Esse Change Limited Edition 2016, Kemasan dengan Freshnel Lens PET Pertama di Indonesia

Selamat sore,

Kali ini admin akan mereview rokok yang sebelumnya saya review yaitu Esse Change yang pada bulan April ini meluncurkan limited editionnya yang bisa dibilang sangat keren dan inovatif untuk pasaran Indonesia. Sebelumnya saya akan sedikit bercerita mengapa saya bisa mendapat barang ini. Ketika malam saya sengaja ingin pergi ke Indomaret di kawasan Depok dan seharusnya saya hanya membeli Pepsi Blue saja sebagai teman merokok Magnum Blue. Namun ketika saya mengecheck etalase rokok dan kemudian saya meminta Esse Change kepada mbak-mbak kasirnya. Dan itulah cerita singkatnya yang sebenarnya kurang penting.

Oh iya, sepertinya saya akan memberitahu alasan mengapa Esse Change meluncurkan kemasan edisi terbatasnya pada bulan ini dan sejatinya akan masuk pasaran pada bulan Mei diantaranya

  1. Esse Change bisa dibilang penjualannya sangat baik mengingat banyak orang yang mencari alternatif dari A Flava yang sudah tidak diproduksi dengan rasa yang berbeda yaitu adanya rasa apple hijau berpadu dengan mint yang segar. Bisa dibilang banyak teman saya yang suka dengan rokok ini mengingat rasa kliknya sangat inovatif dan batang rokok yang superslim sehingga memunculkan kesan modern.
  2. Esse Change, terutama keluarga Esse Mild selalu memberikan hal yang inovatif bagi perokoknya dimana inovasi ini tidak hanya dalam kemasan, melainkan juga ditanamkan teknologi dalam filter serta rasanya yang berbeda. Dengan kadar tar 12mg, bisa dibilang Esse merupakan rokok kretek superslims dengan kadar tar terendah di Indonesia berkat adanya inovasi yang ditanamkan pada rokoknya.
  3. Esse sebagai brand yang modern dan dinamis ingin menunjukan kedinamisan tersebut lewat kemasan berbasis freshnel lens PET yang belum pernah ditawarkan oleh merek rokok lain. Karena saya duga kemasan ini diimport dari Korea, maka sejatinya Esse ingin membawa antusias yang sama di Korea agar orang Indonesia bisa merasakan adanya unsur global pada kemasan ini.
Ok, saya enaknya akan membuat review dari rokok ini dengan seksama. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 17.800 (cukai 18.000) yang menurut saya lebih mahal dibanding saya beli pada bulan Februari dengan harga 16.500. Kelihatannya harga naik ini karena kenaikan cukai dari penjualan rokok setiap bulannya. Untuk harga saya beri nilai 7 dari 10.

Kemudian kita review kemasannya dengan seksama






Kemasannya bisa dibilang sangat dinamis dan keren. Dengan adanya efek mirroring yang diterapkan pada bagian depan dan belakang kemasan membuat kemasan rokok ini sangat keren. Adanya unsur transparan pada box APPLEMINT CAPSULE serta tulisan Limited Edition pada rokok ini cukup meyakinkan saya bahwa rokok  ini merupakan edisi terbatas dari Esse Change. Adanya efek mirroring khas kaca cembung berwarna silver bisa dibilang karena freshnel lens PET diterapkan pada kemasan limited edition kali ini sehingga efek lens cembung bisa terlihat dari rokok ini. Agak mirip lensa fisheye, namun efek mirroring sangat kecil. Dengan adanya unsur lingkaran yang menyertai cukup bisa memberikan efek dinamis yang ingin dijual serta adanya penekanan capsule berbentuk lingkaran. Warna biru tua dengan adanya efek shiny bisa dibilang sangat mampu menggambarkan kesan modern yang ingin dijual dari rokok ini. Selebihnya hampir mirip dengan kemasan yang saya review, namun cenderung lebih modern dan keren secara estetika. Untuk kemasan saya beri nilai 9.5 dari 10.

Kemudian kita buka plastiknya dan kemasannya terlebih dahulu

Foil pada rokok ini bisa dibilang sama saja dengan kemasan biasa. Namun ada perbedaan pada bagian dalam dimana dulu berwarna putih pada kemasan ini berwarna silver dengan adanya penjelasan penggunaan dari rokok ini. Bisa dibilang sangat informatif.

Kemudian kita coba tarik foilnya dengan seksama

Tidak ada perubahan signifikan pada kemasan ini dengan kemasan biasa. Susunan batang rokok ini ialah 10 depan dan 10 belakang. 

Kemudian kita coba lihat bagaimana batang rokoknya

Batang rokok ini memiliki diameter dan panjang yang sama dengan Esse Change biasa, dengan jumlah perforasi sebanyak tiga baris. Bisa dibilang letak kapsul pada rokok sama saja dengan kemasan biasa. Dan tidak ada perubahan secara signifikan.

Kemudian kita coba review rokoknya dengan seksama

Rasa rokok ini mirip dengan Sampoerna Avolution dengan rasa yang menurut saya lebih manis. Cukup lembut untuk dihisap, namun tak sebaik Avolution. Blendnya cukup balance, dan menurut saya pada kondisi saya saat ini bisa dibilang cukup menikmati. Tapi yang ingin merasakan sensasi ala Avolution bisa dicoba. Karena ada tombol kapsul maka kita bisa coba klik dengan seksama.


Ketika diklik, rokok ini berubah rasa menjadi sensasi segar applemint yang ingin dijual di rokok ini. Sepertinya indera perasa saya sedang baik sehingga mampu menangkap rasa applemint yang lebih terasa. Saya merasakan pada kali ini cenderung memiliki rasa manis khas apel hijau dengan adanya kesegaran khas dari peppermint dengan adanya rasa yang menurut saya sangat fruity. Namun kelemahan pada rokok ini ialah durasi bakarnya yang menurut saya cukup cepat. Untuk rasa saya beri nilai 8.5 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa dibilang sebagai salah satu alternatif A Flava dengan rasa yang menurut saya sangat menyegarkan. Kemasannya yang menurut estetika saya sangat menarik, dan sepertinya akan laku di pasaran. Karena kemasan ini sangat inovatif maka saya sangat sarankan untuk mengkoleksi kemasan rokok ini. Namun kelemahan yang terbesar ialah distribusinya yang belum menjangkau ke semua toko, harganya yang menurut saya cukup mahal, dan adanya durasi bakar yang lebih cepat dibanding rokok lain. Overall saya beri nilai pada rokok ini ialah 8.3 dari 10. Bisa dibilang kemasan ini sangat menarik saya untuk membeli rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya atau ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar