Esse Gold, SPM Superslims dengan Kemasan Elegan dan Stylish

Selamat sore,

Sepertinya admin baru sempat membuat postingan pada kali ini. Bisa dibilang postingan ini merupakan postingan pertama saya setelah saya membenahi masalah template dan menambahkan elemen pada tata letak blog. Mungkin bagi anda yang belum terbiasa akan sedikit lebih susah mengingat anehnya di template yang sekarang, ketika membuka lewat handphone dan tidak ada komentar sama sekali maka anda tidak bisa mengkomentari postingan ini. Berhubung bulan ini adalah Bulan Agustus, maka Review Rokok akan merayakan ulang tahun pertamanya tepat tanggal 15 Agustus nanti. 

Dikarenakan permintaan yang banyak akan review rokok Esse berbagai jenis, maka admin berusaha memenuhinya namun dalam waktu yang berbeda. Dalam hal ini saya mencoba mereview rokok yang masuk pada akhiran 2014 yakni Esse Gold (atau lazim disebut dengan Esse Special Gold). Esse Gold sendiri pada dasarnya merupakan produk lini SPM dari Esse di Indonesia, bersamaan dengan Esse Golden Leaf, Esse Blue dan Esse Menthol. Dalam hal ini, semua produk SPM dari Esse sudah dibuat di Indonesia mulai tahun 2013 dimana PT Mandiri Maha Mulia (merupakan anak perusahaan dari KT&G) memiliki line SKM dan SPM yang terletak pada satu lahan produksi. Agak jarang soalnya mengingat pada umumnya perusahaan rokok multinasional memiliki lini SKM dan SPM yang diproduksi di pabrik berbeda. 

Ada beberapa alasan mengapa Esse Gold mulai diluncurkan sekitar akhir 2014 (atau 2015, saya lupa) diantaranya sebagai berikut:
  1. Esse Gold dan produk SPM Esse pada umumnya menyasar kepada wanita usia 18-30 tahun yang menginginkan kesan stylish namun dengan rasa yang tidak berat serta memiliki kesan feminim yang lebih dibandingkan rokok berjenis King Size. Dalam hal ini, tren superslims di Dunia bisa dikatakan sangat berkembang, terutama di kawasan Asia Timur dan Eropa. Beberapa produk yang menjadi unggulan di kelas ini diantaranya Vogue, Pianissimo, Virginia S., dan beberapa merek lainnya. Tren ini juga membuat merek rokok global ikut membuat versi superslimsnya, beberapa diantaranya ialah Marlboro Micro Beyond, Pall Mall Superslims, dan Dunhill Nanocut. Dapat dikatakan bahwa dengan ikut andilnya merek rokok global membuat versi superslimsnya maka segmen ini bisa dikatakan sangat berkembang dimana hampir semua negara memiliki rokok dengan versi superslims.
  2. Dikarenakan Esse merupakan market leader dalam rokok superslims, dan segmen perokok superslims yang makin meningkat membuat KT&G Indonesia mencoba meluncurkan versi superslims premiumnya dengan harga yang lebih mahal namun tetap terjangkau. Esse Gold terhitung lebih mahal dibanding Esse Blue & Menthol namun lebih murah dibanding produk super premium buatan Esse yakni Esse Golden Leaf dengan tingkatan grade tembakau yang lebih tinggi.
  3. Segmen SPM superslims bisa dibilang tidak ada pemain sama sekali untuk di Indonesia, dalam hal ini segmen SKM superslims lah yang saat ini berkembang sama sekali di Indonesia. Dalam hal ini juga KT&G Indonesia berusaha menawarkan portofolio produk Esse lebih banyak dengan harapan perokok dewasa memiliki pilihan yang lebih dan juga meningkatkan brand awareness terhadap merek Esse itu sendiri.
Oke, daripada kelamaan mending saya coba mereview rokok ini dengan seksama. Dimulai dari harga, harga rokok ini ialah Rp. 19.500 (cukai 20.000) dengan kuantitas isi 20 batang. Cukup mahal untuk ukuran rokok superslims berjenis SPM. Untuk harga saya memberi nilai 6.5 dari 10.

Kemudian kita review kemasannya dengan seksama







Kemasannya bisa dibilang sangat simpel namun elegan. Pada bagian depan dan belakang terdapat logo hologram Esse dengan warna dasar emas, dalam hal ini letak hologram berbentuk kotak tersebut diatas tulisan ESSE yang berwarna coklat tua. Warna dasar kemasan ini ialah emas, dalam hal ini ditunjang dengan warna coklat. Pada persegi panjang berwarna coklat tua terdapat tulisan ESSE GOLD dengan warna tulisan emas dan jarak antar karakter yang agak berjauhan. Bagian depan kemasan pada bagian bawahnya terdapat tulisan A CLASS FILTER CIGARETTES dalam hal ini bermakna rokok ini masuk kedalam golongan kelas A. Golongan kelas A sendiri merupakan ukuran yang dipakai oleh jenis rokok SPM dalam hal ini masuk kedalam rokok berjenis kecil dan memiliki ukuran tidak lebih dari 3 pound per 100. Bagian belakang kemasan terdapat tulisan AMERICAN BLEND yang dalam artian blend rokok ini menggunakan bahan baku yang sama dengan American Blend jenis king size. Hal yang bisa dijumpai pada rokok produksi KT&G Group ialah penempatan tulisan jenis sigaret terletak di bagian kanan serta kiri kemasan, dalam hal ini tulisan SPM terletak pada bagian depan di bawah kanan kemasan serta di bagian belakang kemasan terletak di kiri bawah. Pada bagian samping kemasan yang tertutup dengan pita cukai bertuliskan 20 yang menunjukan kuantitas dari rokok ini. Sangat simpel namun memberi kesan yang mewah. Untuk kemasan saya memberi nilai 8.6 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Terlihat jelas pada bagian dalam kemasan semuanya berwarna dasar emas layaknya kemasan luarnya. Pada bagian foil terdapat logo KT&G disertai penjelasan Korea Tomorrow & Global dengan basis warna foil berwarna emas. Tekstur foil memiliki dot yang sangat bertekstur ketika dipegang. Dalam artian foil pada rokok ini memiliki basis yang sama dengan produk Esse lainnya.

Kemudian kita coba robek foilnya dengan seksama


Terlihat jelas pada bagian batang rokok berwarna putih. Dalam hal ini susunan batang rokoknya ialah 10 di bagian depan dan 10 di bagian belakang. Dalam hal ini, susunan sama dengan produk Esse pada umumnya. 

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki diameter yang kecil serta panjang yang lebih khas rokok superslims. Dalam hal ini, pada bagian batasan tipping papernya bertuliskan ESSE dengan warna emas yang glossy disertai objek berwarna emas yang glossy. Terdapat tulisan GOLD yang mengarah kesamping dengan tingkat glossy yang sama. Perforasi yang ada pada rokok ini ialah empat baris, dalam hal ini jarak lubangnya sangat berdekatan satu sama lain. Dalam hal ini, perforasi dilakukan untuk menciptakan kesan smooth dan rasa yang enteng.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini bisa dibilang sangat tergambar karakter tembakau Virginia yang disertai dengan sensasi khas tembakau Oriental yang khas aromanya namun tidak seintens tembakau Virginianya. Agak sedikit menusuk pada tenggorokan khas rokok American Blend, namun cenderung cukup rendah dibandingkan jenis King Size. Aromanya sangat lembut, namun kurang kuat pada rasanya. Dalam hal ini memiliki sedikit harshness yang terasa namun cenderung tertutupi dengan karakter Virginia yang lembut. Cenderung hambar, namun tidak sehambar yang saya gambarkan pertama kali membeli rokok ini. Dengan kadar tar yang hanya 3,5 mg, rokok ini menawarkan rasa yang cukup nikmat walaupun agak kurang dapat feel-nya. Ketika ditarik, rokok ini menawarkan tarikan yang cukup nge-hit namun tidak seintens American Blend pada umumnya. Namun karena rokok ini lebih banyak menggunakan tembakau recon (atau dalam bahasa Indonesia ialah tembakau rekonstitusi dalam artian debu tembakau dikumpulkan dalam satu kertas khusus) yang berfungsi mengurangi penggunaan tembakau asli, maka saya rokok ini agak kurang alamiah. Agak sedikit menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, dalam hal ini kurang saya sukai dibanding SPM American Blend Regular. Durasi bakar menurut saya sangat cepat dibanding jenis SPM pada umumnya, dan hal ini membuat saya kurang merekomendasikannya bagi anda perokok SPM yang ingin beralih ke rokok ini. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 7.8 dari 10.

KESIMPULAN

Bagi anda yang sekedar menjadi social smokers, rokok ini saya bisa rekomendasikan dalam artian rokok ini sangat tepat untuk pergaulan kelas menengah atas dimana saya bisa rekomendasikannya dengan segelas wine ataupun champagne. Namun untuk konsumsi sehari-hari, saya kurang merekomendasikannya mengingat harganya yang mahal serta durasi bakar yang cepat serta bagi beberapa orang merasa rokok ini tidak memiliki rasa sama sekali. Jadi saya sendiri tidak begitu merekomendasikannya untuk penggunaan sehari-hari, namun cocok bagi anda yang ingin mencoba rokok namun dengan aroma yang tidak seintens jenis SPM pada umumnya serta menginginkan kesan stylish dan elegan ketika membawanya. Overall saya memberi nilai rokok ini 7.63 dari 10. Nilai jual rokok ini ialah pada kemasannya, namun secara harga dan rasa kurang begitu saya rekomendasikannya.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Are you paying over $5 per pack of cigarettes? I buy my cigarettes at Duty Free Depot and I'm saving over 50%.

    BalasHapus
  2. minta info sales/distributor area medan donk. kebetulan saya pemilik mini market yg lagi nge trend saat ini dan mau ambil byk rokok esse. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita jual di tokopedia dan bukalapak gan,, tokonnya fajri barokah

      Hapus