Wismilak Diplomat Mild Edisi #PROJECTPASSION, SKM LTLN dengan Rasa Smooth Aromatic

Selamat malam,

Hari ini tepat admin menulisnya di kala gerimis mendera setelah hujan deras tadi muncul. Admin saat ini kebetulan baru mendapat barang yang cukup mantap dan membuat admin penasaran dengan produk ini yakni Wismilak Diplomat Mild. Sebetulnya produk ini sudah lama meluncur, namun saya jujur belum pernah mencoba versi regularnya, jadi kebetulan admin ingin mencoba rokok yang sepertinya dengan harga murah menawarkan kualitas tertinggi dan juga dikarenakan produk ini jarang yang mereview maka alangkah baiknya saya mencoba mereview rokok ini dengan seksama.

Oh iya, untuk edisi yang admin dapat ialah edisi #PROJECTPASSION yang diluncurkan sekitar September lalu. #PROJECTPASSION ini belakangan mulai dipromosikan di berbagai stasiun televisi dalam hal ini dapat kita lihat bentuk promosinya sebagai berikut ini


Penjelasan singkat #PROJECTPASSION sendiri merupakan sebuah project dimana dalam hal ini kita diminta membuat proposal passion yang diinginkan, dalam hal ini kita bisa mendapat bimbingan dari mentor dan bila berhasil akan dibantu diwujudkan oleh pihak Wismilak sendiri sebagai bentuk promosi yang dilakukan rokok ini. Untuk selengkapnya bisa dilihat di web www.passionville.id.

Oh iya, saya sedikit akan menjelaskan mengapa Wismilak Diplomat meluncurkan versi mildnya pada tahun 2012 sebagai berikut
  1. Diplomat sendiri pada dasarnya merupakan produk flagship dari Wismilak dimana dalam hal ini penjualannya bisa dikatakan paling baik diantara portofolio Wismilak yang lain. Dalam hal ini Diplomat Full Flavor kurang begitu disukai oleh market 18-30 tahun dikarenakan rasanya yang berat serta aromanya yang mencolok. Dalam hal ini Wismilak sepertinya belajar dari kesalahan ketika dulu membuat produk Milday yang penjualannya kurang begitu baik dikarenakan produk ini tidak membawa spirit dari Wismilak itu sendiri. Dengan riset yang baik serta mencoba mereformulasikan semangat Diplomat dalam segmen SKM LTLN, maka pada akhirnya sekitar Oktober 2012 Wismilak Diplomat hadir untuk memuaskan pencinta rokok, terutama segmen Value For Money yang saat ini Wismilak kuasai karena kebanyakan portofolio Wismilak berkisar dibawah 15.000 terkecuali Diplomat Full Flavor.
  2. Dikarenakan blend dan kemasan yang digunakan terasa masih kurang pas pada konsumen, maka sekitar tahun 2015, Wismilak Diplomat Mild akhirnya mengubah kemasannya menjadi lebih stylish serta perubahan blend dari sebelumnya "sweet aromatic" menjadi "smooth aromatic" dengan penurunan tar dan nikotin yang signifikan. Bila sebelumnya Diplomat Mild mengandung 15 mg tar dan 1 mg nikotin, kini menjadi 11 mg tar dan 0.9 nikotin. Termasuk terhitung rendah untuk ukuran mild kretek single filtration.
  3. Semangat I CHOOSE I LIVE yang ingin dibawa oleh Wismilak Diplomat Mild seakan menyatu dengan semangat follow your passion yang ingin dibawa oleh penyampaian iklannya. Wismilak Diplomat Mild memiliki target pasar 18-30 tahun yang berusaha mencari passion sejatinya dan pada akhirnya bisa memilih sesuai apa yang dikehendakinya. Dalam hal ini ditunjang dengan kemasan yang stylish serta lebih muda.
Nah itu dia merupakan alasan mengapa Diplomat Mild hadir di pasaran perokokan Indonesia. Sebelumnya saya ingin mereview rokok ini mulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga sendiri rokok ini ditawarkan dengan harga Rp. 13.000 (cukai 11.850) dengan kuantitas isi 16 batang. Cukup murah untuk sebuah rokok mild yang saat ini dipatok berkisar diatas 14 ribu. Untuk harga sendiri saya beri nilai 9.2 dari 10.

Kemudian kita review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar hitam, silver, dan putih sebagai latar dari kemasan itu sendiri. Kemasan rokok ini menggunakan pattern mirip dengan cube yang menghadap kanan atas dengan total garis 5 buah yang bila digabung mencapai 15 garis per elemen dengan adanya garis atas yang menghadap kiri atas, garis kedua yang menghadap kiri bawah dan garis terakhir menghadap lurus layaknya jajaran genjang. Pattern ini sangat bisa dirasakan mengingat embossnya cukup tinggi. Kemudian adanya dua objek trapesium yang seperti layaknya trapesium yang menghadap kiri dimana pada objek pertamanya menggunakan warna abu-abu gelap sebagai latar disusul dengan adanya trapesium kedua dengan latar garis disertai dengan strokes abu-abu muda cukup membuat saya tertarik dengan kemasan ini. Garis pada trapesium kedua memiliki pattern yang khas dalam warna hitam sebagai latar dan emboss yang tersedia sangat baik. Adanya tulisan Diplomat dengan model klasik disertai garis dibawah tulisan plomat dan tulisan mild yang menggunakan font modern yang mampu menarik saya. Adanya logo Wismilak serta tulisan A WISMILAK PREMIUM MILD KRETEK dapat disimpulkan bahwa rokok ini terhitung sebagai rokok premium buatan Wismilak, walaupun secara harga tidak premium. Bagian belakang kemasan memiliki model yang sama dengan kemasan depan. Terdapat OPP bertuliskan SMOOTH AROMATIC sebagai blend yang digunakan pada rokok ini. Pada kemasan kali ini terdapat plastik cellophane dimana bagian depannya terdapan tulisan JOIN #PROJECTPASSION @ WWW.PASSIONVILLE.ID dan dibelakang kemasan terdapat gambar sebagaimana gambar berikut namun dalam bentuk cellophane


Sumber: www.passionville.id

Dalam hal ini pada desain belakang dari cellophane rokok ini menutupi kemasan belakang sehingga mampu memberikan kesan promosi yang jarang ditawarkan rokok di Indonesia. Penutup ini memang jarang mengingat tidak terlalu banyak pabrikan rokok yang memberikan promosinya di bungkus rokok secara langsung dikarenakan regulasi yang ada membuat pabrikan rokok tidak bisa memberikan sponsorship secara langsung kepada sebuah acara. Sangat menarik dan sangat menjual. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada kemasan dalam dari rokok ini terlihat memiliki inner frame berbentuk keatas dengan adanya curve khas. Pada inner frame ini berbentuk kotak dengan adanya latar pattern yang sama dengan kemasan depan dan adanya tulisan MORE PASSION RICHER TASTE yang menjelaskan rasa baru dari rokok ini. Foil pada rokok ini terdapat logo SMOOTH AROMATIC dengan motif latar pattern yang sama dengan rokok pada umumnya.

Kemudian kita buka foilnya dengan seksama


Kuantitas dari rokok ini ialah 16 batang dengan susunan 8 di depan dan 8 di belakang. Sama saja dengan mild pada umumnya.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan mild pada umumnya. Pada bagian tipping paper dari rokok ini, terdapat batasan bertuliskan mild dan Diplomat yang dibatasi dengan garis merah dimana tulisannya berwarna emas. Perforasi yang digunakan pada rokok ini ialah dua baris dengan jarak lubang yang sangat dekat satu sama lain untuk menciptakan kesan smooth penuh aroma.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini memiliki karakter aromatik dan spicy yang cukup smooth ketika dimulai bakaran awal. Intensitas spicynya cukup kuat, dalam hal ini saus yang digunakan berbasis liquorice berpadu dengan sedikit sensasi fermented yang sangat khas. Memiliki aroma yang smooth namun aromatik dalam hal ini cukup terasa sensasi nutty khas Tembakau Oriental yang ingin dijual dari rokok ini namun tetap mewarisi kelembutan dari Tembakau Virginia. Sedikit fruity dengan adanya rasa leci yang ditambahkan pada saus rokok ini. Tarikannya sangat smooth, namun cenderung kurang begitu mantap walaupun rasanya memang enak menurut saya pribadi. Sangat sedikit memiliki throat hit bahkan cenderung tidak ada, harshness saya tidak rasakan pada rokok ini. Cenderung kurang kuat rasa manisnya walaupun a hint of sweetnessnya cukup terasa ketika ditarik rokok ini. Blendnya sangat smooth, bahkan menurut saya pribadi ini termasuk lembut secara rasa untuk ukuran rokok harga 13 ribu. Aromanya sangat lembut, walaupun tidak begitu kuat tetapi cukup nikmat secara rasa. Sangat pleasant, bahkan menurut saya pas secara rasa. Durasi bakar cukup baik, walaupun saya rasa mild ini lebih cepat dibandingkan mild lain dikarenakan kadar tar rokok ini hanya 11 mg sehingga cukup cepat secara bakaran. Memiliki aftertaste yang menurut saya pleasant dengan sensasi nutty yang kuat, tanpa adanya sensasi kering di tenggorokan. Saya cukup merekomendasikannya dan menurut saya cukup enak secara rasa. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.4 dari 10. 

KESIMPULAN

Dengan harga yang sangat terjangkau, kemasan yang menurut saya keren, serta rasa yang pleasant, rokok ini seakan memberi alternatif bagi anda penikmat rokok dibawah 15 ribu yang menginginkan sensasi smooth yang lebih namun tetap berkarakter khas. Namun kelemahan rokok ini ialah bagi yang menginginkan sensasi lebih mantap dan rasa yang lebih powerful, saya kurang begitu merekomendasikannya dikarenakan rokok ini terhitung enteng dibandingkan mild merek lain. Untuk distribusi sendiri bagi kemasan versi ini hanya tersedia di Indomaret saja, namun untuk kemasan biasa yang tanpa ada embel promosi maka di minimarket umumnya tersedia. Namun untuk di warung sendiri di kawasan Depok cenderung tidak ada sama sekali, bahkan paling minim saya harus ke Alfamart untuk mendapat rokok ini. Overall rokok ini cukup memuaskan saya, walaupun secara rasa terhitung enteng. Untuk total saya beri nilai 8.83 dari 10. Sangat baik untuk ukuran rokok dengan harga murah seperti ini. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. abaikan komentar ini. hanya untuk memancing pengguna mobile saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milday udah discotinued bang? tapi saya lihat dipasaran rokoknya udah nggak diproduksi lagi dipasaran kalau Wismilak cuman adanya Diplomat Original doang apalagi produk Wismilak yang lain

      Hapus