GG Mild Shiver, Rokok Mild dengan Menthol Thread Pertama dari Gudang Garam

Selamat pagi,

Kali ini saya akan membahas mengenai rokok yang diluncurkan pada Agustus 2014 ini yaitu GG Mild Shiver. Saya mereview rokok ini karena salah satu teman saya, yaitu Jason sangat senang belakangan dengan rokok ini. Dia memberikan alasan berikut kepada saya mengapa dia belakangan suka dengan rokok ini

"Harganya murah, dan rasa dinginnya pas banget"

Jason ini merupakan salah satu inspirator saya dalam hal mereview rokok ini. Bisa dibilang dia pernah magang di salah satu industri tembakau terbesar di Indonesia, dimana dia menghandle salah satu brand global yang reviewnya pernah masuk dalam blog ini. Dia bisa dibilang cukup paham dengan kualitas sebuah rokok, yang pada akhirnya memilih GG Shiver karena mutunya yang bisa dibilang sangat baik dengan harga yang murah.

Oh iya, saya akan beberkan mengapa Gudang Garam meluncurkan rokok dengan menthol thread ini diantaranya

  1. Pemain rokok mild menthol bisa dibilang kurang memiliki diferensiasi dalam hal pengaplikasian mentholnya. Umumnya rokok mild menthol mengaplikasikan mentholnya dengan dua cara yaitu dengan mencampur lelehan menthol crystal kepada blend dari rokok dan ada beberapa brand yang mengaplikasikannya dengan melapisi foil pada rokok dengan lelehan menthol crystal dimana metode ini bisa dibilang merupakan cara yang paling efisien dalam hal rokok mild dimana tidak perlu membuat blend baru untuk rokok menthol. Gudang Garam mencoba mendobrak hal tersebut dengan mengaplikasikan mentholnya dengan sebuah benang (filamen) khusus yang sudah diwarnai dan dilapisi dengan lelehan menthol crystal. Biasanya pabrikan rokok yang jarang menggunakan teknologi membeli filternya lewat pihak ketiga. Di Indonesia pemain utama pembuat filter inovatif ialah Essentra.
  2. Pasar rokok mild menthol bisa dibilang sangat berkembang mengingat adanya perpaduan rasa spicy khas kretek dengan rasa menthol yang menyegarkan. Bisa dibilang hampir semua pabrikan rokok membuat rokok mentholnya dengan alasan ini.
  3. Gudang Garam sepertinya ingin membuat dobrakan dalam hal teknologi, mengingat pabrikan ini umumnya bermain kepada hal yang tradisional secara pembuatan rokoknya (tradisional ini dalam artian kurang dalam hal inovasi, mild pun untuk saat ini hampir masuk kedalam pembuatan rokok tradisional secara inovasi).
  4. Pasar rokok menthol thread bisa dibilang sangat berkembang secara global setelah capsule filter dan superslims. Beberapa pabrikan rokok global membuat versi menthol threadnya dengan alasan teknologi ini baru berkembang beberapa tahun belakangan (bahkan bisa dibilang baru karena mekanisasi sudah benar-benar berjalan). Gudang Garam ingin ikut serta dalam hal tren rokok menthol thread secara global dengan adanya GG Mild Shiver.
Oh iya, lebih baik saya akan mereview rokok ini dengan seksama. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 14.600 (cukai 16.000) dengan isi 16 batang. Bisa dibilang harganya murah untuk sebuah rokok menthol. Untuk harga saya beri nilai 8.5 dari 10.

Kemudian kita bisa lihat kemasannya sebagai berikut






Kemasannya berbasis hijau tua kebiruan dengan adanya unsur putih yang cukup dominan. Adanya unsur cahaya yang disertai garis mampu menggambarkan fitur menthol thread yang mampu menciptakan rasa menthol yang terus menerus. Logo Menthol Thread pada rokok ini mampu menggambarkan fitur yang ada pada rokok ini. Desain secara kemasan sangat modern dan dinamis, dimana desain pada rokok ini cukup kekinian. Logo GG terpotong secara setengah mengingat adanya PHW tidak bisa menampilkan logo GG secara keseluruhan. Adanya tulisah SHIVER pada rokok ini mampu menggambarkan karakteristik dari rokok ini yaitu "dingin" serta di bagian belakang terdapat deskripsi bagaimana karakteristik fitur dari rokok ini. tulisan 16 MILD MENTHOL KRETEK cukup bisa menggambarkan rokok ini sebagai mild menthol dengan teknologi yang berbeda dengan biasanya. Sangat trendy, bahkan cenderung bisa dibawa saat berpesta. Untuk kemasan saya beri nilai 8.8 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya

Model kemasan pada rokok ini memiliki hinge lid keatas khas rokok modern dengan adanya warna dominan hijau tua kebiruan. Pada foil rokok tersebut terdapat tulisan GG dengan adanya garis yang sepertinya melambangkan thread yang terdapat pada rokok ini. Bisa dibilang sangat bisa menggambarkan. Karena ini merupakan rokok menthol (walaupun aplikasi mentholnya bukan di foil) maka saya tidak bisa merobeknya. Susunan batang rokok ini ialah 8 di depan dan 8 di belakang.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya 

Secara desain, rokok ini memiliki diameter dan panjang yang sama dengan rokok mild umumnya. Kertas yang digunakan memiliki model yang sama dengan rokok mild umumnya. Secara desain tipping paper bisa dibilang sangat sederhana dengan adanya efek shiny pada tulisan GG dan SHIVER berwarna hijau tua kebiruan. Jumlah perforasi pada rokok ini ialah dua baris dengan jarak yang sedikit lebih jauh dibanding rokok mild umumnya.

Fitur Menthol Thread saya bisa jelaskan dengan adanya gambar berikut

Terlihat jelas pada rokok ini terdapat titik berwarna hijau yang menggambarkan adanya thread pada rokok ini. Titik hijau ini merupakan menthol thread, yaitu pengaplikasian rokok menthol dengan menanamkan filamen yang sudah diresapi dengan menthol crystal. Dengan adanya menthol thread, efisiensi pada blend dan pengaplikasian menthol menjadi lebih efisien dan tidak perlu dilakukan langsung oleh pabrikan. Pihak ketiga dari pabrikan rokok bisa mengaplikasikannya menggunakan mesin khusus.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama
Sensasi pada rokok ini mulai dari hisapan awal cukup dingin, namun dengan intensitas yang normal dibanding LA Ice. Efek menthol sangat terasa dan ngehit pada tenggorokan berkat adanya aplikasi menthol thread yang menerapkan efek mentholnya untuk rasa lebih dingin. Cukup fruity, manisnya bisa dibilang pas, dan efek spicy kurang terasa pada rokok ini. Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini tidak memiliki efek mendinginkan, namun cenderung dingin di tenggorokan karena aplikasi menthol thread berkerja lokal. Ada sensasi khas blend Gudang Garam yang cukup terasa namun tidak sebanyak rasa mentholnya. Bisa dibilang unsur peppermint cukup terasa, namun tidak sampai fase peppermint-barley seperti rokok ice lainnya. Rasa mentholnya sangat konstan, maka saya sangat senang dengan rasanya. Bakarannya cukup lambat, dan tidak secepat A Mild Menthol. Dengan harga yang murah, rasa mentholnya cenderung nikmat dan saya merekomendasikannya. Untuk rasa saya beri nilai 8.5 dari 10.

KESIMPULAN
Rokok ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang secara finansial tidak cukup untuk membeli rokok mild menthol namun menginginkan teknologi yang berbeda. Saya cukup merekomendasikannya bagi anda yang menginginkan sesuatu yang beda pada rokok mild menthol. Overall saya memberi nilai 8.6 dari 10. Sangat saya rekomendasikan, bahkan ini salah satu rokok kesukaan saya. Untuk rokok mild menthol dengan harga murah, ini pilihan terbaik.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya atau ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , ,

CONVERSATION

10 komentar:

  1. mantap bro, shiverian juga gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap, lanjutkan. udah banyak orang yang demen rokok ini. ane kalo pengen menthol kadang ini bro

      Hapus
  2. review surya exlclusive blm ad yah

    BalasHapus
  3. kalo gg shiver sama LA menthol atau sampoerna menthol enak mana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas GG Shiver, mild menthol dinginnya kurang gitu nampol dibanding ini

      Hapus
  4. Nyoba 2 rokok, GG Shiver sama Diplomat mild menthol memang sama2 adem walaupun kenyataanya dinginan si diplomat . Cuma lebih pintar wismilak kayak nya klo mild menthol gitu daripada Gudang Garam

    BalasHapus
  5. ekonomis, dan aroma asapnya user friendly (baunya tidak menyengat) sudah hampir setahun lebih jadi andalan mengarungi planet bumi.

    BalasHapus
  6. harga yang relatif murah untuk rokok mild menthol. desain menarik dan rasa yang nikmat.

    BalasHapus