Clas Mild Menthol Boost, Rokok Mild Menthol Boost tanpa Kapsul Boost

Selamat siang,

Kali ini admin akan mereview rokok yang baru saja diluncurkan awal April ini (sebenarnya akhir bulan Februari sudah ada beberapa sticker di beberapa warung, namun secara resmi baru diluncurkan April ini) yaitu Clas Mild Menthol Boost. Sebelumnya saya akan memberitahu iklan pengenalan dari rokok ini terlebih dahulu yang membuat saya cukup penasaran dengan rokok ini.


Sumber : Akun Twitter @firstclas_Jkb

Ada beberapa alasan mengapa Clas Mild mengupgrade rokok mentholnya dengan sensasi lebih dingin dibanding sebelumnya diantaranya 
  1. Pangsa pasar rokok mild menthol saat ini sangat menjanjikan. Dimulai dengan A Mild Menthol yang meluncurkan rokok mentholnya pada tahun 1998 yang kemudian diikuti oleh kompetitor lain dengan meluncurkan versi mentholnya. Rokok mild menthol memiliki sensasi yang berbeda karena tidak hanya rasa spicy khas kretek namun juga ada sensasi dingin dari penambahan aditif menthol sendiri. Pasar rokok mild menthol makin menjadi ketika LA Ice muncul pada tahun 2013 dengan teknologi Energice (penambahan menthol yang lebih banyak pada foil rokok) sehingga rokok mild menthol memiliki pasar yang menjanjikan.
  2. Clas Mild Menthol dirasa kurang begitu dingin bagi beberapa orang, mereka menganggap bahwa rasa mentholnya dirasa kurang terasa. Walaupun Clas Mild pernah mencoba mengupgrade rasa mentholnya pada 2014-2015 tetap saja tidak bisa meningkatkan penjualan dari Nojorono. Makanya Clas Mild mencoba memformulasikan kembali rokok mentholnya dengan sensasi boost alias rasa lebih dingin dibanding sebelumnya.
  3. A Mild Menthol cukup baik penjualannya semenjak digulirkan kemasan baru dengan adanya warna dasar gradasi biru hijau pada menjelang akhir 2014. Kampanye rokok Mild Menthol dengan kemasan baru cukup massif, sehingga memicu Clas Mild meluncurkan kemasan barunya dengan penambahan embel-embel "Boost" dengan harapa penjualan naik.
  4. Clas Mild merupakan merek nomor sembilan-sepuluh terlaris di Indonesia serta nomor tiga dalam hal rokok mild setelah U Mild dan A Mild. Bisa dibilang rokok ini menjadi tumpuan dari penjualan Nojorono itu sendiri mengingat kebanyakan produk Nojorono menyasar kepada market kalangan menengah kebawah.
Baiklah kita review rokok ini dengan seksama. Harga rokok ini saya beli dengan harga Rp. 18.000 di sebuah warung (seharusnya menurut akun Twitter itu dia bilang dijual dengan harga Rp.17.000, cukai rokok ini 16.000). Karena ini masuknya mild premium maka saya beri nilai 7 dari 10. 

Kemudian kita coba review secara kemasan terlebih dahulu







Kemasan ini berbasis dominan biru hijau dengan adanya penambahan emboss garis vertikal layaknya Dunhill Mild. Logo Clas Mild pada tulisan mildnya terdapat elemen silver, serta ada tulisan Refined Coolness dengan elemen kristal salju di tengahnya yang mampu menggambarkan adanya perbedaan dengan versi sebelumnya. Dengan adanya tulisan menthol boost dan ultimenthol (ultimate menthol) di deskripsi menjelaskan adanya blend baru dalam hal penambahan mentholnya. Serta adanya garis atas gradasi biru hijau mencerminkan dari boostnya yang cenderung lebih dingin. Untuk kemasan saya beri nilai 8.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya terlebih dahulu.


Ketika dibuka, pada foil dari rokok ini tertulis REFINED COOLNESS yang makin menegaskan adanya perubahan rasa menthol pada rokok ini. Karena ini rokok menthol maka saya tidak bisa merobek foil dari rokok tersebut, mengingat beberapa rokok mengaplikasikan mentholnya pada bagian foil. Untuk isi ialah 16 batang dengan susunan 8 di depan dan 8 di belakang.

Kemudian kita coba tarik rokoknya terlebih dahulu


Batang rokoknya bisa dibilang hampir mirip dengan Clas Mild biasa, namun pada tulisan mildnya berwarna silver serta warna dominan hijau. Jumlah perforasi pada rokok ini tiga baris untuk menciptakan rasa yang lembut. Saya sempat mencoba memencet bagian filternya, namun saya tidak menemukan kapsul sama sekali. Cukup mengecewakan saya mengingat ekspetasi saya terhadap rokok ini ialah adanya penambahan kapsul "boost" layaknya rokok boost di luar negeri.

Kemudian kita coba bakar rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini ketika awal dibakar ialah spicy, dimana spicy tersebut diikuti dominan dingin. Ada unsur peppermint-barley yang cukup saya bisa gambarkan namun kurang dominan dibanding rasa dingin dari menthol. Bisa dibilang rokok ini lebih terasa dibanding A Mild Menthol, namun tingkat kedinginannya dibawah LA Ice. Kelembutan khas Clas Mild juga terasa pada rokok ini, dimana ada unsur balance dalam hal blendnya. Untuk rasa saya beri nilai 8.5 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa saya rekomendasikan bagi anda yang sudah bosan dengan A Mild Menthol namun tidak suka dengan LA Ice. Secara rasa menthol pada rokok ini lebih kencang namun tidak begitu dingin. Kelebihan yang jelas tergambar ialah pada rasa yang pas serta kemasan yang modern. Namun kelemahan rokok ini pada harganya yang cukup mahal, mengingat ini merupakan rokok premium serta distribusi yang belum mencapai minimarket, dan saya cukup kecewa dengan penggunaan kata boost namun tidak disertai kapsul boost. Untuk penjualan sendiri, baru beberapa warung saja yang menjual dan stoknya masih sedikit. Untuk overall saya beri nilai 8 dari 10.

Demikian postingan saya kali ini, bila ada pertanyaan silahkan email saya atau ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih. 

Posting Komentar

0 Komentar