GG Mild, Mild dengan Rasa Khas Gudang Garam dan Rasa yang Fruity

Selamat malam,

Kali ini saya akan mengepos rokok yang baru saja mendapat treatment dalam hal penyajian komunikasinya yang menjadi muda. Sebelumnya saya akan berikan alasan mengapa saya tertarik membeli rokok ini. Bisa dibilang saya sebenarnya ingin mencoba rokok yang kebetulan teman saya suka. Namanya ialah Norman. Dia merupakan fanatik dari produk rokok ini. Kebetulan saya coba iseng-iseng nanya mengapa dia suka rokok ini. Dan dia memberi alasan singkat mengapa dia suka sekali dengan rokok ini.

"Murah, dan rasanya enak. Pas sih di kantong gue."

Karena kebetulan di salah satu minimarket juga sedang promo beli GG Mild + Korek dengan harga 20.000 maka kebetulan saya ingin mencoba rokok revolusioner dari Gudang Garam, dengan spirit blend khas Gudang Garam namun dengan style yang lebih muda. Sepertinya belum cukup apabila kita belum membahas mengapa Gudang Garam meluncurkan GG Mild pada April 2013 diantaranya


  1. Gudang Garam tidak cukup dalam mengandalkan Surya Professional Mild untuk meningkatkan market sharenya dalam pangsa SKM LTLN. Bisa dibilang tren rokok mild saat ini sudah mampu membuat pabrikan rokok yang dulunya tidak bermain pada pasar rokok ini dan akhirnya ikut serta dalam hal mewarnai pasar rokok mild. Dengan adanya riset pasar yang cukup matang, blend yang mantap khas Gudang Garam serta dengan kemasan yang menarik dan harga yang murah, GG Mild mampu mewarnai pangsa pasar rokok mild dengan karakter khas Gudang Garam namun dengan style yang lebih modern
  2. Pasar rokok mild dengan blend selain berbasis tembakau Virginia dan Madura bisa dibilang jarang pemain. Gudang Garam mencoba mengaplikasikan blend khasnya yang diterapkan pada Gudang Garam International dengan karakter muda yang ingin dijual pada rokok ini. Bisa dibilang Gudang Garam ingin merebut pangsa pasar rokok mild dengan gayanya yang berbeda dengan rokok mild pada umumnya.
  3. Karena penjualan GG Mild bisa dibilang kurang dibanding Surya Pro Mild dan ingin merebut pangsa pasar menengah keatas, maka pada bulan Februari 2016, GG Mild mencoba merelaunch rokok ini dengan slogan terbaru yaitu "Style Of New Generation" dengan pendekatan desain berbasis hand drawing dan basis warna merah, putih dan abu-abu. GG Mild ingin mencoba mereformulasikan bentuk komunikasinya dengan harapan penjualan rokok ini bisa naik secara signifikan terutama untuk pangsa pasar usia 18-30 tahun yang menjadi target utamanya dengan spirit jiwa muda dan dinamis serta stylish.
Baiklah sepertinya itu merupakan alasan mengapa GG Mild mencoba merelaunch rokoknya pada Februari 2016. Sepertinya kurang lengkap bila saya tidak membuat review dari rokok tersebut. Untuk harga dari rokok ini ialah Rp. 14.600 (cukai 16.000) dengan isi 16 batang. Cukup murah untuk rokok dengan style kemasan yang bisa dibilang stylish dan menarik. Untuk harga saya beri nilai 8.5 dari 10. Kemudian kita coba review secara kemasannya






Kemasannya bisa dibilang sangat modern dan juga stylish. Pattern dasar rokok ini ialah adanya unsur garis emboss dengan panjang yang hampir memenuhi kemasan. Unsur garis juga terdapat pada bagian G lapisan abu-abu dengan motif melengkung yang menyertai logo G. Warna dasar rokok ini ialah putih dan merah, dengan tulisan GG MILD yang cukup shiny ketika dilihat. Pattern garis ini mengingatkan saya pada kemasan Gudang Garam International, karena secara blend cukup mirip namun dengan karakter GG Mild yang lebih modern dan muda. Pada bagian samping kemasan juga terdapat pattern garis dengan tulisan GG Mild dan juga ada pada bagian diatas larangan jual. Pada bagian atas kemasan terdapat logo Gudang Garam berbentuk diamond dengan warna silver yang menyimpulkan rokok ini merupakan rokok produksi Gudang Garam. Tulisan PREMIUM CIGARETTES pada bagian belakang kemasan cukup menyiratkan produk ini merupakan produk mild premium dari Gudang Garam (Walaupun ada Gudang Garam Signature Mild yang pangsa pasarnya super premium karena benar-benar menerapkan blend dasar Gudang Garam yang cukup mahal dalam hal tembakau). Sangat menarik menurut saya pribadi, dan mampu menarik pembeli untuk membeli rokok ini. Untuk kemasan saya beri nilai 8.7 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya

Hinge lid pada rokok ini memiliki model keatas layaknya rokok keluaran terbaru, dan untuk di Gudang Garam merupakan aplikasi pertama dalam penggunaan hinge lid keatas. Foil pada rokok ini memiliki pattern bergaris emboss dengan adanya tulisan GG dan ketika dipegang cukup glossy. Agak berbeda dengan rokok keluaran Gudang Garam lainnya. Cukup menarik menurut saya pribadi.

Kemudian kita coba tarik foil rokoknya

Terlihat jelas pada bagian batang warna dasarnya ialah putih. Susunan batang rokok ini ialah 8 di depan dan 8 di belakang, khas rokok mild pada umumnya.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama
Cukup terlihat warna base tipping paper rokok ini ialah putih dengan motif yang sangat simpel dan modern. Logo GG dan tulisan MILD terlihat sangat shiny ketika dilihat dengan mata. Jumlah perforasi rokok ini ialah dua baris, dengan adanya perforasi yang cukup dekat, namun lebih jauh dibanding rokok mild umumnya.

Kemudian kita coba rokoknya dengan seksama
Rasa rokok ini bisa dibilang dominan dengan rasa fruity dengan unsur spicy di awal bakaran khas Gudang Garam. Terlihat jelas pada rasa rokoknya terdapat penggunaan saus berbasis buah berry yang cukup terasa pada lidah. Rasa manisnya bisa dibilang lebih dibanding mild lain, namun dengan intensitas manis yang pas. Rasa manis rokok ini mengingatkan saya kepada rokok full flavor, namun dengan rasa manis yang kurang dibanding rokok full flavor. Tarikannya sangat mantap menurut saya pribadi, blend rokok ini bisa dibilang sangat balance dalam hal penggunaan tembakau dan cengkehnya. Tidak ngehit dalam hal tarikan, bahkan bisa dibilang sangat smooth. Rasa tembakaunya cukup terasa ketika ditarik, dengan adanya sensasi fruity yang ingin dijual rokok ini. Durasi bakar bisa dibilang pas, tidak cepat namun tidak lambat. Saya sangat menikmati rokok ini, dan saya cukup jatuh cinta dengan rasa fruity yang tidak ditawarkan rokok mild lain. Untuk rasa saya memberi nilai 8.7 dari 10.

KESIMPULAN
Rokok ini bisa menjadi alternatif bagi perokok mild yang menginginkan rasa berbeda dengan harga yang terjangkau di kantong. Dengan kemasan yang modern dan rasa yang fruity membuat rokok ini memiliki nilai jual lebih dibanding rokok mild lainnya. Kelemahan rokok ini ialah bagi anda yang tidak suka manis sekali, maka mungkin akan memicu mual. Tapi overall saya sangat menikmati rokok ini. Secara distribusi sudah baik, namun beberapa warung tidak menjual rokok ini dengan alasan rokok ini jarang pembeli. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.6 dari 10. Sangat baik untuk rokok mild dengan harga murah. Kemungkinan besar rokok ini akan menjadi rokok favorit saya kedua setelah Magnum Blue.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , ,

CONVERSATION

7 komentar:

  1. wah.. keren ulasannya. koleksi masbro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ga koleksi bang, kalo saya koleksi pasti bungkus rokoknya ga saya buang. ini saya buang semua bahkan kalo sudah habis. saya cuman tukang review doang, bukan pengkoleksi rokok

      Hapus
  2. Mampir om :v rokok ane juga ni.... rasa pas.... harga pas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14.000 harga resminya, dan rasanya pas

      Hapus
  3. Wah sama persis ma ane gan.
    opsi 1 Magnum Blue
    opsi 2 clasmild *alternatif: GG Mild
    dan yg ente tulis bener2 menggambarkan apa yg ane rasakan waktu nyobain rokok2 tersebut gan.
    98% accurate review gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. w e h e h e sepertinya ane musti ngangkat agan jadi admin, mengingat sense ente cukup sama dengan ane dalam mengecap rasa rokok.

      untuk saat ini Magnum Blue masih jadi pilihan terbaik untuk ane, tapi second option belakangan ane lebih seneng ke signature mild. selain rasanya lebih bold, harganya juga hitungannya murah untuk isi 16. tapi ane udah seminggu ini lebih suka beli Marlboro Filter Black, karena terhitung lebih murah namun dengan waktu bakar lebih awet dan lebih hemat, bisa 3 hari baru habis

      Hapus