Jazy Mild isi 12 Batang, Rokok Mild Pertama dari Nojorono dalam Segmen Value

Selamat malam, 

Kali ini saya akan membuat review mengenai rokok yang baru saja masuk kawasan Jabodetabek, yaitu Jazy Mild. Sejujurnya saya seharusnya memposting review ini pada hari Senin kemarin, namun saya terkendala dengan banyaknya tugas yang harus saya kerjakan.

Pada review kali ini, saya mendapat rokok ini di sebuah warung di kawasan Jakarta. Ketika saya mencoba untuk membeli versi 16, namun karena katanya laku rokok ini pada akhirnya saya harus berganti warung dan untung saja, warung yang lain menyediakan rokok ini dalam versi 12 batang yang saat ini sedang dipromosikan.

Ada beberapa alasan mengapa Nojorono, dalam hal ini  dibuat oleh anak perusahaannya yaitu PT Nikki Super Tobacco Indonesia mulai diluncurkan pada bulan Mei 2016 ini diantaranya:

  1. Segmen rokok mild value memiliki pertumbuhan yang sangat tinggi. Dalam hal ini, pemimpin pasar segmen value di Indonesia ialah U Mild buatan Sampoerna. Dalam hal ini, Nojorono berusaha memperluas market mereka dalam rokok jenis SKM LTLN dengan meluncurkan Jazy Mild pada bulan April 2013 di beberapa daerah diantaranya Kota Pontianak, Binjai, dan beberapa kota dengan pertumbuhan ekonomi menengah di Indonesia sebagai pasar percobaan dari rokok ini. 
  2. Karena rokok ini cukup laku di beberapa kota, maka Nojorono berusaha meluncurkan rokok ini dengan harapan segmen SKM LTLN mereka naik secara signifikan. Produk Clas Mild isi 12 Batang dirasa kurang cukup dalam hal menambah omset dari Nojorono sendiri. Maka Nojorono berusaha merelaunch rokok ini di beberapa kota di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi tinggi namun banyak orang kelas menengah kebawah pada Mei 2016 ini.
  3. Dalam hal ini, Jazy Mild memang ditunjukan untuk segmen menengah kebawah yang menginginkan kualitas mild yang prima dengan harga yang sangat murah. Dengan diluncurkan rokok ini, diharapkan perokok mild bisa mendapat pilihan yang lebih murah dalam hal harga, dalam hal ini ditujukan kepada perokok A Mild 12 namun tidak sanggup membeli rokok dengan harga 12.000.
Baiklah, saya akan mereview rokok ini mulai dari harga. Rokok ini memiliki harga Rp. 9000 (cukai 7.650) dengan kuantitas isi 12 Batang. Sepertinya untuk kemasan 16 batang akan berbeda harga sekitar 3000 atau 4000 lebih mahal tergantung dari toko. Untuk harga saya beri nilai 10 dari 10.

Kemudian kita review secara kemasan terlebih dahulu







Kemasan rokok ini sangatlah simpel namun sangat menarik serta berjiwa muda sesuai target dari rokok ini. Telihat jelas terdapat font Jazy dengan adanya gradien merah menuju merah tua. Dalam hal ini, terdapat bubble khas dari rokok ini yaitu bubble utama (J) kemudian disusul dengan adanya bubble (a) (z) (Y) yang mengarah ke kiri atas dengan warna dasar abu-abu. Dalam hal ini, tulisan MILD pada rokok ini ditulis dengan tulisan kapital. Pada penulisan batang rokok menggunakan font berwarna silver dengan adanya pembatas berupa garis. Pada bagian belakang kemasan terdapat deskripsi dalam bubble yang mampu menjelaskan adanya perbedaan rokok ini dengan rokok mild pada umumnya dan diciptakan untuk kepuasan merokok yang berbeda. Kemasan rokok ini sangat berjiwa muda. Adanya tulisan 12 dengan lingkaran SIGARET KRETEK MESIN sangat menegaskan rokok ini masuk kedalam segmen SKM. Produk ini diproduksi oleh PT N.S.T.I yang merupakan akronim dari Nikki Super Tobacco Indonesia, dalam hal ini produk ini masih satu keluarga dengan Nikki Super yang menjadi andalan Nojorono dalam hal SKM Full Flavor. Sangat menarik untuk dilihat kemasannya, dan sangat mencerminkan segmen yang ingin dijual dari rokok ini. Untuk kemasan rokok ini saya beri nilai 8.6 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya terlebih dahulu


Kemasan rokok ini sangat mudah dibuka dan pita cukai tidak robek sama sekali. Pada bagian hinge lid rokok ini berwarna putih dengan tekstur glossy serta foil yang memiliki warna silver dengan adanya unsur lingkaran yang mampu menggambarkan unsur bubble yang ingin dijual rokok ini. Terdapat tulisan Jazy yang mampu mencerminkan rokok ini.

Kemudian kita coba membuka foil dari rokok tersebut


Terlihat jelas isi rokok ini ialah 12 batang dengan susunan 6 di depan dan 6 di belakang. Dalam hal ini dapat dikatakan rokok ini merupakan Clas Mild 12 dengan harga lebih murah dan kadar tar yang lebih rendah.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Rokok ini memiliki diameter dan panjang yang sama dengan mild pada umumnya. Pada bagian tipping paper terdapat batasan rokok berbentuk line berwarna silver yang glossy dengan adanya logo Jazy dengan adanya unsur lingkaran tiga perempat. Perforasi rokok ini ialah tiga baris, dengan jarak lubang yang berdekatan satu sama lain. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan rasa rokok yang lebih smooth.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama



Rasa rokok ini cenderung lembut dan ringan untuk dihisap. Menurut saya pribadi yang senang dengan rokok mild, kadar kemanisan rokok ini sangatlah pas. Dengan adanya tiga perforasi yang terdapat pada rokok ini mampu menciptakan rasa lembut yang pas walaupun dengan harga yang sangat murah. Memiliki karakter tembakau virginia yang hampir sedikit sama dengan Clas Mild, namun dengan intensitas yang lebih ringan. Dengan kadar tar yang lebih rendah, yaitu 12 mg, rokok ini dirasa saya sangat enteng namun cenderung membuat tidak nyaman tenggorokan. Bahkan saya kadang tidak mendapatkan rasa yang mantap saat menghisap rokok ini. Hal ini sangat lumrah mengingat rokok ini menggunakan bahan baku dengan grade lebih rendah untuk menciptakan harga murah. Bahkan saya menjadi batuk karena menghisap rokok ini. Tarikan rokok ini bisa dibilang lumayan untuk rokok mild menengah kebawah, namun jujur saya kurang cocok dengan rokok ini walaupun secara rasa cukup baik. Durasi bakar rokok ini cukup cepat, karena kadar tar rokok ini lebih rendah dibanding mild biasa yang memiliki kadar 14 mg. Bagi anda yang terbiasa rokok Envio Mild ataupun keluarga mild murah buatan Djarum (Access, Nuu, Ten, Relax, Geo, Polo, Urban, dan merek lainnya) maka mungkin akan merasakan hal yang berbeda dengan saya pribadi yang umumnya mengonsumsi rokok mild menengah keatas. Untuk rasa saya beri 7.5 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini sangatlah pas bagi anda yang menginginkan rasa mild namun dengan harga yang lebih murah. Dengan kemasan rokok ini yang menarik dan berjiwa muda serta harga yang sangat murah membuat rokok ini sangat saya rekomendasikan terutama bagi anda yang menginginkan rokok dengan citarasa agak sedikit mirip Clas Mild. Namun distribusi rokok ini bisa dibilang belum mencapai minimarket, hanya terdapat di warung dan toko kelontong saja. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.7 dari 10. Rokok ini jelas memiliki kekuatan pada harga, namun secara rasa saya kurang suka.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , ,

CONVERSATION

1 komentar:

  1. MAKASIH ATAS REVIEWNYA, BERI REVIEW LAGI YA,,, SAMA ROKOK BRAND NOJORONO YANG LAIN

    BalasHapus