Esse Change edisi 2016, Rokok Kretek Superslims dengan Capsule Pertama di Indonesia

Selamat malam,

Kali ini saya mencoba membuat review singkat mengenai rokok yang sepertinya mendapat treatment promosi dalam segi kemasan. Dimana saya lihat fungsi utama adanya promosi ialah untuk mengedukasi perokok agar bisa mencoba produk rokok kretek superslims dengan capsule pertama di Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa Esse meluncurkan produk superslimsnya sekitar bulan Desember 2014 dan merelaunch kemasannya dengan segi edukasi pada Februari 2016. Diantaranya:

  1.  Tren rokok kretek superslims memiliki kecenderungan untuk naik belakangan ini. Avolution selaku pelopor rokok kretek superslims mencoba mendobrak pasar dengan mengeluarkan rokok mild dengan bentuk superslims. Tren ini semakin meningkat mengingat cukup banyak perokok yang menginginkan bentuk unik dari sebuah rokok mild. Anggapan ini umumnya terjadi karena superslims cenderung lebih stylish, lebih mudah untuk masuk saku, dan untuk wanita memiliki kesan lebih feminim dibanding rokok mild biasa. Esse pertama kali mencoba melaunch rokok kretek pertamanya yaitu Esse Mild sekitar bulan November 2013. Dengan promosi yang baik dan adanya isi 20 batang serta teknologi charcoal filter (untuk kemasan merah) atau dual filter dengan rasa bubble mint (untuk kemasan hijau) menjadikan Esse mampu mendobrak pasar rokok kretek dengan inovasi yang sudah saya sebutkan.
  2. Tren rokok capsule di Dunia dan Indonesia saat ini sedang dalam masanya. Bisa kita ketahui di hampir negara di seluruh Dunia memiliki tipe rokok dengan capsule pada filternya. Inovasi ini pertama kali diterapkan secara massal pada rokok Kool Boost sekitar tahun 2007. Tren ini semakin mewabah dengan kehadiran Marlboro Ice Blast yang membuat banyak orang Indonesia penasaran, karena Ice Blast pertama kali hadir di Singapura membuat banyak orang Indonesia minta titip rokok tersebut ketika temannya sedang berkunjung di Singapura. Tren ini semakin menjadi di Indonesia ketika Sampoerna mencoba meluncurkan A Flava Click Mint pada April 2010. Walau dengan ukuran king size, rokok ini memiliki kadar tar dan nikotin yang sama dengan Core Brand A Mild yaitu 14 mg tar dan 1mg nikotin. Dunhill mencoba meluncurkan rokok switchnya yaitu Dunhill Switch pada tahun 2011. Dan Marlboro kemudian meluncurkan produk Ice Blast di Indonesia pada kuarter ke-3 tahun 2012. Sebenarnya saya bisa aja panjang lebar menceritakan sejarah rokok capsule di Indonesia, namun kasihan untuk pembaca.
  3. KT&G mencoba membuat gebrakan rokok dengan ukuran capsule terkecil pada filternya untuk diaplikasikan pada rokok ini. Saya bisa lihat KT&G sangat banyak mengeluarkan inovasi, terutama belakangan mereka cenderung bermain pada segmen rokok bercapsule. Beberapa inovasinya ialah This Rula Capsule, Bohem Cigar Monster, dan lain-lain. Karena penjualan Esse Mild di Indonesia dinilai cukup baik, maka dicobalah produk Esse dengan capsule ini.
Oke, daripada kelamaan mending langsung saja yha ke pembahasan. Untuk harga rokok ini berkisar 16.500 dengan isi 20 batang (Cukai Rp. 18.000). Saya kira harga 18.000 akan diterapkan pada beberapa bulan kedepan. Dengan isi 20 batang dan adanya inovasi kapsul, maka untuk harga saya beri nilai 7,5 dari 10.

Kemudian kita coba lihat kemasannya dengan seksama. 







Dari segi kemasan, saya lihat ada tampak perubahan yang cukup signifikan dibanding kemasan sebelumnya. Adanya penegasan rokok ini memiliki applemint capsule, tulisan 20 batang pada bagian depan, belakang, dan atas, serta adanya deskripsi penggambaran penggunaan rokok dengan visualisasi kapsul sepertinya cukup mengedukasi pengguna dalam menggunakan rokoknya. Hal yang berbeda juga terletak pada kalimat "MADE UNDER AUTHORITY OF KT&G, KOREA" cukup menegaskan bahwa rokok ini memang dibuat oleh perusahaan afiliasi KT&G, dalam hal ini PT. Mandiri Maha Mulia yang terletak di Pasuruan. Warna biru cenderung menegaskan kesan freshness yang ingin dijual pada rokok ini serta visualisasi bola capsule dengan crystal mampu menarik konsumen untuk membeli rokok ini. Untuk kemasan saya beri nilai 8,5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kita lihat kemasan dalamnya.


Sepertinya saya cukup susah untuk membuka kemasannya, mengingat pita cukai sepertinya sangat melekat pada kemasan. Tampak di bagian penutup dalam kita bisa lihat adanya sebuah deskripsi penggunaan rokok ini dimana kita bisa mengeklik kapsul agar mengubah rokok dari rasa mild menjadi applemint segar. Karena rokok ini hitungannya bukan rokok menthol, maka kita bisa merobek foil bertuliskan KT&G pada kemasan rokok.


Jumlah batang rokok ada 20 batang. Dimana susunannya ialah 10 depan dan 10 belakang. Layaknya rokok superslims pada umumnya. Dengan kemasan khas Esse kita bisa lihat kesan yang ingin dijual. Yaitu stylish (dan untuk perempuan itu feminim). Kemudian kita lihat batang rokoknya.


Kita bisa lihat batang rokok ini dengan seksama. Jumlah perforasi ada tiga baris dengan bentuk perforasi berbentuk strip. Saya kira kadar tar asli rokok ini bila tanpa adanya perforasi cenderung lebih berat. Kita bisa lihat ada bulatan biru yang menandakan letak kapsul pada filter berada. Dimana kita bisa mengeklik rokok ini kapan saja, tapi sangat disarankan diklik di tengah bakaran.

Kemudian kita coba rokok ini dengan seksama.


Rasa rokok ini mirip dengan Sampoerna Avolution dengan rasa yang menurut saya lebih manis. Cukup lembut untuk dihisap, namun tak sebaik Avolution. Blendnya cukup balance, walau saya di awal kurang bisa menikmatinya. Tapi yang ingin merasakan sensasi ala A Mild bisa dicoba. Karena ada tombol kapsul maka kita bisa coba klik dengan seksama.


Ketika diklik, rokok ini berubah rasa menjadi sensasi segar applemint yang ingin dijual di rokok ini. Saya malah merasakan rokok ini cenderung lebih kepada bubble mint layaknya Esse Mild Menthol, rasa applenya kurang kencang. Cenderung rasa fruity minty yang terasa, tapi tidak begitu apple. Cukup segar di lidah, namun kurang begitu strong rasa mintnya. Untuk rasa saya bisa beri nilai 8 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini memiliki keunggulan pada kemasannya yang cukup edukatif (untuk edisi ini) dan rasa yang unik. Tapi kelemahan rokok ini ialah terletak ketika rokok ini tidak diklik serta penjualannya yang masih sebatas pada minimarket atau supermarket (walau beberapa warung sudah mulai menjual namun itupun jarang). Untuk overall, saya bisa beri nilai 8 dari 10. Bila rasa mintnya sangat kencang, maka saya akan memberi nilai secara rasa 9 dari 10. Cukup rekomen bagi yang menginginkan rokok dengan sensasi unik.

Demikian postingan saya ini. Bila ada pertanyaan silahkan komen atau email atau ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih. 

Posting Komentar

57 Komentar

  1. Good bgt ulasannya
    Saya selaku agen/stokis produk2 KT&G mulai merasakan kenaikan omset penjualan walau akhir2 ni agak turun lagi akibat kenaikan cukai
    Memang KT&G serius jualan rokok di indonesia karena pasarnya besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo review yg lain lagi

      Hapus
    2. makasih banget gan, btw kalo agan mau nyumbang rokok buatan KT&G dan afiliasinya (trisakti, ex: win mild, bheta, pensil mas, GT) silahkan aja, bisa email ke saya. nanti saya kasih alamatnya

      Hapus
    3. Mw donk dipke iklan ESSE Change..cz kwalitas&kwantitas ESSE change tdk di ragukan lg..

      Hapus
    4. maaf ingin tanya rokok kt&g yang one kenapa tidak ada di pasaran lagi ya. thanks

      Hapus
    5. The One udah diganti ama Bohem Cigar No.1, alasannya The One susah dijual di Indonesia dan satu kata, mahal.

      Hapus
    6. Ini rokok langganan saya, thn 2014 sampe skrng sy pake essie chang mint,, ini rokok rendah kalori kalo istilah makanan.. Bravo essei change

      Hapus
  2. di bengkulu sudah susah mencari rokok esse change karena distributor nya sudah tutup.konsumen banyak yang mencari rokok esse change.saya mantan sales esse

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm itu susah sih ya, esse juga marketnya baru berkembang saat ini di Indo gara2 adanya esse mild, sense dan change. saya turut prihatin sih

      Hapus
    2. saya punya banyak 15000 bungkus mau jual murah borong bbm 54dd8ea6

      Hapus
  3. nice review mas!
    Untuk order produk2 KT&G bisa hubungi saya :) whatsapp/line: 085714790309 (jarwo)
    Saat ini saya masih bekerja di KT&G Indonesia :)

    BalasHapus
  4. amaze bgt dengan desain packaging nya. good taste also. even agak susah mencarinya. over all, very like this cigarette..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas daerah mana emangnya? sejauh ini saya gampang ngedapetinnya

      Hapus
    2. saya di jakarta mas. cuma maksud saya, esse change ini cm bisa didapat di minimarket ato supermarket. tapi klo di warung2 gitu agak susah..

      Hapus
  5. W jual rokok impor murah jg
    Telp 089679558384

    BalasHapus
  6. Yg minat rkok ESSE utk eks karesidenan Madiun bs hub. sya tlp:082232532855

    BalasHapus
  7. Yg minat rkok ESSE utk eks karesidenan Madiun bs hub. sya tlp:082232532855

    BalasHapus
  8. Review esse yang lain jg dong hehe, review produk indo kya provost bagus tuh kemasannya. Sama review produk import kya sobranie, Capri menthol super slim atau mevius premium menthol speard.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha saya jujur tadiannya mau beli esse gold mas, cuman saya mikir. mending saya pending dulu aja, maklum saya punya pengalaman buruk ama esse. cepet habisnya. untuk sin provost dan beberapa produk sin serta jenis rokok herbal saya nunggu ada barangnya dulu

      untuk rokok impor memang saya kurang prioritasin mengingat distribusinya nggak resmi dan gaada pita cukainya hehehe. dan satu alasan sih, mahalnya bukan main cuman habisnya cepet banget karena semua rokok impor jenisnya putihan semua

      Hapus
    2. Iya sih esse klo di isep terus cepet abis tp saya pernah esse klo di diemin mati sendiri rokoknya. Pengalaman buruk seperti apa?
      Bagi2 dong pengalamannya.

      Iya saya sin menthol slim saya beli online di situs tokpxx..kyanya yg bgtu bakal susah tuk merambat nya krna sedikit yg menanam modal.

      Iya sih kebanyakan rokok import klo ga putih, ya sejenis cerutu. Iya saya jg mau beli import mikir 100x jd ga jd deh krna mahal nya minta ampun.

      Hapus
    3. pengalaman buruk saya ama esse cuman cepet habis doang, namun untuk yang versi bukan mild cenderung hambar dan cepet banget habisnya. hehehe sebenarnya bukan buruk juga sih, cuman terlalu boros banget buat saya

      wah mas suka ngerokok sin? apa aja sih keuntungannya? saya ngeliat sama aja kayaknya ama rokok biasa cuman katanya sih lebih sehat gitu hehehe

      untuk rokok import banyakan emang jenis putihan atau cerutu. kalo cerutu sendiri saya ga masukin karena mahal banget hehehe mendingan minta temen aja gitu kalo ada yang bawa

      Hapus
    4. Ouw cepet habis saya bukan perokok berat cmn mencoba2 rasa nya sudah lama meninggakan rokok dan skrng coba banyak yg baru. Termasuk jenis social smoker.

      Saya bukan suka cuman coba2 saja penasaran karena rokok produksi asli Indonesia dan belum merambat yg katanya herbal. Rasanya kya esse one tapi bau hebal nya terasa kya cengkeh mint dll. Menthol nya soft saya suka menthol malboro ice dinginnya sampai badan dan tenggorokan. Yg hebal nya kuat sih provost saya belum cobasaya liat gambarnya di inet bungkus provost sangat2 menawan.

      Pdhal minta tmn sekalian di review aja. Penasaran sama cerutu tycon katanya di minimarket ada tp yg midi.

      Hapus
    5. hahaha kalo mas emang social smokers sih jangan sering-sering. nanti kayak saya udah kecanduan berat

      sin emang jago kalo buat kemasan, tapi belakangan saya lebih suka desainnya cigarskruie atau assikha, bisa dibilang revolusioner banget

      untuk tycoon saya kurang tau juga dapetnya dimana. mas dapet kabar dimana yang jual di alfamidi? setau saya barang STTC aja jarang dijual disana apalagi tycoon

      Hapus
    6. hahaha saya aja paling seminggu 1 atau gmn mood dan sikon, makanya saya ga suka yang berat2 kadar kandunganya maknya lebih suka yang rokok putih ringan2 saja kya esse malboro dll. seringnya habis di kasih2kan ke orang.

      iya saya sudah search di guugle ada websitenya dan liat kandungan rempah nya sangat waah mau tau rasanya bagaimana. beli dimana ya itu jadi mau cobain. kalau sin cmn mendeklarasi herbal tp saya aja belum baca isi kandunganya.

      saya liat di app kya gojek dll ada itu dan dari baca2 di forum2, tp midi yang besar bukan cabang.

      Hapus
  9. Info buat esse change disekitaran tambun dong,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah coba di kisaran alfamart dan indomaret?

      Hapus
  10. esse change the best banget, cb bandingkan sm ice blast, lbh cpet habisan mna?? saya pencinta rokok menthol, udh cb hampir semua rokok menthol, esse change paling ok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ice blast super duper cepet habisnya mbak, udah pernah nyoba clas mild menthol boost atau LA Ice? rasa mentholnya nampol dan termasuk awet dibanding ice blast

      Hapus
  11. Mw tny om, klo diseputar kota Balikpapan, kaltim ada agen/distributornya ngga ya..Mohon info manisnya ? Klo ada C.P nya Om..trims sblmnya

    BalasHapus
  12. Are you paying over $5 per pack of cigs? I'm buying my cigarettes over at Duty Free Depot and I'm saving over 50% on cigs.

    BalasHapus
  13. kalo boleh tau dari perusahaan produk mana kah rokok esse ini? apakah djarum ,gudang garam,atau sampoerna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KT&G om alias Korea Tobacco and Ginseng... perusahaan Korea sesuai namanya hehe

      Hapus
  14. Apakah rokok Esse yang masuk ke Indonesia itu memang sengaja tarnya dinaikkan ya? Saya bertanya seperti ini karena saya sudah terbiasa melihat rokok Esse yg kandungan tarnya hanya 1mg dan 5mg.Kalau di Korea Esse Change itu tarnya hanya 1mg Hehe.. Sebelumnya saya memang tdk tahu apa2 mengenai rokok. Tp semenjak bekerja di kapal cruise Korea,didlmnya ada stand Duty Free yg menjual byk macam rokok Korea dan Jepang, wisky, ginseng merah, parfum dan make up. Dari situ saya jadi mengetahu walaupun hanya sedikit perbedaan rokok korea dan indonesia. Intinya yang paling mencolok sih di kandungan tar dan nikotinnya.Paling tinggi tarnya hanya 5mg-6mg & nikotinnya 0,45mg. Sangat berbeda jauh dengan rokok indonesia yang tarnya paling rendah 12mg dan nikotinnya 5mg. Pantas saja tunangan saya sesak napas saat pertama kali mencoba salah satu rokok Indonesia yg kandungan tarnya 30mg (saya lupa merknya itu kalo gak djarum ya djisamsoe), padahal hanya satu hisapan saja setelah itu lgsg dibuang. Jadi,setiap dia ke indonesia gak prnh beli rokok disini, karena kandungan tarnya yg sangat tinggi. Ini cuma sharing aja sih heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba pengen dong nyobain roko esse yg asli korea produksinya hehehe

      Hapus
  15. kunjuungi halaam situs agen poker online terpercaya dan menang jackpot ratusan juta rupiah. Di hari natal dan tahun baru 2017. Aslibandar.net akan membagikan bonus mingguan kepada para member setiap hari senin.

    Tunggu apa lagi hanya di Aslibandar.net salah satu situs yang akan memanjakan anda dan memberikan bonus mingguan secara cuma-cuma.

    CONTACT US
    * Ym: Aslibandar_Cs
    * Phone: 855976375885
    * Fb: AsliBandar
    * Skype: AsliBandar
    * Whatsapp: 85569776588
    * BBM: 2B3C34F4

    BalasHapus
  16. minta info sales/distributor area medan donk. kebetulan saya pemilik mini market yg lagi nge trend saat ini dan mau ambil byk rokok esse. thanks

    BalasHapus
  17. Allhamdulillah di sukabumi udah aga jalan

    BalasHapus
  18. Minta info dong seles yang ada di bandung, pngn blo esse berry pop

    BalasHapus
  19. Di DKI Jakarta sudah tidak ada yang jual rokok esse gold...tolong info distributor rokok esse gold di DKI Jakarta...pengen...tp gk ada yang jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sudah stop produksinya gan.. tapi coba cari di korean mart atau restoran, siapa tau masih ada stoknya

      Hapus
  20. gan, mau tanya, untuk rokok esse yang pakai capsul di indonesia variannya selain apple mint ini ada ga? kalo ada, apa aja, thanks before...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ESSE Change : Applemint Capsule
      ESSE Berry POP : Berrymint Capsule
      ESSE Shuffle POP : Caramel, Orange, Mango, Apple, Berry Capsule (semuanya pake mint)

      itu untuk SKM LTLN

      ada lagi Bohem Mojito Double (Applemint Capsule) untuk SPM.

      Hapus
  21. Iya gan monggo diorder bagi yang ingin stock terbanyak untuk esse saya bisa bantu untuk kedapatan daerah yang belum memiliki agen penyedia rokok esse hub via telpon sms wa 087859326333

    BalasHapus
  22. ane rasa apelnya sama sekali gak berasa. jauh lebih enak berry pop, pengen nyoba shuffle pop tp sampe sekarang susah bgt dapetinnya wkwk

    BalasHapus
  23. Esse change sudah tdk produksi lg kata agen sy, benarkah itu?

    BalasHapus
  24. daerah bengkulu apa bisa saya mendistribusikannya dengan sistem yang gimana ...??? karena saat ini kebetulan saya juga pegang untuk produk rokok lainnya. mohon info ke wa 085792917199

    BalasHapus
  25. maaf untuk daerah tasikmalaya selatan. masih susah mendafatkan roko esse change. karena stok terbatas

    BalasHapus
  26. bagi saya ini rokok nyaman untuk santai,tapi saat dikonsumsi sambil riding bara rokok ini cepet rusak dah saya pikir mengubah rasa menjadi agak pahit.Saat di klik throt hitnya cukup berasa karena capsulenya yg agak kuat.Ini jadi rokok sehari hari saya

    BalasHapus
  27. minta info seles daerah pasuruan dong.
    kebetulan saya megang mini market

    BalasHapus