Camel White Limited Edition 2016, Edisi Terbatas Camel bertema Colors Edition

Selamat malam,

(Berhubung sekarang ini sudah masuk ke dalam bulan puasa, maka admin memutuskan untuk tidak mereview dalam waktu dekat. Review ini dan 2 review lainnya yang akan di pos pada waktu lain sebenarnya sudah direview sekitar dua minggu-seminggu lalu namun baru bisa diposting sekarang, dalam hal ini admin saat ini memutuskan untuk tetap di Lucky Strike Mild beberapa waktu mengingat saya belum mendapat rokok yang menarik untuk direview. Jadi, bila anda ingin request, sepertinya anda salah waktu)

Kali ini saya akan mereview rokok yang sepertinya pada akhir Mei masuk pasaran Indonesia yaitu Camel White Limited Edition (dalam hal ini Colors Edition) yang sepertinya baru diterapkan pada tahun ini. Sepertinya saya kaget ketika saya berniat membeli rokok lain di tempat yang sama dengan Camel Black yang dulu saya review. Untuk kejadian ini sepertinya saya membeli pulsa Bolt! dalam hal ini langsung membeli paket internet.

Oh iya, saya akan memberitahu mengapa Camel menjual edisi terbatasnya mulai bulan Mei diantaranya

  1. Brand awareness Camel di Indonesia sepertinya mulai menguat semenjak diluncurkannya varian Purple Mint. Camel bisa dibilang menawarkan blend yang sama dengan Marlboro namun dengan harga yang sedikit lebih murah. Walaupun produk ini diimport dari Malaysia, tetapi secara harga rokok ini bisa dibilang sedikit lebih murah, kira-kira perbedaannya antara 1000-1500 lebih murah dibandingkan Marlboro. Camel menjadi alternatif perokok Marlboro yang notabenenya kelas menengah keatas namun merasa harga Marlboro semakin mahal. 
  2. Adanya percobaan Color Edition di Indonesia dengan model yang sedikit berbeda merupakan penerapan pertama rokok dengan kemasan yang berbeda dalam rokok SPM (A Motion sudah mencoba hal tersebut dengan varian warna berbeda ketika kita mendorong plastiknya keluar). Bisa dibilang Camel ingin menerapkan hal yang bersifat creative yang tema global rokok ini beberapa tahun terakhir.
  3. Adanya keinginan Camel untuk menambah penjualannya dan menguatkan posisinya dalam rokok SPM di Indonesia. Dengan kemasan yang unik dan berbeda, rokok ini mempunyai daya tarik lebih dengan warna yang lebih muda dan stylish.
Oh iya, untuk di Indonesia, edisi ini dijual dalam lima warna yaitu kuning, pink, biru, orange, dan hijau muda dengan warna yang cenderung terang ketika dilihat dengan mata. Marilah kita review rokok ini mulai dari harganya. Untuk harga rokok ini ketika saya beli ialah Rp. 19.500 (cukai 18.600) dengan isi 20 batang. Untuk harga rokok ini saya beri nilai 6.5 dari 10.

Karena saya mendapat yang berwarna orange, maka saya akan mereview kemasan yang orange dengan seksama







Kemasannya bisa dibilang sangat kreatif dan mampu menunjukan kesan adanya kreativitas yang ingin dijual dari Camel pada umumnya. Terdapat warna basic putih dan adanya unsur checkboard yang berisi logo Camel dengan adanya outline abu-abu dengan style logo yang berbeda dengan biasanya. Tulisan Camel dan logo unta Camel kebetulan saya mendapat yang warna kuning dengan intensitas warna sangat glowing. Adanya penempatan tulisan WHITE dibawah tulisan Camel menandakan adanya perubahan kemasan dibanding kemasan sebelumnya. Untuk kemasan baru sudah diterapkan pada jenis White biasa. Dengan warna orange yang sangat terlihat dan adanya pattern logo Camel sangat menarik perhatian untuk membeli rokok ini. Pada bagian belakang kemasan terdapat deskripsi yang menyimpulkan semangat yang ingin dibawa rokok ini yaitu CREATIVE STYLE dan adanya rasa yang smooth pada rokok ini. Pada bagian samping kemasan, tulisan Camel juga tertera dengan warna basic yang sama dengan kemasan depan dan belakang. Sangat menjual, unik dan kreatif. Namun entah mengapa saya lebih suka yang versi hitam ketimbang versi ini. Untuk kemasan saya beri nilai 9.1 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Terlihat jelas adanya hinge lid yang berwarna silver serta adanya foil berlogo Camel dengan tulisan WHITE. Teksturnya sama dengan Camel pada umumnya.

Kemudian kita coba robek foilnya dengan seksama


Terlihat jelas adanya unsur batang rokok yang sama dengan Camel White. Dalam hal ini terlihat jelas adanya penggunaan perforasi berbentuk garis yang tidak terlalu terlihat kasat mata.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Terlihat jelas adanya unsur logo Camel beserta garis silver pada bagian tipping papernya. Dalam hal ini, perforasi pada rokok ini ialah satu baris dengan adanya bentuk strip untuk menciptakan rasa yang lebih lembut dan enteng. Panjang dan diameter sama dengan rokok king size American Blend pada umumnya.

Kemudian kita coba rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini menurut saya cenderung lebih rich tobacco dan lebih harshness ketimbang Marlboro Lights. Tarikannya kurang begitu menusuk dibanding Marlboro Lights, cenderung memiliki rasa yang lebih hambar dibanding Marlboro Lights. Bisa dibilang rokok ini kurang memiliki karakter cocoa dibanding rokok American Blend lainnya, namun dengan rasa tembakau yang lebih berasa. Aromanya bisa dibilang sama dengan Marlboro, dengan adanya karakter tembakau Turkish yang strong yang menjadi daya jual dari rokok ini. Namun kelemahan rokok ini ialah durasi bakar yang cenderung lebih cepat dibanding Marlboro Lights mengingat kadar tar rokok ini hanya 8mg. Cukup enak, namun saya cenderung biasa saja dengan rokok ini. Rasa khas rokok putih sangat bisa tergambar pada rokok ini. Untuk rasa saya beri nilai 7.8 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa menjadi alternatif anda yang menginginkan tarikan khas Marlboro Lights lama yang saat ini semenjak mengganti kemasannya banyak komplain di blog ini. Dengan kemasannya yang cukup unik serta adanya harga yang lebih murah membuat rokok ini bisa menjadi pilihan untuk dikoleksi. Kelemahan rokok ini terletak pada distribusinya yang belum merata pada kemasan ini, mengingat stok cukai 2016 produk JTI belum tersebar secara merata. Overall saya memberi nilai 7.8 dari 10 untuk rokok ini. Cukup menarik, namun karena saya bukan penyuka rokok putih maka saya hanya bisa memberi nilai 7.8 pada rasanya.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Are you paying more than $5 / pack of cigs? I buy my cigarettes over at Duty Free Depot and this saves me over 50%.

    BalasHapus