Dunhill Fine Cut Mild isi 16, Pilihan Bijak bagi Pencinta Rokok Mild harga Menengah

Selamat sore,

Admin kali ini ingin mereview mengenai produk mild yang saat ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Yaitu Dunhill Fine Cut Mild (atau lazim disebut dengan Dunhill Mild atau juga Dunhill Putih (merujuk kepada kemasannya berbasis putih)). Sebelumnya saya ingin memberi tahu mengapa Dunhill meluncurkan versi 16 batang dari rokok ini, diantaranya


  1. Dunhill Fine Cut Mild penjualannya sangat meningkat dari awal peluncurannya yaitu Maret 2012. Konsumen pertama kali langsung membeli dikarenakan keunggulannya yaitu isi 20 batang yang pada saat itu belum ada pemainnya sama sekali (Surya Signature pada saat itu juga menawarkan mild dengan isi 20 namun kita tidak bisa hitung sebagai saingan mengingat penjualan rokok ini semakin merosot bahkan 2013 sudah dihentikan produksinya untuk pasar lokal) dan hal tersebut mampu menarik minat pencinta rokok mild (terutama Sampoerna Mild) untuk pindah ke merek lain. 
  2. Karena demand yang semakin besar, Dunhill pada saat itu belum bisa menarik massa yang masih menginginkan rokok mild isi 16. Maka pada April atau May 2014, Dunhill meluncurkan Dunhill Mild isi 16 dengan harga promo 14.000 untuk menarik massa pengguna rokok A Mild ataupun pengguna rokok mild kelas menengah agar bisa mencoba produk ini.
  3. Alasan ini bisa diterima, mengingat pada sebuah data internal perusahaan rokok menunjukan Dunhill Mild pada saat ini menduduki posisi keempat penjualan rokok mild terbanyak di Indonesia (posisi pertama adalah A Mild, kedua U Mild, dan ketiga Clas Mild). Namun tiga kompetitor tersebut tidak punya versi 20 batangnya sehingga untuk pasar mild isi 20 batang saat ini dipegang oleh Dunhill Mild.
Nah itulah beberapa alasan mengapa Dunhill meluncurkan Dunhill Mild isi 16. Sebelumnya kita review harga dari rokok tersebut. Harga rokok tersebut pada saat saya beli ialah Rp. 15.300 (anggaplah kita bulatkan jadi 15.000) dengan isi 16 batang. Secara hitungan Dunhill Mild lebih murah dibandingkan kompetitor (dalam hal ini A Mild dan Clas Mild) dengan kadar tar dan nikotin yang hampir mirip. Kalau kita anggap saat ini Clas Mild seharga 17.000 dan A Mild pada saat ini berharga 18.000-19.000 maka Dunhill menang telak dengan kuantitas yang sama. Untuk harga saya beri nilai 8 dari 10.

Kemudian kita coba lihat kemasannya dengan seksama







Dari kemasannya kita lihat bahwa Dunhill menggunakan pattern khas Dunhill Fine Cut yaitu adanya beberapa garis emboss dengan adanya semacam sayatan yang berwarna merah dan adanya latar tulisan Dunhill berwarna abu-abu dengan curve yang menggambarkan potongan dari tembakau. Untuk di Indonesia, penggunaan sayatan berwarna merah dan latar abu-abu hanya dikhususkan kepada line kretek dari Dunhill (Dunhill Mild dan Dunhill Filter). Kemasannya cukup enak saya genggam, terlihat solid dan kemasan khas Dunhill yaitu hexagonal shapes diterapkan pada rokok ini. Tulisan 16 BATANG pada bagian depan rokok cukup menegaskan rokok ini berisi 16 batang. Untuk kemasan saya beri nilai 9 dari 10. 

Kemudian kita coba buka plastiknya


Pada saat kita membuka plastiknya dan mendorong penbuka rokoknya, kita bisa lihat ada nomor informasi konsumen khas Bentoel yang terletak di bagian dalam penutup dimana kompetitor tidak punya sama sekali nomor untuk pengaduan atau informasi konsumen. Dan terlihat ada seal Reloc khas Dunhill yang berlogo 40 Cuts sebagai tanda cacahan tembakau dan cengkeh pada rokok ini dilakukan sebanyan 40 cuts per inches. Seal Reloc sendiri sebenarnya berguna untuk menjaga kualitas rokok Dunhill dengan harapan kejadian "masuk angin" dan penurunan kualitas pada rokok tidak terjadi. Cukup informatif, dan kesan premium sangat tergambar pada rokok ini. Kemudian kita buka seal Relocnya


Isi rokok ini secara kuantitas ialah 16, 8 di depan dan 8 di belakang. Urutan rokok ini sangat lazim ditemui di rokok kretek mild lainnya. Kemudian kita coba tarik rokoknya.


Rokok ini cukup solid ketika saya memegang bagian filternya. Perforasi yang digunakan pada rokok ini ialah dua baris dengan jarak yang sedikit jauh dibanding kompetitor. Agaknya perforasi dibuat jauh mengingat tanpa perforasi pun sebenarnya rasanya sudah lembut. Kertas tippingnya bisa dibilang berbeda dengan kompetitor, sangat licin namun masih bisa dipegang. Batang rokok juga lebih panjang dibanding kompetitor dengan ukuran filter yang lebih panjang pula.

Kemudian kita coba bakar rokoknya.


Karakter rokok ini bisa dibilang sedikit spicy dan blend rokok ini dibuat sangat mellow, a hint of sweetness cukup terasa sehingga saya lebih bisa menikmati rokok ini ketimbang A Mild. Rasanya nikmat menurut saya, namun bagi perokok mild yang umumnya mengonsumsi rokok mild berkadar diatas 14mg pasti menganggap ini enteng. Saya pun merasa rokok ini lebih enteng dibanding mild lain, namun secara rasa saya suka. Paling hanya rasa kering pada tenggorokan ketika mengonsumsi rokok ini dalam kuantitas banyak. Untuk rasa saya beri nilai 8.5 dari 10. 

KESIMPULAN

Rokok ini sangat menang pada kemasannya, serta rasanya bisa diterima masyarakat. Namun kelemahan rokok ini terletak pada sensasi kering ketika mengonsumsi banyak dalam waktu yang tidak berhenti. Hal ini cukup lumrah untuk rokok mild. Secara distribusi sangat baik, mengingat armada Bentoel sudah menjangkau ke hampir seluruh warung dan toko di Indonesia. Bisa dibilang inilah alternatif A Mild yang paling baik dengan harga yang menurut saya baik pula. Untuk overall saya beri nilai 8.5 dari 10.

Demikian review saya kali ini. Kalau ada pertanyaan silahkan email saya atau ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.


Share this:

, , , , ,

CONVERSATION

13 komentar:

  1. rokok mild favorit saya tarikan kuat rasa yg halus enak rempah tobbaco yg terjaga..di tunggu review dunhill black nya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. rokok dunhil memang bagus dan sy penggemar dunhil sejak lama waktu dunhil merah dg kotak besar, cm sayang saat ini saya kesulitan memperoleh dunhil merah dan tiap minggu harus di pesan di daerah lain, distributornya tebang pilih,

      Delete
  3. dari marketing dunhill, katanya ada promo bungkus kosong bisa ditukar maksimal 20bungkus 2000/bgks, bukan masaalah bungkus kosong, tp konsekuen untuk payanan toko. trimakasih.

    ReplyDelete
  4. Keren mas reviewnya saya suka, selalu menampilkan data secara objektif. Sukses terus mas!

    ReplyDelete
  5. nomor pengaduannya tidak aktig dan tidak pernah di respon.
    dulu beberapa kali saya komplain mengenai packing bagian dalam Dunhill Menthol. tapi tidak pernah aada tanggapan

    ReplyDelete
  6. SAYA TIDAK FAHAM MENGENAI COE.JOIN.PLAY.di kemasan rokok dunhill tsb gunanya untuk apa...terimalasih mohoninfonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa dipake di situs dcode.id. hadiahnya ke jepang buat dua orang, jadi itu buat login ke situsnya make kode yang ada di kemasan.

      Delete
  7. dcode ga bisa di login yg dari bungkus nya ...... bangke ah abal abal dcode nya

    ReplyDelete
  8. code nya bisa kok isi survey dan komentar hadiah ke jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Via pc apa hp buka link nya ya?soalnya dr hp langsung error

      Delete
  9. udah berapa kali ganti rokok,akhirnya dapat yang cocok buat saya menurut saya dunhill memang pas banget selain rasanya enak
    baunya tidak menyengat sering banget dulu sebelum dunhill saya dimarah atasan atau tamu soalnya tangan bau rokok sama nafas apalagi parahnya pas saya masih di dji sam soe,pas berubah ke dunhill kok kayak gak ada bau asap sama sekali ya tangan sama nafas saya hehehe :D

    ReplyDelete