungu muda yang membentuk semacam curve dengan adanya panjang garis yang berbeda satu sama lain. Bagian samping kanan kemasan terdapat tulisan 20 di bagian tengahnya dengan adanya lingkaran berupa tulisan CLASS A CIGARETTES yang dipisahkan dengan adanya objek bulatan dan larangan jual dengan latar warna hitam. Bagian samping kiri kemasan hanya terdapat peringatan bahwa tidak ada batasan aman dan adanya tulisan mengandung 4000 racun, 39 diantaranya penyebab kanker dengan latar warna hitam. Bagian atas kemasan terdapat warna biru tua dengan adanya logo Mevius dan tulisan MEVIUS berwarna silver dengan efek emboss yang cenderung ke dalam dengan warna hitam. Pada bagian bawah menyatakan produk ini diproduksi oleh JTI Malaysia, dimana sejauh ini produk rokok buatan JTI yang dijual di Indonesia dibuat di Malaysia. Secara keseluruhan, kemasan rokok ini menggunakan model C-Shape (atau Round Corner Box) yang mulai belakangan sering dijumpai pada rokok di Indonesia. Sangat menarik dan menurut saya sangat keren. Untuk kemasan saya beri nilai 9.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian dalam kemasan terlihat foil rokok ini berwarna silver dengan adanya logo Mevius ditengahnya. Pada bagian inner frame rokok ini menggunakan warna hitam yang sekiranya melambangkan ke-ekslusif-an dari rokok ini. Saya sedikit menyesal mengingat saya baru tahu bahwa rokok ini merupakan rokok menthol, dimana pada akhirnya admin merobek foil-nya layaknya gambar di bawah berikut, mengingat batang rokok ini cukup sulit untuk mengeluarkannya terkecuali membuka foil-nya terlebih dahulu.


Terlihat jelas adanya objek bola ungu dengan adanya dua tanda >< sebagai lambang dimana rokok bisa di klik. Susunan rokok ini ialah 7 di depan, 6 di tengah dan 7 di belakang dengan kuantitas isi 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki ukuran King Size dan diameter yang sama dengan rokok King Size pada umumnya. Terlihat jelas pada bagian batasan tipping paper-nya terdapat adanya logo Mevius berwarna hijau muda yang diapit garis berwarna silver, dimana pada sisi lain terdapat tulisan MEVIUS berwarna hijau muda yang saya tidak bisa perlihatkan fotonya di sini dan letaknya ada pada bagian atas batasan tipping paper. Sekiranya kita bisa melihat pada bagian tipping papernya terdapat instruksi bagaimana kita bisa mengklik kapsul dari rokok ini dimana pada bagian panahnya berwarna silver dengan adanya bulatan ungu di tengahnya yang memiliki efek shiny. Perforasi yang digunakan berjumlah satu baris, dengan model strip yang sangat lebar sehingga memungkinkan udara luar lebih banyak masuk ke rokok dan juga untuk memperkuat citarasa menthol dari rokok ini.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi menthol yang cukup terasa di lidah tanpa adanya rasa lain. Namun ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi menthol yang kuat dimana intensitasnya sangat kuat dan mirip dengan sensasi yang ditawarkan dengan Camel Activate Purple Mint. Rasa menthol disini cenderung menengah keatas, dimana sensasi menthol ini seakan menutupi karakter khas dari Mevius. Saya mendapatkan sedikit sensasi nutty dimana salah satu blend rokok ini menggunakan Tembakau Oriental dengan karakter smooth yang sangat lembut yang ditawarkan oleh Tembakau Virginia. Saya hampir tidak merasakan sensasi a hint of sweetness khas rokok buatan JTI, walaupun begitu saya masih mendapatkannya sedikit terasa.

Cara mengklik kapsul dalam rokok ini sebagai "option" dari rokok ini sangat mudah. Tempatkan jempol dan telunjuk dan diposisikan di bagian tengah atas batang rokok seperti gambar di bawah ini.


Ketika sudah dipegang, maka kita bisa klik layaknya gambar di bawah ini yakni dengan menghancurkan kapsul yang ada pada bagian filter-nya.


Rasa fruity yang ditawarkan ketika sudah mengklik kapsul-nya sangat kuat. Dalam hal ini sensasi ini sepertinya sudah ditawarkan oleh Camel Activate Purple Mint yakni buah anggur. Sensasi setelah mengklik rokok ini sangat terasa bedanya, dimana terdapat unsur sour khas dari anggur dengan sedikit sensasi a hint of sweetness yang berpadu dengan sensasi fruity yang sangat kuat dan bisa dirasakan dengan seksama. Rasa ini seakan mirip dengan sensasi yang ditawarkan dari Camel Activate Purple Mint namun dengan tarikan yang cenderung lebih lembut dan harshness yang menurut saya tertutupi dengan karakter menthol yang sangat kuat walaupun masih bisa dirasakan dengan seksama. Ada sedikit sensasi kering khas rokok SPM yang cukup dirasakan dengan seksama namun tertutupi dengan rasa menthol yang termasuk kuat pada rokok ini. Throat hit pada rokok ini tidak terasa sama sekali, alias sangat halus tanpa adanya sensasi menusuk ketika merokok. Memiliki aftertaste menthol yang sangat kuat, disertai adanya sensasi nutty khas Tembakau Oriental dan rasa anggur yang cukup terasa. Namun dikarenakan penggunaan stem dan Tembakau Recon yang sangat tinggi membuat rokok ini termasuk cepat habis. Bila dibiarkan saja maka rokok ini seakan terbakar dengan sendirinya sehingga mengurangi kenikmatan merokok. Durasi bakar rokok ini sekitar 5-6 menit tergantung situasi dan kondisi, alias rokok ini termasuk cepat habisnya bila dibandingkan dengan Camel Activate Purple Mint walaupun sebenarnya hanya beda 1-2 menit lebih cepat, dikarenakan kadar tar rokok ini hanya 6 mg. Kelemahan lain pada rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper akan terasa sensasi berbeda dimana ada sedikit rasa chemical dan sensasi lain yang saya tidak bisa gambarkan disini. Dan juga sensasi anggur pada beberapa hisapan cenderung tidak begitu kuat. Saya cenderung suka dengan rasanya, dimana dalam hal ini saya bisa merasakan sensasi lebih lembut ketimbang Camel Activate Purple Mint walaupun secara rasa sama saja. Untuk rasa saya beri nilai 8.2 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan kemasan yang menurut saya sangat elegan, rasa yang cenderung lebih lembut ketimbang Camel Activate Purple Mint, dan sensasi anggur yang menurut saya unik membuat rokok ini seakan memberikan nilai lebih dari Mevius yang pada versi Lights-nya menawarkan sensasi kelembutan yang tak tertandingi. Menurut saya pribadi, saya sedikit menyukai rasa rokok ini satu tingkat diatas Camel Activate Purple Mint dikarenakan rasanya yang cenderung lebih lembut walaupun secara bakaran lebih cepat. Kelemahan rokok ini ialah rasa anggur yang terkesan artifisial, walaupun saya bisa merasakan sensasi fruity yang khas dan juga cepat habisnya, dikarenakan penggunaan stem dan Tembakau Recon pada rokok ini terlihat lebih banyak ketimbang Camel Activate Purple Mint, dan yang terakhir ialah harganya yang cenderung lebih mahal, layaknya rokok Mevius pada umumnya yang menempatkan diri pada segmen Super Premium. Untuk distribusi rokok ini sejauh ini hanya terdapat pada Alfamart saja, saya belum bisa menemukan rokok ini di Indomaret (atau mungkin Indomaret di dekat saya memang belum menjual rokok ini) dan beberapa toko rekanan dari JTI semisal Circle K dan sebagainya. Overall saya memberi nilai rokok ini 7.73 dari 10. Artinya rokok ini menang pada kemasannya yang sangat elegan dan juga rasanya lebih lembut dan sensasi anggur rokok ini bisa dirasakan. Namun sejauh ini kendala utama rokok ini ialah pada harganya yang terhitung mahal untuk pendatang baru dan juga durasi bakar yang cenderung cepat habisnya. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Mevius Menthol Ice sama Mevius Fullstream Air Filter 2 varian Mevius lainnya dibilang gagal ya abang tapi kok sekarang udah diberhentiin produksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk penikmat rokok ya bro? Kayanya up-to-date banget kalo ada postannya si admin :))

      Hapus
    2. Saya cuman baca review ini aja bang dari semuanya sudah 2 tahun lalu

      Hapus
  2. Jd slain ud pk kapsul,ad rasa mentolny jg y min? koq td admin bilng hrsny foilny jgn d robek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, itu karena ketidaktahuan ane soal rokok ini yang ternyata make menthol juga. Ane pikir ini awalnya rokok non menthol yang berubah rasa doangan, ternyata udah ada mentholnya.

      Hapus
    2. Review Gudang Garam Signature yang hitam dong padahal SKM Full Flavor yang hargnya lebih murah dan serta rasanya lebih seperti buah buahan:Fruity banget bang kalau ini gurih banget kayak Sereal basicnya Savory

      Hapus