Djarum Coklat Filter, Inovasi Kretek Mesin Pertama dari Djarum Coklat

Selamat siang,

Kali ini saya selaku admin akan mereview mengenai rokok yang diluncurkan pada akhir April 2015 sebagai line extension dari Djarum Coklat yang menyasar kepada perokok muda yang menginginkan kretek mesin dengan rasa khas dari Djarum Coklat. Sebelumnya saya ingin bercerita mengapa saya ingin mereview rokok tersebut. Kejadian ini terjadi ketika saya menunggu hujan dan saya bertemu salah satu teman saya, sebut saja Yeremia. Bisa dibilang dia anak orang kaya, namun sederhana dalam hal soal uang. Saya melihat ada bungkus Djarum Coklat Filter di meja kantin dan kemudian saya bertanya kepada dia

"Bro, ini rokok lu? Biasanya lu ngerokok mild." 

Dan kemudian menanggapi bahwa dia belakangan ngerokok Djarum Coklat karena alasan harganya irit serta rasa yang enak. Biasanya saya bakal bertanya kepada perokok Djarum Coklat soal mengapa dia tidak memilih yang versi kretek. Dia menjawab kebetulan di warung adanya yang versi filter, bukan versi kretek. Stok yang kretek katanya lagi susah. Ya akhirnya saya mencoba dan rasanya bisa dibilang enak. Makanya saya hari ini ingin mereview rokok ini sebagai dedikasi saya kepada dia. 

Ya, saya akan beberkan mengapa Djarum Coklat meluncurkan versi Filternya

  1. Djarum 76 Filter Gold dan Djarum Istimewa Filter bisa dibilang sukses dalam hal penjualannya. Karena Djarum 76 Filter Gold lebih menyasar kepada perokok di kawasan Jawa Tengah dan Timur dan Djarum Istimewa Filter memiliki target di daerah Sumatera Selatan, maka bisa dibilang line extension dari Djarum Coklat versi filternya belum ada untuk kawasan Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Sedang perokok muda saat ini banyak beralih kepada rokok berat (full flavor) karena bisa dibilang mereka sudah bosan dengan rokok mild dan menginginkan rokok dengan tarikan yang lebih berat.
  2. Walaupun SKM Full Flavor pertumbuhannya masih kurang dibanding SKM LTLN, tetapi pangsa pasar untuk jenis rokok ini masih dibilang oligopoli, dimana hanya beberapa brand saja yang menguasai pasaran dan bisa dibilang Djarum hanya punya Djarum Super yang benar-benar menguasai pasaran. Harga Djarum Super yang terbilang cukup mahal, kebetulan 14.000-14.500 membuat orang mencari alternatif rokok Full Flavor dengan panjang yang sama dan kemantapan yang sama dengan Djarum Super. Maka diluncurkanlah Djarum Coklat Filter sebagai alternatif bagi perokok muda yang menginginkan kualitas Djarum dengan harga yang murah.
  3. Pasar SKT saat ini bisa dibilang semakin turun, mengingat banyaknya perokok muda yang enggan merokok SKT dengan alasan tertentu. Beberapa teman saya tidak merokok SKT karena keluhan daunnya suka masuk ke mulut dan rasa yang lebih berat, sehingga banyak orang akhirnya lari ke jenis SKM karena terkesan lebih modern. Dan Djarum mencoba mencari celah pangsa pasar SKM Full Flavor yang ditujukan kepada usia 18-30 tahun dengan kemantapan khas dari Djarum Coklat.
Baik kita review rokok ini terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 12.300 dengan isi 12 batang (cukai rokok ini 12.000) Bisa dibilang sangat murah dengan kuantitas yang sama dan ketebalan yang sama dengan Djarum Super. Untuk harga saya beri 8.8 dari 10. 

Kemudian kita review kemasannya terlebih dahulu







Kemasannya cukup menarik menurut saya, dengan adanya pattern tembakau dan cengkeh khas Djarum Coklat yang berbentuk dot dan ketika diraba tulisannya ada efek emboss. Warna dasar rokok ini ialah coklat muda, dengan tulisan box berwarna merah tua serta tulisan FILTER yang berwarna coklat muda. Cukup mirip dengan model Djarum Istimewa Filter dalam hal penempatan tulisan FILTER-nya. Pada bagian samping terdapat bagian kotak berwarna coklat muda-tua yang ketika diraba cukup bertekstur dengan model garis samping keatas. Perbedaan yang jelas dibanding rokok Djarum lainnya ialah pada penempatan tulisan SKM dimana pada rokok ini tertulis 12 SKM dengan tulisan SKM yang kecil, berbeda penempatannya dengan rokok Djarum lainnya yang penempatan SKMnya diatas box kadar tar dan nikotinnya. Adanya tulisan "Anugerah Alam Indonesia" cukup menyimpulkan bahwa bahan baku dari rokok ini berasal dari tembakau, cengkeh, dan saus yang berasal dari Indonesia. Simpel namun cenderung saya suka. Untuk kemasan saya beri nilai 8.6 dari 10.

Kemudian kita buka plastiknya dan kemasannya terlebih dahulu

Foil pada rokok ini berwarna coklat muda, dengan adanya penempatan logo Djarum yang menegaskan kembali rokok ini buatan Djarum. Tekstur foil sama dengan rokok Djarum lainnya, dimana terdiri dari banyaknya dot. 

Kemudian kita robek foilnya terlebih dahulu

Isi rokok ini ialah 12 batang dengan susunan 6 di depan dan 6 dibelakang. Bisa dilihat pada bagian batangnya berwarna coklat polos.

Kemudian kita tarik rokoknya terlebih dahulu

Batang pada rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan Djarum Super, namun perbedaannya terletak pada tipping paper yang berwarna coklat polos dan tertulis Djarum Coklat dengan adanya garis coklat tua. Bisa dibilang rokok ini merupakan alternatif dari Djarum Super, karena secara ketebalan dan panjang yang sama persis.

Kemudian kita rasakan rokoknya terlebih dahulu

Rasa rokok ini bisa dibilang fruity sekali dengan aroma manis khas Djarum Coklat dan rasa tembakau yang cukup terasa. Terlihat penggunaan unsur buah sangat terasa, bisa dibilang rokok ini memiliki aroma bakaran mirip bubble gum rasa buah khas Djarum Coklat. Tarikannya sangat mantap, bahkan cenderung nikmat. Penggunaan blend tembakau pada rokok ini sangat balance, dengan adanya unsur tembakau srinthil membuat rasa rokok ini begitu nikmat. Durasi bakar juga lama, dengan aroma yang cukup mencolok. Namun kelemahan rokok ini menurut saya terletak pada bagian tipping paper yang kurang begitu melekat ketika mendekati akhir bakaran dan bila terkena air liur. Overall saya sangat suka. Untuk rasa saya beri nilai 8.8 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa dibilang sempurna dalam hal rasa dan kemasan serta harga. Bagi anda yang menginginkan sensasi khas Djarum Coklat namun tidak suka rokok SKT maka saya sangat merekomendasikannya. Dengan harga yang murah, rasa yang mantap, serta kemasan yang modern membuat rokok ini cukup baik ketika sedang bertemu dengan teman. Kelemahan yang ada ialah pada tipping paper serta distribusi yang tidak menjangkau semua warung, namun barang ini gampang didapat di minimarket dan supermarket. Overall saya memberi nilai 8.73 dari 10. Bisa dibilang saya jatuh cinta dengan rasa fruity dan balance dari blend rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya atau ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , ,

CONVERSATION

2 komentar:

  1. Djarum Coklat Filter sekarang disini banyak pembelinya dibanding sama Djarum Coklat Kretek kalau yang kretek orang banyak yang bilang kalau ngisepnya masuk ke mulut kalau Djarum Coklat Filter ini kan enggak kalau yang filter gampang nyarinya dibanding yang kretek susah nyarinya kayak kasusnya Gudang Garan Gold yang sudah diberhentiin produksinya dipasaran sebenarnya Djarum Coklat Filter saingannya Gudang Garam Signature ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru saja beralih dari djisamsoe kretek ke djarum coklat kretek..awalnya coba2..ternyata nikmat luar biasa..disamping harganya yang bersahabat

      Hapus