Starmild Single Filtration Baru, percobaan pertama Bentoel Group setelah Starmild Tritek Gagal di Pasaran

Selamat malam,

Kali ini saya mencoba mereview rokok yang sebenarnya sudah lama diluncurkan, namun dengan variasi filter yang baru. Sebelumnya saya memberitahu bahwa saya belakangan jarang posting di blog ini. Maklum, saya baru saja benar-benar sembuh dari sakit saya. Dan sayapun mencoba untuk mengurangi rokok dari seharusnya sehari sebungkus, kini bisa menjadi dua hari sebungkus. Pencapaian untuk saya ini :). Yak mending kita lanjut saja yha ke postingannya. Biar asik gitu.

Produk ini sebenarnya sudah diluncurkan beberapa bulan yang lalu (sekitar bulan Juni 2015) dengan harapan penjualan Starmild naik. Ada beberapa latar belakang mengenai mengapa Bentoel Group mengembalikan Starmild dari tadiannya menggunakan filter Tritek yang promosinya digencar-gencarkan dengan menggunakan tiga lapis filter menjadi satu lapis filter layaknya sebelum 1 Oktober 2012. Beberapa alasan tersebut diantaranya:

1. Tritek sebenarnya merupakan prototipe rokok kretek futuristik dari Bentoel Group. Sebenarnya, Bentoel Group mengupgrade Starmild menjadi Tritek karena merasa tersaingi dengan Double Filter milik Djarum Black Mild. Sistem filtrasi dalam Starmild Tritek sebenarnya cukup futuristik, namun saya sangat menyayangkan mengapa dia harus menggunakan dua filter asetat dan satu filter berhollow bintang yang saya rasa kurang menghasilkan rasa yang nikmat. Semenjak Starmild mengupgrade filternya menjadi tiga lapis, penjualan terus merosot. Dahulu Starmild bisa menduduki posisi 3 besar dalam rokok mild kini malah turun ke posisi yang lebih rendah dibanding terdahulu. (bahkan dengan Club Mild yang sama-sama buatan Bentoel masih bagus penjualan Club Mild). Rasa yang dihasilkan sangat mengecewakan konsumen, mereka umumnya mengeluh sakit radang tenggorokan setelah merokok Tritek. Walaupun support promosi pada saat itu cukup gencar, namun kalau rasanya tidak enak maka sama saja bohong.

2. Bentoel bisa dikatakan hampir tidak punya saingan untuk kelas premium isi 16 untuk melawan A Mild. Dunhill Mild walaupun sudah ada yang berisi 16 batang tetap saja merupakan bukan saingan langsung dari A Mild, karena secara teknis perajangan tembakau sudah beda, dan adanya seal Reloc yang bisa dibilang sangat premium. Secara batang untuk Dunhill Mild agak sedikit panjang, makanya  Bentoel mencoba melawan A Mild dengan meluncurkan kembali Starmild single filtration.

3. Keinginan Bentoel menambah segmen SKM LTLN kelas premium di pasaran. Bisa dikatakan walau A Mild merupakan satu-satunya produk SKM LTLN kelas premium keluaran Sampoerna, tapi tetap saja tidak ada yang bisa menghadangnya. Gudang Garam Signature Mild yang merupakan satu-satunya SKM LTLN kelas premium buatan Gudang Garam tetap saja tidak bisa menandingi.

Yha, daripada lama saya menuliskan pengantarnya lebih baik kita review barangnya terlebih dahulu.

Untuk harga rokok ini tadi saya membelinya dengan harga 17.300 dengan isi 16 batang. Hampir mirip dengan harga A Mild yang mulai menyentuh harga 18.000 dengan isi 16 batang. Barang tidak susah dicari, umumnya tersedia di minimarket terdekat dan warung-warung. Untuk harga saya memberi nilai 6 dari 10.

Lalu kemudian kita lihat kemasannya terlebih dahulu.







Dari segi kemasan saya memberi nilai 8 dari 10. Cukup menggambarkan kesan futuristik yang dijual dalam rokok ini. Terlihat juga tidak ada perubahan signifikan dengan kemasan Tritek, namun perubahan mendasar ada pada bagian belakang rokok ini. Dulu warnanya silver dengan deskripsi Tritek. Namun karena Starmild sudah kembali kepada satu lapis filter maka deskripsinya diganti total.  Deskripsinya sudah cukup menggambarkan rokok ini dengan rasa yang smooth untuk dihisap. Terlihat juga adanya perubahan pabrik dari rokok ini. Kalau dulu rokok ini dibuat oleh PT Lestari Putra Wirasejati, kini diproduksi oleh PT Suburaman yang juga merupakan anak perusahaan Bentoel Group. Lalu kita coba buka plastiknya terlebih dahulu. 


Foil pada rokok tidak berubah sama sekali, sangat disayangkan pita cukai pada rokok yang saya beli sangat melekat pada kemasan. Dan cukai yang dipakai masih cukai untuk keluaran 2015 walaupun rokok yang saya beli dibuat pada 11 Januari 2016. Keliatannya stok rokok bercukai 2016 (dengan warna hijau tua kombinasi jingga untuk pabrik golongan I, kebetulan ini diproduksi oleh pabrik golongan I) akan mulai benar-benar tersedia mulai bulan ini sampai Maret. Kemudian saya mencoba merobek foil dari rokok tersebut. 


Susunan pada rokok tetap sama dengan 8 batang di bagian depan dan 8 batang di bagian belakang. Sama saja dengan rokok mild pada umumnya. Kemudian saya mencoba melihat batang dari rokok tersebut.


Batang pada rokok tidak berubah sama sekali. Logo Starmild tidak ada perubahan posisi bila dibandingkan dengan kemasan Tritek. Jumlah perforasi pada rokok ini ada dua baris. Sangat umum untuk jenis rokok mild. Hal yang berbeda pada rokok ini dibandingkan Tritek ialah tidak adanya lubang pada rokoknya. Saya mencoba memfoto filter rokok tersebut.


Dapat disimpulkan bahwa rokok ini hanya memiliki satu lapis filter untuk penyaringannya. Saya lebih suka filter tunggal dibandingkan filter berlapis. Rasa mild yang dihasilkan cenderung natural bila tidak menggunakan filter berlapis. Kemudian kita coba icip rokok tersebut dengan seksama.


Rasa yang dihasilkan sangat smooth untuk saya. Enak untuk ditarik lebih tepatnya. Ini menurut saya karena kadar tar pada rokok ini hanya 12 mg. Terlihat jelas dari segi rasa menggambarkan karakter tembakau virginia yang lembut. Tidak terlalu manis. Cukup spicy di lidah, sedikit ada rasa buah yang jelas dapat dirasakan, ada sedikit sensasi earthy ala rokok mild premium umumnya. Tembakau dan cengkehnya saya rasa sangat balance. Aftertaste tidak menimbulkan rasa radang atau tidak nyaman di tenggorokan. Saya cukup jatuh cinta dengan rasanya. Untuk rasa saya beri nilai 8.5 dari 10.

KESIMPULAN

Dapat kita lihat keunggulan Starmild versi baru ini terletak pada rasanya yang smooth dan nyaman untuk dihisap. Kemasan saya rasa cukup baik. Namun kelemahan terbesar ialah dari segi harga dan promosi. Saya bisa maklumi mengapa harga Starmild cenderung mahal untuk sebuah rokok mild, karena bahan bakunya juga cukup mahal untuk membuatnya. Promosi saya lihat sama sekali tidak ada, padahal seharusnya Bentoel Group bisa mencoba menggencarkan promosi untuk Starmild ini, terutama untuk mengembalikan pasar perokok yang dulunya merokok Starmild dan pindah ke rokok lain karena filter sudah diupgrade ke Tritek. Nilai overall pada rokok ini ialah 7.5 dari 10. Cukup baik untuk sebuah rokok mild.

Demikian postingan saya ini. Kalau ada pertanyaan silahkan email saya atau ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.






Share this:

, , , , , ,

CONVERSATION

23 komentar:

  1. Saya beli di indomart kok gak ada gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa? setau aing itu barang udh meluncur dari kapan tau. mungkin stok indomaret mas abis kali, coba cari toko lain

      Hapus
  2. udah jarang nech....

    BalasHapus
  3. Susah sekarang mencarinya.saya penikmat rokok starmild sejak diluncurkan sampai sekarang belum beralih. Kalau ada untuk stock langsung 6 bungkus untuk 1 minggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg jual starmild oL ?
      Cr di eceran susah.

      Klo ga ada juga..sy berhenti ngerokok.
      Cm doyan starmild hehehe

      Hapus
    2. Kayaknya stok untuk di warung kisaran depok masih banyak, kalo saran sih coba cari di bukalapak atau tokopedia

      Hapus
  4. Saya dulu penikmat starmild... sampe temen2 sekampung ikutan juga, tp sekarang udah engga, setelah starmild ganti. KANGEN STARMILD LOSTAMASTA

    BalasHapus
  5. Saya dulu penikmat starmild... sampe temen2 sekampung ikutan juga, tp sekarang udah engga, setelah starmild ganti. KANGEN STARMILD LOSTAMASTA

    BalasHapus
  6. Yth,Pemilik Rokok Starmild
    Saya Renei Lumowa 081808208178
    reneilumowa18@gmail.com
    Pingin Kenalan Bisnis Cigerette

    BalasHapus
  7. Yth,Pemilik Starmild
    Saya Renei Lumowa 081808208178
    reneilumowa18@gmail.com
    Ingin Kenalan Bisnis Cigerette

    BalasHapus
  8. Sekarang star mild udah punah apa ya 😥😥😥
    Gk ada yg jualan

    BalasHapus
  9. sya penggemar berat rokok ini,.. satu kekurangannya, rokoknya susah di cari,..ga semua warung/toko menjualnya,..*saran* klo bisa kemasannya nya di ganti dong,.. plus harganya jangan mahal mahal dong,.

    BalasHapus
  10. di Indomart dan alfamart, tidak dijual, gak tahu kenapa . Mungkin marketing Bentoel nya yang gak mau dijual bebas. Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2004, saya penggemar berat Star Mild, tahun 2014 akhir, sudah tidak dijual di supermarket. Kecewa sih, jadi kalau mau beli star mild tidak ada, terpaksa beli U-Mild yang rasanya tidak jauh beda.

    BalasHapus
  11. 1 lagi buat Starmild. Dibungkus rokok ada tertera no hp untuk masukan dan saran. dari tahun 2004 sampai sekarang, saya sudah kirimkan 9 kali, tapi tidak pernah mendapat respon sekalipun. bahkan tahun 2004 masih berupa PO BOX CS 999, pernah saya kirimkan , via surat. gak ada respon sama sekali. sayang sekali perusahaan rokok sekelas Bentoel, tidak mengikuti perkembangan jaman.

    BalasHapus
  12. Sedih hati starmild tdk lg bisa ditemukan di pekanbaru :(

    BalasHapus
  13. stop produksi katanya,, udah dari zaman losta masta(1996)isepnya, bingung beralih kemerek mana, ada saran min tar/nikotin dan rasa yang sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau yang sedikit beda tapi agak sedikit sama, bisa coba dunhill mild. kebetulan masih satu naungan perusahaan yakni Bentoel Group, cuman beda pabrik. cuman dunhill mild cenderung lebih kering ketimbang starmild. terakhir nyoba kisaran bulan agustus dan termasuk kuat rasa coklatnya

      Hapus
  14. Jangankan di mini market....ditiap warung kecil skrg susah cari star mild....sy perokok star mild dari thn 2001...apakah perusahaannya mau bangkrut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia susah bener dimana2 sudah gak ada.

      Hapus
  15. Di Hypermart Depok Town Square masih ada bro

    BalasHapus
  16. Baru baca artikel ini, di scroll ke komentar..... trnyata yg dirasakan semua sama..... dan yg ditanyakan pun sama....dan satu lagi....saya pun coba mild lain baik yg U atpun sbgainya....namun bulan ini sy nemu yg beti.... lmyan sedikit ngibatin, coba beralih ke.....dunhill fine cut mild ultra warna biru.... kemasan bagus, slim dan ringan, meski rasa ada beda... bukan oromo tapi bantu sesama starmild lovers

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu bgt di era 98an,rokok ini masuk level low price kan? Kok skrg harganya beti ama A mild?? Dulu saya msh inget ini slh 1 rokok anak muda n sering bgt sponsorin acara musik hehehe... Lostamastaaa!!!

      Hapus