Esse Pop Berry Mint, SKM LTLN Regular Pertama dari Esse dengan Berrymint Capsule

Selamat malam,

Agak lama saya tidak menuliskan blog ini dikarenakan beberapa hal. Salah satunya ialah saya sudah dihadapkan dengan kesibukan yang sudah saya temui seminggu kedepan dan dalam hal ini saya juga akan memberitahu bahwa Review Rokok sebenarnya pada bulan ini berulang tahun yang pertamanya (Adminpun baru ngeh dalam hal ini). Maklum saya membuat blog ini hanya ditujukan kepada perokok ataupun non perokok yang membutuhkan referensi dalam hal produk rokok untuk bisa dilihat dan diimajinasikan rasanya tanpa perlu mencoba banyak merek rokok.

Hari ini sebenarnya merupakan hari spesial admin, dimana setelah lama admin diberi harapan palsu mengenai Esse Pop yang iklannya sudah beredar pada awal Agustus 2016 pada minggu ini mulai tersedia di Indomaret di salah satu kawasan di Depok. Kejadiannya cukup heran, dimana admin saat itu mendapat informasi dari akun Instagram seseorang. Namun ketika saya melihat postingan dari seseorang tersebut, terlihat jelas adanya Esse Pop dengan embel-embel BERRY POP namun admin awalnya tidak yakin, karena selama ini Esse Mild family menggunakan elemen kotak sebagai pembeda dengan Esse versi SPM. Ketika hari ini saya ingin membeli Signature Mild, saya belakangan melihat adanya Esse Pop di etalase rokok tersebut. Seketika juga admin akhirnya membeli rokok tersebut dan sang kasir kemudian bertanya

"Mau beli berapa?"

Kemudian admin menjawab satu saja untuk produk ini. Sejujurnya saya memang sudah niat dua minggu belakangan ini untuk membeli produk ini. Namun apadaya, baru didapat hari ini saja sudah bersyukur kegirangan. Teman admin pun kaget dengan hal ini dimana penantian admin yang admin curahkan ke dia soal produk ini akhirnya terwujud juga. 

(Cerita awal ini bersifat random)

Daripada admin bercerita terus, lebih baik saya memberitahu mengapa Esse Pop mulai masuk pada akhir Agustus ini namun teasernya sudah dilakukan sejak awal Agustus lalu diantaranya sebagai berikut

  1. Esse, dalam hal ini Esse Mild family bisa dikatakan sebagai salah satu brand yang berkembang dikarenakan inovasinya yang membuat perbedaan dengan merek rokok mild lainnya. Beberapa keluarga Esse Mild diantaranya Esse Mild dan Esse Mild Menthol menawarkan inovasi dual filter (khusus Esse Mild dengan charcoal) serta untuk Esse Mild Menthol dengan rasa Bubblemint, Esse Change dengan Applemint capsule yang menyegarkan, dan Esse Sense serta Esse Sense Menthol yang menawarkan rasa mantap mild namun dengan inovasi less smell serta ash care yang membuat abu cenderung terbuang sempurna dan baik secara pembakaran. Dalam hal ini, Esse Pop selaku salah satu keluarga dari Esse Mild ditujukan bagi perokok SKM LTLN regular yang menginginkan rasa berbeda di dalam satu batang rokok. Dalam hal ini dengan adanya fitur Berrymint capsule, Esse Pop menawarkan sensasi yang berbeda sekali dibandingkan kompetitor dengan harga yang cukup terjangkau.
  2. Kemunculan Esse Pop sebenarnya sudah dimulai pada awal Agustus lalu. Kampanye awalnya ialah COMING SOON WITH POP! dengan adanya orang berkepala disko berwarna ungu serta adanya peringatan cukup mampu  menyiratkan produk ini memiliki fitur kapsul yang belakangan mulai diterapkan di Indonesia. Kemudian di beberapa toko sudah dipasang adanya kampanye PLAY POP! 2in1 dengan adanya orang berkepala disko berwarna ungu yang sedang menjadi DJ sangat mampu membuat banyak orang penasaran akan rokok ini. Dikarenakan animonya sudah tinggi, maka pada akhir Agustus ini Esse Pop akhirnya hadir untuk menjawab penasaran orang akan iklan yang sudah tersebar baik berupa poster maupun media POS yang ada di beberapa minimarket.
  3. Adanya kapsul berry (dalam hal ini blueberry) disertai dengan adanya unsur mint memberikan napas baru bagi dunia rokok di Indonesia yang belakangan hanya bermain kepada sektor SKM LTLN regular dengan taste yang bisa dikatakan biasa saja atau penurunan dari varian full flavor. Dalam hal ini, dengan adanya Esse Pop mampu memberikan diferensiasi dalam hal jenis rokok mild di Indonesia dimana jarang sekali pemain yang berani menjual rokok jenis ini dikarenakan kemungkinan riset dan produksi akan lebih tinggi secara uang dibanding jenis regular. Dengan adanya sokongan dari KT&G, Mandiri Maha Mulia (salah satu group dari Trisakti Purwosari Makmur) yang memang afiliasi dari KT&G mampu berinovasi lebih jauh dikarenakan KT&G memang mempunyai flavorist tersendiri dalam hal inovasi rasa pada rokok yang dimana bahan bakunya diimpor dari Korea Selatan. Kuat sekali filter rokok (atau kapsulnya) ini diimpor dari Korea Selatan dikarenakan fasilitas KT&G di Korea sana sudah sangat mumpuni untuk memproduksi berbagai varian rasa dalam bentuk kapsul.
Itulah alasan mengapa Esse Pop mulai hadir di Indonesia pada akhir Agustus ini. Sebelumnya saya ingin mereview rokok ini mulai harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan harga Rp 16.000 (beberapa toko menjualnya dengan harga 15.000, cukai 14.000) dengan kuantitas isi 16 batang batang. Sangat mirip dengan SKM LTLN mild pada umumnya. Untuk harga sendiri saya memberi nilai 8 dari 10.

Kemudian kita bisa lihat kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini bisa dibilang memiliki warna dasar putih disertai unsur ungu serta biru dan pada tulisan bawah berwarna silver. Agak berbeda dengan kemasan Esse Mild family pada umumnya yang menggunakan pattern kotak pada bagian samping, kemasan ini menggunakan concentric circles yang sangat bertekstur ketika dipegang. Dalam hal ini, logo Esse berupa hologram E berwarna silver, bila terkena cahaya akan berubah warna menjadi keemasan. Tulisan ESSE menggunakan font serif yang sudah menjadi ciri khas dari produk ini, dengan adanya tulisan POP berwarna ungu dengan huruf O bermodel Ø namun tulisannya menghadap ke kiri sebagai lambang kapsulnya disertai lingkaran kecil pada bagian tengahnya. Objek tulisan ESSE POP terletak pada kotak berwarna silver disertai adanya stroke khas tanpa efek emboss. Pada bagian tengah concentric circles terdapat sebuah lingkaran berbentuk O dengan adanya gradasi biru dan ungu. Biru sendiri melambangkan Esse Mild dengan ukuran regular serta ungu melambangkan Berry yang ingin dijual dari rokok ini. Pada bagian kiri atas kemasan, terdapat bola dengan efek hologram berwarna ungu yang melambangkan Berrymint capsule yang ingin dijual rokok ini dengan efek sinar berwarna ungu. Hal yang berbeda dengan keluarga Esse Mild pada umumnya ialah adanya isi 16 BATANG dengan garis pemisah, dimana disamping kiri garis pemisah terdapat tulisan jenis rokok berupa SKM yang sangat mudah untuk dilihat. Adanya tulisan KRETEK CIGARETTE dibawahnya disertai tulisan BERRY MINT CAPSULE. Objek 16 Batang dan pelengkapnya ada di depan dan belakang kemasan. Pada bagian belakang kemasan terdapat penjelasan transisi dalam bentuk siklus dari kanan atas ke kanan bawah, yakni perubahan dari KRETEK FLAVOR lalu di CLICK! kemudian berubah rasa menjadi BERRYMINT FLAVOR dengan adanya bantuan garis panah sirkular gradasi. Bagian samping, atas dan bawah kemasan tidak ada yang spesial. Bentuk kemasan ialah flip-top dengan model yang sama saja dengan mild pada umumnya. Cukup menarik untuk dilihat, untuk kemasan saya beri nilai 8.4 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Tekstur pada kemasan ini cukup glossy dan sangat licin ketika dipegang. Telihat jelas pada bagian dalam kemasan ialah berwarna putih dengan adanya foil berwarna ungu kebiruan dengan adanya logo POP yang menegaskan nama rokok ini. Karena ini bukan rokok menthol maka kita bisa buka foilnya.

Kemudian kita buka foilnya dengan seksama


Terlihat jelas isi rokok ini ialah 16 batang dengan susunan 8 batang di bagian depan dan 8 batang di bagian belakang. Batang rokok ini berwarna putih. Pada salah satu batang rokok yang saya dapatkan terlihat jelas adanya tulisan BERRY POP yang menjelaskan fitur utama dari rokok ini.


Dapat kita lihat bahwa panjang dan diameter dari rokok ini sama saja dengan ukuran dari SKM LTLN Regular dimana batangnya cenderung gemuk namun tetap slim. Pada bagian pembatas tipping paper dari rokok ini terdapat tulisan ESSE dengan garis pembatas berwarna ungu. Dalam hal ini diatas pembatas terdapat objek tempat kapsul diklik berupa >O< dengan arah cenderung ke kiri atas berwarna ungu. Dapat disiratkan kapsul rokok ini merupakan campuran dari Blueberry dengan mint. Adanya tulisan BERRY POP mampu menjelaskan fitur utama dari rokok ini yakni adanya kapsul yang bisa di-pop. Perforasi pada rokok ini berjumlah tiga baris dengan jarak lubang yang berdekatan satu sama lain. 

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Ketika dibakar, rokok ini memiliki karakter khas mild berbasis tembakau Virginia yang smooth dalam hal hisapan. Rasa manis pada rokok ini memiliki intensitas yang cukup tinggi, dimana karakter mild khas Esse sangat terasa pada rokok ini. Ketika belum diklik, rokok ini memiliki karakter spicy yang hampir tidak ada, namun disertai dengan unsur sweet-fermented yang sangat khas. Agaknya rasa rokok ini mengingatkan dengan Sampoerna A Mild namun dengan sensasi yang agak sedikit berbeda. Tarikannya sangat halus, bahkan cenderung nikmat ketika belum diklik. Dikarenakan kadar tar rokok ini ialah 15 mg, rokok ini sedikit lebih berat dibandingkan keluarga Esse Mild lainnya, namun dengan intensitas yang normal.

Cara mengeklik kapsul ini ialah pegang terlebih dahulu jari jempol dan telunjuk pada bagian klik dari kemasan seperti dibawah ini.


Kemudian setelah dipegang bisa dihancurkan kapsulnya dengan menekan kapsul yang terletak pada bagian bawah filter dekat batasan tipping paper. Ini agak berbeda dengan Esse Change yang letak kapsulnya di tengah filter. Sangat disarankan pada bagian seperempat atau ditengah bakaran.


Ketika awal diklik, rokok ini hanya terasa rasa berry-nya pada awal hisapan setelah diklik. Namun rasa mint mulai muncul pada bakaran kedua dan seterusnya setelah diklik. Rasa berry-nya sangat manis, dalam hal ini ditunjang dengan blend Esse Mild yang manis ketika tanpa diklik. Intensitas mint pada rokok ini cenderung soft namun cukup dingin di mulut dan tenggorokan. Namun dibandingkan dengan Esse Change masih lebih dingin Esse Change. Intensitas rasa berry (dalam hal ini Blueberry) sangat terasa, dalam artian adanya unsur fruity dan sedikit sensasi sour namun disertai rasa manis segar sangat terasa. Dalam artian fitur yang dijual sebenarnya bukan pada rasa mintnya, melainkan pada rasa berry (dalam hal ini Blueberry). Agak mirip dengan Mentos rasa buah, namun dengan intensitas mint yang rendah. Ketika bakaran rokok ini habis, meninggalkan aftertaste berry yang masih terasa terutama di tenggorokan. Saya cukup suka dan menurut saya sangat unik. Namun yang saya kecewakan ialah rasa mintnya yang tidak begitu kuat bahkan cenderung melemah pada akhir bakaran mendekati batasan tipping paper. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.4 dari 10.

KESIMPULAN

Bagi anda pencinta rokok mild yang menginginkan sensasi unik, rokok ini sangat saya rekomendasikan terutama bagi anda yang suka mengeksplor hal yang bersifat kekinian. Dengan kemasannya yang keren, harga yang lumayan terjangkau serta rasa yang unik sangat membuat saya merekomendasikannya untuk tongkrongan. Namun kelemahan rokok ini pada saat ini ialah distribusinya yang belum merata ke seluruh minimarket dan supermarket serta sangat susah (bahkan tidak ada) untuk ditemui di warung serta bagi anda yang berharap rasa mint pada rokok ini kuat, maka saya kurang merekomendasikannya. Overall saya cukup puas dengan rokok ini, yang jelas untuk rokok ini saya beri nilai 8.3 dari 10. Artinya bagi yang ingin sensasi berbeda, silahkan coba saja.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

53 Komentar

  1. Min, boleh minta contoh foto iklannya nggak? Hehehe di jogja belum ada nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada twitter atau ask fm nggak? kalo ada tanya atau mention aja biar saya bales. kemungkinan saya baru bisa post hari sabtu. atau saya coba kirim email deh kalo mas ada h e h e

      Hapus
  2. Makasih banyak mas reviewnya, saya nunggu ini banget parah wkwkwk!

    BalasHapus
  3. Wuah, makasih banyak atas reviewnya Min. Udah penasaran banget sama ni rokok. Iklannya dima-mana. eh, pas nyobain ternyata ngga mengecewakan rasanya. Lembut, rasanya mantap, apalagi abis di klik, unik banget, seger. udah gitu harganya juga pas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama masbro, memang enak banget ini rokok. pas buat ane pribadi h e h e h e

      Hapus
  4. Review rokok mevius mas ..
    Kalo kta ane sih gak sedap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah yang original, emang rasanya sampis banget gan. menang mahal doangan. yang agak enak yang lights cuman tetep aja enakan halim bahkan dengan harga super murah e h e h e h e

      Hapus
  5. Wah jadi pingin coba nih

    Btw blom ada nih di surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal pabriknya deket banget lho dengan surabaya (pasuruan)

      btw disana produk esse distribusinya kuat? seharusnya dari minggu lalu sudah mulai ada. coba sering-sering lihat belakang kasir aja

      Hapus
  6. Balasan
    1. ditunggu saja di awal oktober mas.. hehe

      Hapus
    2. iya mas . saya dapet pas foto prawed di jakarta dkasih temen ternyata enak pas cari di bandung eh ora ono mas tau gitu saya stock . wkwkwkwk

      Hapus
    3. kayaknya ada orang KT&G yang ngebales komennya ehehehe......

      tunggu aja mas, paling minim bulan depan paling max nggak jelas kapan eheheh tapi pasti masuk kok

      Hapus
  7. gan review rokok sobranie coctail dong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom akan berminat review itu, karena dia jenisnya impor bukan rokok yang dijual di pasaran Indonesia langsung. kecuali kalo dibeliin ehehehe

      Hapus
  8. Ini rokok emank unik..hargany jg terjangkau drpd samild..ini jelas ok banget!! W jg nanti kl dia ada pop dngar rasa fruity yg beda,, spt strawberry dsb.

    BalasHapus
  9. unik nih rokok rasanya kayak permen karet gan ������

    BalasHapus
  10. TIDAK Ada Di Kawasan Indra GIRI Hulu,Riau

    BalasHapus
  11. wahh...itu produk dr tempat saya kerja hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, saya beli 1 slop dongg, saya tinggal di malang, bisa ndak? Wkwk, dimalang soalnya ngga ada saya keliling cari2

      Hapus
  12. wahh...itu produk dr tempat saya kerja hehehee...

    BalasHapus
  13. sy penasaran ada info surabaya-sidoarjo susah cari berry pop sy keliling indomart alfamrt alfamidi blom ada yg jualan.. ada info surabaya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibogor banyak gan :3 malah di pajang di alfamart di meja kasirnya :3 ,

      Hapus
  14. Ane dapet esse pop dari temen yang baru balik dari Jakarta dan enak. Tapi susah banget nyari di Bandung gan, padahal pengen nyobain beli. Semua mini market di Bandung belum nerima barangnya. ��

    BalasHapus
  15. Kalo daerah bandung beli dimana ya gan ?

    BalasHapus
  16. Untuk daerah Bandung, coba cek di Alfamidi untuk minimarketnya.
    Ada juga di outlet MMI (Modern Market Independent) seperti, Dago 34 Baru, Dago 34 Lama, Fresh Mart Dago, Mitra MM Geger Kalong, dll

    BalasHapus
  17. Di jogja belom ada ya gan? Saya cari di indomaret sama alfamart belom ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane jg org jogja jg gan...cari rokok satu ini butuh perjuangan..di minimarket udah mulai jual tp pas ane beli ehhh penjualnya maaf kosong mas...zonk
      Coba di warung sembako yg komplit...ane beli d situ

      Hapus
  18. enakan mana camel sama esse bery pop dari segi rasa buahnya ?

    BalasHapus
  19. minta info sales/distributor area medan donk. kebetulan saya pemilik mini market yg lagi nge trend saat ini dan mau ambil byk rokok esse. thanks

    BalasHapus
  20. Hallo min, bereypop ini masuknya ke roko mint atau mentol ? Denger" mentol kan berbahaya tuh trmh kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo capsulenya tidak di klik/ pencet rokok ini ngga ada mint/mentholnya, jadi regular LTLN/ kretek mild biasa.
      Setelah di klik/ pencet capsulenya, rokok ini ngasih rasa BerryMint seperti yang tertera pada bungkus rokoknya.

      Hapus
    2. Berarti fixnya mint ya bukan mentol, ok makasih semuanya

      Hapus
  21. Udah 5 hari gua nyoba esse pop dan akhirnya enak juga dan terus menerus beli esse pop ada rasanya..mantapp dah

    BalasHapus
  22. Udah 5 hari gua nyoba esse pop dan akhirnya enak juga dan terus menerus beli esse pop ada rasanya..mantapp dah

    BalasHapus
  23. Min, click mild ini blm masuk wilayah sumatra ya ? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kok. kalo kata pengikut setia di padang udah masuk katanya.

      Hapus
  24. Sip gan review rokok, esse berry pop bikin ketagihan, tarikan lembut, rasanya manis, rekomendasi banget ni

    BalasHapus
  25. Menyediakan stock pruduk esse +6287788693079

    BalasHapus
  26. Menyediakan stock pruduk esse +6287788693079

    BalasHapus
  27. Menyediakan stock pruduk esse +6287788693079

    BalasHapus
  28. Setelah pakek rokok ini saya relatif lebih sering mual
    Lebih enak esse shuffle pop

    BalasHapus
  29. Maaf gan kta tmn klo terlalu sering bisa bikin mandul. Bener ga gan mohon jawabanya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Basically, semua rokok bakal ngebuat resiko mandul ada. Cuman untuk produk menthol racunnya 2x lebih mudah diserap ketimbang rokok biasa. Selama konsumsinya normal2 saja nggak terlalu kok. Jangan lupa imbangi dengan pola makan sehat serta olahraga

      Hapus
  30. Throat hitnya lumayan kerasa tp semua reviewnya saya setuju..
    Nice review gan👍

    BalasHapus
  31. Gan produk rokok esse sudah saya cobain semuanya hanya satu yang tidak saya suka yaitu esse mild yang warna merah rasanya tidak enak sudah begitu berat lagi kalau di hisap,paling enak esse hanny yang kuning itu rokok belum di hisap tercium aroma nyengat banget seperti rokok malboro setelah di bakar memang terasa seperti malboro+terasa mint nya ( seperti esse mild warna biru tetasa malboro nya )

    BalasHapus